Václav I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Václav I, Adipati Bohemia
Patung Václav I di Olomouc, Republik Ceko
Martir
Lahir skt. tahun 907, di Praha, Bohemia
Wafat 28 September, 935, Stará Boleslav, Bohemia
Dihormati di Gereja Katolik dan Gereja Ortodoks Timur
Tempat ziarah utama Katedral Santo Vitus, Praha
Hari peringatan 28 September
Atribut Mahkota, salib, elang di atas spanduk
Pelindung Bohemia, Republik Ceko, Praha
Patung Václav I di Olomouc.

Václav I (pengucapan bahasa Ceska: [ˈvaːtslaf] ( simak); sekitar tahun 907 - 28 September 935), atau Wensislaus I adalah Adipati (kníže) Bohemia sejak 921 sampai mangkat pada 935. Ia tewas dibunuh orang-orang suruhan adiknya sendiri, Boleslav yang Kejam. Václav I adalah tokoh raja dermawan yang dikisahkan dalam lagu Good King Wenceslas (Wensislaus Raja Budiman) yang dinyanyikan pada setiap Hari Santo Stefanus. Lagu ini digubah pada tahun 1853, lebih dari 900 tahun setelah ia meninggal, dan masih populer sampai sekarang.

Ia adalah putra Vratislav I, Adipati Bohemia dari wangsa Přemyslid. Ayahnya dibesarkan di lingkungan Kristen melalui ayahnya, Adipati Bořivoj I dari Bohemia, yang memeluk agama Kristen berkat dakwah Santo Sirilus dan Metodius, "rasul-rasul bangsa Slavia". Ibunya, Drahomíra, adalah putri kepala suku Stodorané yang masih pagan dan dibaptis saat menikah. Pembunuhan Václav pada bulan September 935 merupakan hasil sebuah komplotan yang melibatkan adiknya Adipati Boleslav I dari Bohemia. Ia dihormati sebagai Santo dalam Gereja Katolik Roma, dan Santo pelindung utama di negara Ceko.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Václav adalah putra Vratislav I, Adipati Bohemia dari Wangsa Přemyslid. Kakeknya, Borivoj I, dijadikan penganut agama Kristen oleh Sirilus dan Metodius. Ibundanya, Drahomíra, adalah putri seorang kepala suku paganisnme Heveller, namun dibaptis pada saat pernikahannya. Nenek paternalnya, Ludmila, mengawasi pendidikannya, dan sejak usia dini, Václav dikirim ke perguruan tinggi di Budweis.

Pada tahun 921, ketika Václav berusia sekitar tiga belas tahun, ayahandanya meninggal dan neneknya menjadi pemangku takhta. Cemburu akan pengaruh yang Ludmila pegang atas Václav, Drahomíra mengatur agar ia dibunuh. Ludmila berada di Kastil Tetín di dekat Beraun saat para pembunuh datang untuk membunuhnya pada tanggal 15 September 921. Ia konon dicekik oleh mereka dengan kerudungnya. Ia mula-mula dimakamkan di gereja St. Michael di Tetín, namun jasadnya kemudian dipindahkan, mungkin oleh Václav,[1] ke gereja St. George di Praha, yang dibangun oleh ayahandanya.[2]

Drahomíra kemudian mengambil peran sebagai pemangku takhta dan segera memulai tindakan melawan umat-umat Kristen. Ketika Václav dewasa, ia menguasai pemerintahan. Ia menempatkan kadipaten di bawah perlindungan Jerman, memperkenalkan pastor-pastor Jerman, dan lebih menyukai ritus Latin daripada Slavia kuno, yang tidak digunakan lagi di banyak tempat. Untuk mencegah perselisihan di antaranya dan adiknya, Boleslav, mereka membagi negara di antara mereka, menugaskan wilayah tersebut yang cukup luas.[2]

Bertakhta[sunting | sunting sumber]

Elang yang menyala St. Václav menjadi lambang takhta Wangsa Przemyslid Ceko

Setelah jatuhnya Moravia Raya, para penguasa kadipaten Bohemia harus berurusan dengan penjarahan terus-menerus Bangsa Hongaria dan kekuatan adipati Sachsen dan raja Francia Timur, Heinrich I dari Sachsen, yang telah memulai beberapa kampanye di timur ke daerah yang berdekatan dengan Slav Polabia, kampung halaman ibunda Václav. Untuk menahan kekuasaan Sachsen, ayahanda Václav, Vratislav beraliansi dengan adipati Bayern, Arnulf, lawan kuat Raja Heinrich saat itu. Namun aliansi menjadi sia-sia ketika Arnulf dan Heinrich berdamai di Regensburg pada tahun 921.

Pada tahun 924 atau 925, pada sekitar usia delapan belas tahun, Václav mengambil alih kepemimpinan pemerintah dan memerintahkan ibundanya Drahomíra diasingkan. Ia kemudian mengalahkan adipati pemberontak Kouřim yang bernama Radslav. Ia juga mendirikan sebuah rotunda yang dikonsekrasikan kepada Santo Vitus di Kastil Praha, Praha, yang sekarang adalah Katedral Santo Vitus.

