Věra Čáslavská

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Věra Čáslavská

Věra Čáslavská (pengucapan bahasa Ceko: [ˈvjɛra ˈtʃaːslafskaː]; dilahirkan di Praha, Cekoslowakia, saat ini Republik Ceko, (3 Mei 1942 – 30 Agustus 2016) adalah seorang pesenam Cekoslowakia yang merupakan salah satu pesenam paling dominan dalam sejarah dan salah satu atlet terbesar dalam sejarah kompetisi olahraga olimpiade. Dia meraih total 34 medali, termasuk 22 medali emas, pada olimpiade, kejuaraan dunia, kejuaraan Eropa diera 1950 dan 1960-an. Kariernya dibatasi setelah ia menentang invasi Soviet tahun 1968 di tanah airnya[1][2][3][4]

Věra Čáslavská
— Pesenam —
Nama lengkapVěra Čáslavská
PanggilanJepang: 「東京の恋人」
bahasa Inggris: the love of Tokyo
Jepang: 「オリンピックの名花」
bahasa Inggris: a celebrated beauty of the Olympic Game
NegaraCzechoslovakia
Lahir(1942-05-03)3 Mei 1942
Prague, Czechoslovakia (occupied by Nazi-Germany 1939–1945)
Meninggal30 Agustus 2016(2016-08-30) (umur 74)
Prague, Czech Republic
Tinggi5 ft 3 in (1,60 m)[5]
Berat128 pon (58 kg)
DisiplinSenam berirama putri
Pensiun1968

Karier[sunting | sunting sumber]

Čáslavská mengawali karier olahraganya pada cabang skater, tetapi diusia 15 tahun ia beralih ke cabang olahraga senam (gymnastics)[6]. Setelah bekerja sebagai sekretaris dan Ia mulai mempelajari senam artistik (artistic gymnastics) dengan Eva Bosakova. Penampilan pertamanya pada kompetisi internasional pada tahun 1958, world championships, dimana ia memenangi medali perak pada team beregu. Pada tahun 1959 ia menjuarai senam artistik pada cabang balok keseimbangan (balance beam) pada kejuaraan Eropa.

Čáslavská merupakan salah satu pesenam pertama yang memperkenalkan strong, acrobatics, suatu athletic style pada olahraga senam dan Ia juga merupakan satu dari hanya dua pesenam, bersama dengan pesenam Soviet Larisa Latynina, menjuarai semua medali emas pada dua olimpiade berurutan. Čáslavská tampil baik pada debut olimpiadenya yang sesuai janjinya di Olimpiade Tokyo 1964, Dimana Ia memenangi medali emas pada kuda lompat (Vault horse ), balok keseimbangan (balance beam)[7] , dan mengalahkan Latynina (pesenam Soviet) pada semua babak. Dia juga memimpin negaranya meraih perak pada kelompok beregu, dibelakang Soviet. Pada tahun 1965 - 1967 di European championships, Dia memenangi semua women’s gymnastic event. Dan ditahun 1966 pada world championships, Ia berkonstribusi memenangi medali emas untuk team Czech mengalahkan Soviet.

Tak hanya berprestasi Čáslavská berani Menandatangani the two thousand words pada bulan juni 1968, sebuah dokumen yang disebut sebagai suatu kemajuan yang cepat terhadap kebebasan yang sebenarnya di Czechoslovakia. Era itu dikenal sebagai Prague Spring. Dokumen itu membuat murka pemimpin Soviet Leonid Brezhnev, yang memerintah pasukan Warsaw Pact untuk menginvasi Czechoslovakia untuk melibas reformasi dibulan Agustus. Setelah tank-tank Soviet memasuki Prague di bulan Agustus tahun itu, Čáslavská, menghadapi kemungkinan ditahan atas pendirian politiknya, melarikan diri dan bersembunyi di desa pegunungan Sumperk.

Čáslavská merasa tertawan, melainkan diri di pedalaman desa dimana dia mempertahankan latihannya dengan cara mengangkat karung tomat, mengayun dari dahan pohon, menggunakan balok untuk balok keseimbangan dan berlatih senam lantai (floor exercise) di padang rumput. Ia memperoleh ijin bergabung team nasional gymnastik olimpiade hanya beberapa minggu sebelum olimpiade musim panas 1986 di Kota Mexico dibuka. Disana Čáslavská mendominasi gymnastics competition, memenangi medali emas pada individual pada semua babak, kuda lompat (Vault horse) , palang bertingkat (uneven pararel bars), dan floors exercise dan meraih perak pada balok keseimbangan (balance beam) dan team competition.

Penuh semangat dan atraktif, senyum kemenangan dengan rambut blonde, Čáslavská seorang audience darling di kota mexico . Penampilannya menjadi drama politik saat menerima medali emas ketika Soviet National Anthem di nyanyikan untuk Larisa Petrik, Čáslavská merespon dengan silent protest. Sehari setelah memenangi medali emas terakhirnya, Čáslavská menutup karier olimpiadenya dengan menikahi Josef Odloil, seorang pelari jarak jauh Czechoslovakia. Pasangan itu berpisah pada tahun 1987, dan pada tahun 1993 Odloil meninggal akibat luka dari berantem dengan anaknya, Martin di Praha disco.

Sebagai hasil dari keyakinan politiknya Čáslavská tersisih dari kekuasaan di Czech dan ditolak untuk diperkerjakan. Ia dibiarkan melatih National Gymnastics Team setelah jatuhnya kekuasaan komunis ditahun 1989, Čáslavská menjadi presiden dari the Czechoslovakian Olympic Committee. Ketika persatuan dengan Slovakia bubar pada tahun 1993, Ia dinamai President of the Czech Olympic Committee. Ia juga anggota dari the International Olympic Committee (1995–2001). Pada tahun 1998 Ia dilantik menjadi anggota the International Gymnastics Hall of Fame [8][9][10][11].

Referensi[sunting | sunting sumber]