Untaian uang koin (satuan mata uang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seorang pria asal Sichuan membawa untaian 13.500 koin di pundaknya tahun 1917, pada masa Republik Tiongkok.

Untaian uang koin (aksara Han tradisional: 貫, 索, 緡, 繦, 鏹,[a] 吊, 串, 弔, 錢貫, 貫錢,[b] 貫文, 吊文, or 串文; bahasa Prancis: Ligature de sapèques) mengacu pada sejarah Tiongkok, Jepang, Korea, Ryukyuan dan unit mata uang Vietnam yang digunakan sebagai nilai satuan dari uang koin Tiongkok, mon Jepang, mun Korea, mon Ryukyu, dan văn Vietnam. Lubang persegi di tengah uang koin berfungsi untuk dirangkai menjadi satu untaian, istilah ini nantinya juga digunakan pada uang kertas dan berfungsi sebagai nilai satuan dari wén (文).[c]

Sebelum dinasti Song uang koin disebut guàn (貫), suǒ (索), atau mín (緡), sedangkan selama Ming dan dinasti Qing dinamakan chuàn (串) atau diào (吊).[1][2] Di Jepang dan Vietnam, istilah "貫" (guàn) akan terus digunakan hingga penghapusan koin di negara masing-masing.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dalam bahasa Vietnam: cưỡng (繦/鏹).
  2. ^ Dalam bahasa Vietnam (quán tiền).
  3. ^ Biasanya 1000 wén, tetapi jumlahnya bisa sangat berbeda tergantung pada waktu dan tempat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chinesecoins.lyq.dk Berat dan satuan dalam mata uang Cina Bagian: “Guan , Suo , Min , Diao , Chuan .” oleh Lars Bo Christensen. Diakses: 05 Februari 2018.
  2. ^ Set Ubin Mahjong From Cards to Tiles: The Origin of Nama Setelan Awal Mahjong(g) oleh Michael Stanwick dan Hongbing Xu. Diakses: 5 Februari 2018.