Vänersborg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Vänersborg ialah sebuah kota (pdd. 22.000) di Västergötland, Swedia dan ibu kota Kotamadya Vänersborg, Daerah Västra Götaland. Hingga 1997 kota ini adalah ibu kota Daerah Älvsborg, yang bubar pada tahun 1998.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Vänersborg didirikan oleh warga dari Brätte, yang pindah ke sana antara 1642-1644. Vänersborg secara resmi menyandang status kota pada tahun 1644. Sisa-sisa Brätte masih menjadi daya tarik populer .

Nama Vänersborg berarti "benteng di Vänern yang diperkuat", yang berasal dari benteng yang bermula pada tahun 1644 untuk perlindungan.

Lambangnya juga dari 1644, menggambarkan kapal emas dengan 2 bendera Swedia.

Sekitar 1800, Vänersborg dan 1.500 penduduknya menjadi kota yang layak. Setelah peresmian terusan di Trollhättan dan Göta älv -- yang membuat jalur air antara Danau Vänern dan Göteborg -- kota ini makin penting.

Pada tahun 1834, sebagian besar kota ini terbakar bersama rumah-rumah kayunya. Kemudian dibangun kembuli menurut pola perbandingan.

Antara 1693-1999, Vänersborg adalah ibu kota Daerah Alvsborg, hingga daerah itu bergabung dengan Daerah Vastra Gotaland.

Serbaneka[sunting | sunting sumber]

Birger Sjöbergs Frida.jpg
Vänersborg Innenstadt.jpg

Penyair Birger Sjöberg (1885-1929) lahir di Vänersborg. Ia menulis tentang Vänersborg, terutama di Fridas bok (1922), di mana perbandingan "Vänersborg -- Paris kecil" ditemukan. Taman di bagian utara Vänersborg, Skräckleparken, menawarkan pemandangan nan indah ke Danau Vanern, dan di situ berdirilah patung Frida yang disebutkan.