Véhicule Blindé Léger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Vbl-2.jpg
Interpolitex 2013 (534-29).jpg
Panhard VBL (Vèhicule Blindé Legér), French army licence registration '6924 0057' pic3.JPG

Panhard Véhicule Blindé Léger ("Kendaraan lapis baja ringan"), yang juga dikenal dengan akronimnya Panhard VBL atau hanya VBL, adalah kendaraan beroda 4x4 beroda Prancis yang dibangun oleh Panhard. Kendaraan ini ditawarkan dalam berbagai konfigurasi dengan penghubung Peugeot VLTT, dan dirancang untuk menggabungkan ketangkasan kendaraan dengan perlindungan yang memadai terhadap tembakan senjata ringan, pecahan artileri, ranjau dan senjata NBC.

VBL sepenuhnya amfibi dan bisa berenang dengan kecepatan 5,4 km / jam; Kendaraan itu juga dapat diangkut oleh C-130, C-160 dan A400M. Ini dikembangkan selama tahun 1980an dan memasuki layanan operasional di Perancis pada tahun 1990. Kendaraan ini memiliki konsumsi bahan bakar 16 liter per 100 km.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Meskipun berukuran sama dengan SUV dua pintu, kendaraan amfibi buatan Prancis ini dianggap sangat memenuhi kebutuhan sebuah kendaraan yang memiliki mobilitas tinggi. Panhard memiliki kemampuan yang istimewa dibanding kendaraan amfibi lainnya.

Di darat, Panhard mampu menaklukan segala bidang permukaan tanah. Di air, mobil ini mampu berjalan tanpa tenggelam dengan laju kecepatan 5,4 km/jam.

Panhard mampu ditempatkan dengan senjata otomatis guna menunjang kebutuhan militer. Keandalannya sudah terbukti di beberapa konflik bersenjata seperti Kosovo, Bosnia, Afghanistan.

Referensi[sunting | sunting sumber]