Universitas Setia Budi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk tokoh bernama Setiabudi, lihat Douwes Dekker.
Didirikan 11 November 1997
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Rektor Dr. Ir Djoni Tarigan MBA
Lokasi Surakarta
Situs web www.setiabudi.ac.id

Universitas Setia Budi adalah sebuah universitas swasta di Surakarta, Indonesia yang letaknya berada di jalan Let. Jend. Sutoyo, Mojosongo, Solo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Secara kronologis, Yayasan Pendidikan Setia Budi hanya bermula dari menyelenggarakan beberapa program studi D.III yang meliputi Analis Kesehatan, analis kimia dan Teknik Kimia serta Farmasi. Program Studi tersebut berjalan sejak 1983 sampai dengan 1995. Lembaga Pendidikan yang semula penyelenggaraannya hanya sampai pada jenjang D.III, dapat dikembangkan sampai jenjang S.1 yakni sejak disetujui oleh yang berwenang menjadi Sekolah Tinggi Teknik Kimia Surakarta. Pada 1997, Sekolah Tinggi Teknik Kimia Surakarta tersebut ditingkatkan menjadi Universitas Setia Budi.

Saat ini Universitas Setia Budi telah terakreditasi institusi B sesuai dengan keputusan SK Ban-PT 3285/SK/Ban-PT/akred/PT/IX/2017 serta telah tersertifikasi ISO 9001:2008. Universitas Setia Budi mempunyai 5 fakultas yaitu Fakultas Farmasi(Program Pascasarjana Ilmu Farmasi akreditasi B, S1 Farmasi dengan akreditasi B, DIII Farmasi dengan akreditasi B, DIII Analisis Farmasi & Makanan dengan akreditasi B, dan Program Profesi Apoteker dengan akreditasi B), Fakultas Teknik(S1 Teknik Kimia terakreditasi, S1 Teknik Industri dengan akreditasi B, dan DIII Analis Kimia dengan akreditasi B), Fakultas Ilmu Kesehatan (D-III Analis Kesehatan dengan akreditasi B dan D-IV Analis Kesehatan dengan akreditasi B), Fakultas Psikologi (S1 Psikologi terakreditasi)dan Fakultas Ekonomi (S1 Manajemen Rumah Sakit dengan akreditasi B dan S1 Akuntansi Perpajakan dengan akreditasi B)

Fasilitas yang diberikan untuk mahasiswa Universitas Setia Budi yaitu Overseas stadium general yang diselenggarakan di Singapura setiap tahunnya, Pembagian netbook, Beasiswa dan Jaminan kerja.

Kegiatan mahasiswa di antaranya PSM Acuto Choir, Teater Hitam Putih , Karawitan Sak Deg Sak Nyet , FOSMI, Katharos, St. Priska, Wapala Exess, Wapala Kalbu Giri dan Wapala Akafapala.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]