Universitas proklamasi 45

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 Yogyakarta

Prakata[sunting | sunting sumber]

UP45 adalah nama singkat dari Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta sebagai pusat unggulan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, informasi, tenaga ahli untuk menunjang pembangunan bidang sumber daya manusia dalam rangka melestarikan nilai-nilai Eksponen dan Angkatan 45. Merupakan salah satu universitas dengan biaya terjangkau.

Akreditasi Perguruan Tinggi UP45[sunting | sunting sumber]

UP45 sebagai perguruan tinggi, berakreditasi B

Jurusan-jurusan di UP45[sunting | sunting sumber]

Universitas Proklamasi 45 Mempunyai:

  1. Fakultas Hukum (terakreditasi B), 
  2. Fakultas Psikologi (terakreditasi B), 
  3. Fakultas Isipol yang di dalamnya ada Prodi Administrasi Publik (dulu dikenal sebagai Administrasi Negara) (terakreditasi B), 
  4. Fakultas Ekonomi dengan prodi Manajemen (terakreditasi B), 
  5. Fakultas Teknik yang terdiri dari:
     a. Teknik Industri (terakreditasi C), 
     b. Teknik Lingkungan (terakreditasi C), 
     c. Teknik Perminyakan (terakreditasi C), 
     d. Teknik Mesin (terakreditasi B), 
     e. Teknologi Informasi (terakreditasi C).

Lokasi UP45[sunting | sunting sumber]

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta berlokasi di wilayah kabupaten Sleman, Yogyakarta, tepatnya di Jalan Proklamasi No. 1 Babarsari, Yogyakarta

Visi dan Misi UP45[sunting | sunting sumber]

Visi Universitas Proklamasi 45[sunting | sunting sumber]

Sebagai pusat unggulan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, informasi, tenaga ahli untuk menunjang pembangunan bidang energi, khususnya industri perminyakan dan gas bumi dalam rangka melestarikan nilai-nilai kejuangan Eksponen dan Angkatan 45.

Misi Universitas Proklamasi 45[sunting | sunting sumber]

  • Menyiapkan tempat pembelajaran bagi mahasiswa dan masyarakat profesional untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang energi, khususnya minyak dan gas;
  • Mengembangkan sarana, kurikulum, sistem pembelajaran dan informasi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan bidang energi, khususnya minyak dan gas nasional;
  • Mendidik mahasiswa dan masyarakat profesional untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang energi, khususnya industri minyak dan gas, dengan standard global dan berorientasi pada kepentingan masyarakat;
  • Mengembangkan Pengetahuan dan Teknologi yang bermanfaat bagi pengembangan masyarakat serta industri minyak dan gas nasional.

Sejarah UP45[sunting | sunting sumber]

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta didirikan pada tanggal 17 Agustus 1964 oleh Yayasan Universitas Proklamasi 45 dengan akta pendirian no. 26 tahun 1965. Dalam perkembangannya Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta telah mengalami banyak perkembangan dan perubahan-perubahan, terakhir dengan akte no. 49 tanggal 23 April 2014 di hadapan notaris Wahyu Wiryono, SH.

Dalam perkembangan sejak berdiri hingga tahun 1986 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta telah meluluskan ribuan sarjana muda negara. Sejak tahun 1986 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta menyelenggarakan jenjang pendidikan strata 1 berdasarkan surat keputusan menteri pendidikan nasional RI no.0396/05/1986 tanggal 14 Mei 1986 tentang pemberian status terdaftar bagi Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Isipol dan Fakultas Teknik disusul kemudian berdasarkan surat mendiknas RI No. 0655/0/1986 tentang pemberian status terdaftar bagi fakultas psikologi.

Dengan perubahan pengurus baik ditingkat universitas maupun ditingkat fakultas maka jajaran Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta telah mengadakan langkah-langkah maju yaitu dengan penertiban administrasi akademik dan administrasi personalia. Sehingga fakultas ekonomi dan fakultas hukum telah memperoleh status dari terdaftar menjadi diakui. Kenaikan status ini dengan surat keputusan direktorat jenderal pendidikan tinggi departemen pendidikan nasional RI no. 23/DIKTI/1992.

Kegiatan-kegiatan dan prestasi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang merupakan monumen aktif pejuangan eksponen angkatan 45 dikelola secara serius khususnya dalam memperjuangkan kemajuan-kemajuan baik sarana maupun prasarana. Hal ini kembali dibuktikan dengan diperolehnya surat keputusan dirjen pendidikan tinggi departemen pendidikan nasional RI. Kenaikan status disamakan untuk fakultas hukum dengan surat keputusan no. 41/DIKTI/KEP/1995 tanggal 14 Februari 1995, dan kenaikan status diakui untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dengan surat keputusan no.07/DIKTI/KEP/1995 tanggal 17 Januari 1995.

Pada bulan September 1995 Fakultas Ekonomi telah memperoleh status disamakan dengan surat keputusan no.411/DIKTI/KEP/1995 tanggal 28 September 1995, sedangkan Fakultas Prikologi dengan surat keputusan no.431/DIKTI/KEP/1996 telah memperoleh status diakui.

Pada perkembangan selanjutnya dengan penerapan sistem akreditasi nasional perguruan tinggi negeri maupun swasta oleh badan akreditasi nasional perguruan tinggi, maka berdasarkan keputusan menteri pendidikan nasional no.78/D/0/1997 tanggal 17 November 1997 program studi manajemen fakultas ekonomi dan program studi ilmu hukum fakultas hukum telah dinyatakan terakreditasi. Berdasarkan keputusan badan akreditasi nasioanal perguruan tinggi departemen pendidikan nasional RI no. 001/BAN-PT/AK-II/XII/1998 tanggal 22 Desember 1998 kedua program studi di atas ditetapkan terakreditasi dengan peringkat B.

Lembaga-lembaga UP45[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]