Vada pav

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Vada Pav
Sepiring Vada Pav dengan taburan cabai merah bubuk dan cabai hijau.
Sepiring Vada Pav dengan taburan cabai merah bubuk dan cabai hijau.
Asal
Nama lain Burger Bombay, Vada Pao, Wada Pav, Wada Pao, Pao Vada, Pav Vada, Pao Wada, Pav Wada
Daftar asal India
Dari daerah Maharashtra
Detail
Bahan utama Patty kentang tumbuk yang digoreng, cabai bubuk, bawang putih, jahe, roti bulat

Vada Pav, dengan ejaan alternatif Vada Pao, Wada Pav, atau Wada Pao, adalah hidangan cepat saji ala vegetarian tradisional dari salah satu negara bagian di India yaitu Maharashtra. Hidangan ini terdiri dari kentang tumbuk yang dicetak pipih seperti patty burger lalu digoreng, yang kemudian dimasukkan ke dalam potongan roti bulat (pav) yang hampir memenuhi setengah belahan roti tersebut. Biasanya hidangan ini dilengkapi dengan satu atau lebih chutney (saus buah) dan sepotong cabai hijau.[1] Ini berasal dari makanan jalanan murah di Mumbai, tetapi sekarang disajikan di kedai makanan dan restoran di seluruh India. Ini juga disebut Burger Bombay[2] sesuai dengan asal-usulnya dan kemiripannya dalam bentuk fisik dengan burger.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata vada berasal dari gabungan kata dalam Bahasa Marathi yaitu batata vada, yang artinya "kentang goreng". Pav adalah derivatif dari kata dalam Portugis "pão", yang artinya roti manis.

Penyajian[sunting | sunting sumber]

Kentang rebus ditumbuk, dihaluskan, dan dicampur dengan rempah-rempah, biasanya dengan cabe hijau, bawang putih, asafoetida, kunyit, dan biji mustard. Adonan kentang tersebut kemudian dicetak bulat pipih dan dilapisi dengan adonan tepung gram lalu digoreng. Patty kentang goreng yang dihasilkan disajikan dalam irisan roti bulat, dilengkapi oleh satu atau lebih chutney dan cabai hijau goreng.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Teori yang paling umum dari asal muasal vada pav adalah bahwa ia ditemukan dahulu di pusat-jantung Mumbai Tengah, yang kemudian dikenal sebagai "Bombay". Camilan kaya karbohidrat disajikan untuk para pekerja pabrik yang kemudian dikenal sebagai Girangaon. Kombinasi pangsit kentang (batata vada) ditempatkan di dalam sebuah pav cepat menjadi populer di Girangaon dan kemudian sekitar Mumbai. Meskipun etnosentrisme di Maharashtra, vada pav diklaim menjadi bagian dari budaya Marathis meskipun konsep sandwich (mengisi kentang dalam irisan roti) berasal dari budaya barat. [3][4]

Salah satu kios paling awal yang menjual vada pav konon adalah "Khidki Vada Pav" yang terletak di Kalyan. Ini dimulai pada akhir tahun 1960-an oleh keluarga Vaze, yang biasa membagikan vada pav dari sebuah khidki (kata Marathi untuk "jendela") dari rumah mereka yang menghadap ke jalan.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Famous Vada Pav places in Mumbai". The Free Press Journal. 30 Juli 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Agustus 2015. Diakses tanggal 10 Agustus 2015. 
  2. ^ Bhattacharya, Suryatapa (12 Januari 2010). "The world's best fast food". The National. Diakses tanggal 27 September 2017. 
  3. ^ Graves, Helen. "Vada pav sandwich recipe". The Guardian. Guardian News and Media Limited. Diakses tanggal 27 January 2015. 
  4. ^ Sarma, Ramya. "In Search of Mumbai Vada Pav". The Hindu. The Hindu. Diakses tanggal 27 January 2015.