Universitas Sintuwu Maroso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas Sintuwu Maroso
Nama lain
UNSIMAR
Moto
Cerdas, Kreatif, dan Profesional
JenisPerguruan tinggi swasta
Didirikan1986
PendiriJ. Santo
RektorSuwardhi Pantih
Staf akademik
103 (Januari 2014)
Staf administrasi
42 (karyawan)
Jumlah mahasiswa5238 (2015-1)
Sarjana2251 (2015-1)
Alamat
Jl. P. Timor
, , ,
94619
,
Situs webunsimar.ac.id
Logo unsimar.png

Universitas Sintuwu Maroso, atau umumnya dikenal dengan singkatan UNSIMAR, adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dan didirikan pada tahun 1986.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 1986, sebuah organisasi Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Sintuwu Maroso mempersiapkan proposal pendirian perguruan tinggi. Para pengurus melakukan penjajakan dengan cara mencari dukungan kepada Universitas Tadulako di Palu, sebagai perguruan tinggi negeri terbesar di Sulawesi Tengah, yang diharapkan dapat menjadi pembina dan sekaligus dapat membantu penyediaan tenaga kerja dosen senior. Rektor Universitas Tadulako pada waktu itu Prof. Mattulada memberikan dukungan dalam bentuk surat rekomendasi. Proposal disampaikan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Koordinator Kopertis Wilayah IX, yang disampaikan langsung oleh Drs. J. Santo sebagai salah satu pengurus Yayasan Pendidikan Sintuwu Maroso. J. Santo berkonsultasi dengan koordinator kopertis Wilayah IX. Pada tanggal 14 September 1986, Koordinator Kopertis Wilayah IX, Moh. Ridwan Matayang, bersama tim evaluasi tiba di Poso untuk melakukan evaluasi kelayakan terhadap pendirian perguruan tinggi. Mereka memutuskan bahwa Universitas Sintuwu Maroso memenuhi syarat untuk memperoleh izin operasional.

Pada tanggal 15 September 1986, Koordinator Kopertis Wilayah IX melantik Marto Herlan Koeswandi sebagai Rektor Universitas Sintuwu Maroso yang pertama. Selain itu, digelar pula pelantikan pejabat-pejabat Pembantu Rektor, masing-masing J. Tadanugi Sebagai Pembantu Rektor Bidang Akademik, Abdul Karim sebagai Pembantu Rektor Bidang Administrasi dan M. Siombo sebagai Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan. Pada saat yang sama, juga dilantik para pejabat Dekan masing-masing T. Malaka sebagai Dekan Fakultas Pertanian, S.P Santo sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, dan HG. Taroreh sebagai Dekan Fakultas Ekonomi.

Pada tanggal 16 Oktober 2017, ratusan mahasiswa menggelar aksi demo di depan halaman kampus, membakar ban mobil bekas dan kursi di halaman kampus, menutup semua pintu keluar masuk ke universitas, dan tidak mengizinkan kehadiran petugas kepolisian dari Polres Poso. Mereka menuntut dan mendesak Rektor untuk memberikan kejelasan dan transparan terhadap sejumlah dana, seperti beasiswa, SPP yang terus naik, fasilitas kampus, dana pembangunan, dan biaya pungutan koperasi mahasiswa. Aksi ini berlangsung selama sekitar dua jam dan melumpuhkan aktivitas perkuliahan di UNSIMAR.[1][2]

UNSIMAR berencana untuk membuka kampus kedua di Kecamatan Poso Pesisir.[3]

Kepemimpinan[sunting | sunting sumber]

Rektor[sunting | sunting sumber]

Selama kurun waktu tahun 1986 sampai sekarang (2011), Universitas Sintuwu Maroso telah tiga kali mengalami estafet kepemimpinan. Para Rektor yang memimpin UNSIMAR adalah:

  1. Drs. R.P. Martho Koeswandi sebagai Rektor tahun 1986-1994 (2 periode). Sebelum menjadi Rektor Universitas Sintuwu Maroso, dia memegang jabatan Bupati Kepala Daerah Kabupaten Poso tahun 1974-1984.
  2. Drs. Sawidago Wounde, M.Pd., sebagai Rektor tahun 1994-1998 (1 periode). Pengalaman dia sebagai Dosen Extension Course IKIP Manado di Poso, dosen IKIP Negeri Jakarta, dan Pembantu Rektor Bidang Akademik Universitas Tarumanegara Jakarta menjadi latar belakang Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Sintuwu Maroso meminta kesediannya untuk kembali mengabdi di Universitas Sintuwu Maroso sebagai Pembantu Rektor Bidang Akademik dan selanjutnya diangkat menjadi Rektor pada tanggal 15 September 1994 setelah masa jabatan Drs. R.P. Martho Herlan Koeswandi berakhir.
  3. Drs. J. Kogege sebagai Rektor periode 1998-2002 dan berlanjut ke periode kedua tahun 2002-2006, merupakan calon rektor terpilih melalui Rapat Senat Universitas dan mendapat Keputusan Persetujuan Menteri Pendidikan Nasional.
  4. Lefrand Mango, SE., M.Si., sebagai Rektor untuk periode 2007-2011, yang terpilih melalui rapat Senat Universitas Sintuwu Maroso pada tanggal 21 Maret 2007.
  5. Kisman Lantang, SE., M.Si., sebagai Rektor untuk periode 2011-2015, yang terpilih melalui rapat senat Universitas Sintuwu Maroso.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Pada awal berdirinya, Universitas Sintuwu Maroso terdiri dari 3 (tiga) Fakultas dan 6 (enam) Jurusan dengan 400 orang mahasiswa baru dan 36 orang dosen tetap. Universitas Sintuwu Maroso sekarang memiliki 6 fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
    • Jurusan Pendidikan Biologi
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Diarsipkan 2016-03-13 di Wayback Machine.
    • Jurusan Ilmu Administrasi Negara
  3. Fakultas Ekonomi
    • Jurusan Manajemen
  4. Fakultas Hukum Diarsipkan 2018-03-29 di Wayback Machine.
    • Jurusan Ilmu Hukum
  5. Fakultas Pertanian[pranala nonaktif permanen]
    • Jurusan Peternakan
    • Jurusan Agroteknologi
  6. Fakultas Teknik Diarsipkan 2018-03-07 di Wayback Machine.
    • Jurusan Teknik Sipil

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Timparosa, Feri (16 Oktober 2017). "Mahasiswa Unsimar Demo Tuntut Transparansi". Antaranews. Diakses tanggal 21 Oktober 2017. 
  2. ^ "Mahasiswa Unsimar Demo, Perkuliahan Lumpuh". Mercusuar. 17 Oktober 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Oktober 2017. Diakses tanggal 23 Oktober 2017. 
  3. ^ Sulayapi, Syaiful (8 April 2021). Rizal, Syamsu, ed. "Unsimar Bakal Bangun Kampus II di Kasiguncu". MetroSulawesi. Diakses tanggal 3 Mei 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]