Universitas Teknologi Thonburi Raja Mongkut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Teknologi Thonburi Raja Mongkut
มหาวิทยาลัยเทคโนโลยีพระจอมเกล้าธนบุรี
Nama sebelumnya
  • Thonburi Technical College
  • King Mongkut's Institute of Technology, Thonburi Campus
  • King Mongkut's Institute of Technology Thonburi
MotoDanto Seṭṭho Manussesu
Moto dalam bahasa Inggris
"The trained man wins"
JenisPublic (National) research university
Didirikan4 Februari 1960 (1960-02-04)
PresidenAssoc. Prof. Dr. Suvit Tia
Alamat
(Main campus)
Bang Mot, Thung Khru
, ,
KampusUrban
Bang Mot (Main campus)
Rural
Bangkhuntien campus
Ratchaburi campus
Warna  Orange
  Yellow
AfiliasiASAIHL
MaskotAnt
Situs webwww.kmutt.ac.th

King Mongkut's University of Technology Thonburi (KMUTT, Thai: มหาวิทยาลัยเทคโนโลยีพระจอมเกล้าธนบุรี; RTGS: maha witthayalai theknoloyi phrachomklao thonburi ) atau biasa disebut "Bangmod" (Thai: บางมด; RTGS: bang mot) adalah Universitas teknik dan teknologi di Thailand, dengan fokus pada pengajaran dan penelitian. Ini adalah salah satu dari sembilan Universitas Riset Nasional di Thailand.[1] Bang Mot terletak di Distrik Thung Khru, Bangkok. Didirikan pada 18 April 1960, menjadikannya kampus teknik tertua ketiga dan Universitas tertua ketujuh di Thailand.[butuh rujukan]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Teknologi Thonburi Raja Mongkut dapat ditelusuri asal-usulnya ke Thonburi Technical College (TTC) yang didirikan pada 4 Februari 1960, oleh Departemen Pendidikan Kejuruan, Kementerian Pendidikan. TTC memiliki misi pelatihan teknisi, instruktur teknis, dan teknologi. Berdasarkan UU Teknologi, diundangkan 21 April 1971 (dalam undang-undang di Thailand), tiga lembaga teknis berada di bawah Departemen Pendidikan Kejuruan: Thonburi Technical Institute (TTI), North Bangkok Technical Institute, dan Nonthaburi Telecommunication Institute. Mereka digabungkan menjadi satu lembaga pemberi gelar dengan nama Institut Teknologi Raja Mongkut yang tersebar di tiga kampus. TTC kemudian menjadi kampus KMIT Thonburi. Pada tahun 1974, KMIT dipindahkan dari Departemen Pendidikan ke Departemen Urusan Universitas.

KMITT membeli tanah seluas 460 ekar (1,9 km2) untuk memperluas kampus.[2]

Simbol[sunting | sunting sumber]

Raja Mongkut.

Stempel formal universitas adalah stempel pribadi Raja Mongkut, juga dikenal sebagai Rama IV. Di tengah segel adalah Mahkota Besar Kemenangan, yang paling penting dari lima regailia kerajaan Thailand: mahkota kemenangan yang agung; pedang kemenangan; staf kerajaan; the royal slippers; and the royal fan and royal fly whisk)[3] Ia memiliki payung kerajaan berjenjang putih yang menopang kedua sisinya. Semua simbol ditampilkan dalam lingkaran dua lapis dengan teks dalam bahasa Thailand dan Inggris yang menunjukkan nama universitas. Stempel ini digunakan untuk pengumuman dan dokumen resmi dan disertakan dalam semua upacara Universitas.[4]

Bunga Universitas Teknologi Thonburi Raja Mongkut adalah "Thammaruksa", bunga yang mudah ditemukan di kampus. Warna universitas meniru warna bunga tersebut.

Fakultas dan Sekolah Tinggi[sunting | sunting sumber]

KMUTT memiliki Fakultas dan Sekolah sebagai berikut:[5]

  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Sains
  • Fakultas Pendidikan dan Teknologi Industri
  • Sekolah Seni Liberal
  • Sekolah Teknologi Informasi
  • Sekolah Arsitektur dan Desain
  • Sekolah Energi Lingkungan dan Material
  • Sekolah Bioresources dan Teknologi
  • Sekolah Pascasarjana Energi dan Lingkungan
  • Institut Robotika Lapangan
  • Sekolah Pascasarjana Manajemen dan Inovasi
  • Sekolah Tinggi Ilmu Multidisiplin

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Kompleks olahraga tersebut antara lain terdiri dari fasilitas gimnasium, lapangan basket, lapangan sepak bola, fasilitas tenis meja, dan lapangan tenis.

Perpustakaan Universitas Teknologi Thonburi Raja Mongkut adalah kantor pusat manajemen perpustakaan, dan teknologi informasi untuk mendukung misi universitas untuk menyediakan pendidikan, mempromosikan penelitian, pengembangan, pendidikan teknis dan pelayanan kepada masyarakat.

Ada kegiatan kemahasiswaan dan layanan olahraga, layanan peminjaman peralatan olahraga seperti sepak bola, voli, dan lain-lain, lapangan olahraga luar ruangan dan lapangan olahraga dalam ruangan.

Sekolah Arsitektur dan Desain, kampus Bang Khun Thian

Transportasi[sunting | sunting sumber]

KMUTT menyediakan layanan bus gratis antara kampus Bangmod dan kampus Bang Khun Thian untuk mahasiswa, staf, dan pengunjung. Perjalanan pertama dari kampus Bangmod ke kampus Bang Khun Thian adalah pukul 7:30 pagi. dan perjalanan terakhir adalah pada pukul 18:00. Perjalanan pertama dengan arah berlawanan dari kampus Bang Khun Thian ke kampus Bangmod dimulai pukul 08.00. dan perjalanan terakhir adalah pada pukul 19:00.[6]

Perpustakaan KMUTT[sunting | sunting sumber]

“Pusat Perpustakaan dan Informasi KMUTT” didirikan pada tanggal 5 Mei 1988. Pada tanggal 19 Oktober 2000 namanya diubah menjadi “Perpustakaan KMUTT”.[7]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fact Sheet". King Mongkut's University of Technology Thonburi (KMUTT). Diakses tanggal 13 August 2018. 
  2. ^ "KMUTT Ratchaburi Learning Park". global.kmutt.ac.th. Diakses tanggal 2015-05-17. 
  3. ^ "The Royal Regalia and Royal Utensils of Thailand". www.chiangmai-chiangrai.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-06. Diakses tanggal 2015-05-17. 
  4. ^ "logosociety: ตราสัญลักษณ์ มหาวิทยาลัยเทคโนโลยีพระจอมเกล้า". Blogspot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-06-10. Diakses tanggal 2015-05-17. 
  5. ^ "Undergraduate". KMUTT (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-23. 
  6. ^ "Parking & Transportation". KMUTT (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-23. 
  7. ^ "นโยบายสำนักหอสมุด มจธ. | Home สำนักหอสมุด มหาวิทยาลัยเทคโนโลยีพระจอมเกล้าธนบุรี". Home สำนักหอสมุด มหาวิทยาลัยเทคโนโลยีพระจอมเกล้าธนบุรี (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-08. Diakses tanggal 2018-04-19.