Valentina Tereshkova

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Valentina Vladimirovna Tereshkova
Tereshkova pada tahun 1969
KebangsaanRusia
PekerjaanPenerbang
Karier luar angkasa
Kosmonot
PangkatMayor Jenderal Angkatan Udara Uni Soviet
Waktu di luar angkasa
2 hari 22 jam 50 menit
SeleksiGrup wanita
MisiVostok 6

Valentina Vladimirovna Tereshkova (bahasa Rusia: Валенти́на Влади́мировна Терешко́ва; IPA: [vɐlʲɪnʲˈtʲinə vlɐˈdʲimʲɪrəvnə tʲɪrʲɪʂˈkovə] ( simak); lahir 6 Maret 1937) adalah seorang kosmonot wanita Uni Soviet yang merupakan wanita pertama di dunia yang terbang ke luar angkasa dengan menggunakan Vostok 6 pada tahun 1963.

Dalam rangka untuk bergabung dengan Cosmonaut Corps, Tereshkova ikut serta ke Angkatan Udara Uni Soviet dan dengan demikian ia juga menjadi warga sipil pertama yang terbang ke luar angkasa.[1] Selama misi tiga hari, ia melakukan berbagai tes pada dirinya sendiri untuk mengumpulkan data pada reaksi tubuh perempuan selama di luar angkasa.

Sebelum perekrutan sebagai kosmonaut, Tereshkova adalah pekerja pabrik perakitan tekstil dan skydiver amatir. Setelah pembubaran kelompok pertama kosmonaut perempuan pada tahun 1969, ia menjadi anggota terkemuka dari Partai Komunis Uni Soviet, memegang berbagai jabatan politik. Ia tetap aktif secara politik menyusul runtuhnya Uni Soviet dan masih dipuja sebagai pahlawan di Rusia pasca-Soviet.

Pada tahun 2013, ia menawarkan diri untuk pergi pada satu arah perjalanan ke Mars jika diperbolehkan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Valentina Vladimirovna Tereshkova". Yaroslavl Region. 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-04. Diakses tanggal 3 April 2016. 
  2. ^ "First female astronaut Valentina Tereshkova wants one-way Mars ticket". News.com.au. 9 Juni 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-16. Diakses tanggal 3 April 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]