Pada awal tahun 929, pasukan gabungan Adipati Arnulf dari Bayern dan Raja Heinrich I tiba di Praha dalam serangan mendadak yang mendesak Václav melanjutkan pembayaran upeti pertama yang dikenakan oleh raja Francia Timur, Arnolf dari Kärnten pada tahun 895. Heinrich dipaksa untuk membayar upeti besar kepada Hongaria pada tahun 926 dan membutuhkan upeti Bohemia, yang mungkin ditolak Václav setelah rekonsiliasi di antara Arnulf dan Heinrich. Alasan lain yang mungkin terjadi untuk serangan tersebut adalah pembentukan aliansi anti-Sachsen di antara Bohemia, Slav Polabia, dan Hongaria.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 935 (dari sumber yang lebih kuno tahun 929) sekelompok bangsawan berkomplot dengan adik Václav, Boleslav (Boleslav I dari Bohemia), merencanakan untuk membunuhnya. Setelah Boleslav mengundang Václav ke pesta Santo Cosmas dan Damianus di Stará Boleslav, tiga sahabat Boleslav: Tira, Česta dan Hněvsa menerkam sang Adipati dan menikamnya sampai mati. Boleslav kemudian menggantikannya sebagai Adipati (kníže) dari Bohemia.

Menurut Riwayat Cosmas pada awal abad ke-12, salah satu putra Boleslav lahir pada hari kematian Václav. Karena keadaan kelahirannya yang tak menyenangkan, bayi itu bernama Strachkvas, yang berarti "perayaan yang mengerikan".

Sebuah patung berkuda Santo Václav dan para pelindung Bohemia lainnya (Santo Adalbert, Santa Ludmila, Santo Prokop dan Santa Agnes dari Bohemia) berlokasi di Václavské náměstí di Praha. Topi beserta pakaian bajanya dipajang di dalam kastil Praha[3]

Terdapat perbedaan di dalam catatan mengenai tanggal kematian Santo Václav. Diperdebatkan bahwa jenazah Václav dipindahkan ke Gereja Santo Vitus pada tahun 932, yang mengesampingkan tanggal kemudian; akan tetapi, tahun 935 sekarang terpilih oleh para sejarawan sebagai tanggal ia dibunuh.[4]

Ada juga tradisi bahwa pelayan setia Santo Václav, Podevin, membalas kematiannya dengan membunuh salah satu konspirator utama namun Podevin dieksekusi oleh Boleslav.

Wasiat[sunting | sunting sumber]

Kanonisasi dan tanda peringatan lainnya[sunting | sunting sumber]

Václav dikanonisasikan sebagai santo, karena beberapa mukjizat yang terjadi setelah kematiannya. Václav merupakan santo pelindung bangsa Ceko dan Republik Ceko. Hari peringatannya jatuh pada tanggal 28 September.

Sejak tahun 2000, hari itu adalah hari libur nasional Republik Ceko, dirayakan sebagai Hari Negara bagian Ceko.

Václav di dalam legenda[sunting | sunting sumber]

Banyak legenda tentang Raja Václav. Legenda yang kuno menyatakan sekelompok besar pasukan ksatria tidur di dalam Blaník, sebuah gunung di Republik Ceko. Para ksatria itu akan bangun dan dibawah komando Santo Wenceslaus dan memberi bantuan kepada bangsa Ceko ketika mereka menghadapi bahaya besar (lihat juga legenda Raja di dalam gunung).

Ada pula sebuah legenda hebat yang mirip di Praha yang mengatakan bahwa ketika tanah air sedang berada di dalam bahaya atau sedang berada di ambang kehancuran, patung berkuda Raja Václav di Václavské náměstí akan hidup, membangunkan pasukan yang sedang tidur di Blaník, dan persimpangan Karlův most kudanya akan tersandung batu, membuka pedang legendaris Bruncvík. Dengan pedang ini, Raja Wenceslaus akan membunuh seluruh musuh bangsa Ceko, membawa kedamaian dan kemakmuran wilayah tersebut.

Ia merupakan subyek dari Hari Tinju dan Natal "Raja Václav yang baik" yang populer itu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ott, Michael. "St. Ludmilla." The Catholic Encyclopedia Vol. 9. New York: Robert Appleton Company, 1910. 8 January 2016
  2. ^ a b Butler, Alban. "St. Wenceslas, Duke of Bohemia, Martyr", The Lives of the Saints, Vol. IX 1866
  3. ^ http://prague-castle.org/chapel.html
  4. ^ The St Joseph's Catholic Missal, c. 1962, gives the date of his death as 938
Didahului oleh:
Vratislav I
Adipati Bohemia
921–935
Diteruskan oleh:
Boleslav I