Universitas Pusat Medis Barat Daya Texas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gedung fase 1 dan 2 yang asli tahun 1993. Karya arsitek Edward Larrabee Barnes dan John MY Lee
Kampus utara dan barat, lokasi yang diperluas baru-baru ini
Rumah Sakit Parkland Memorial

Universitas Pusat Medis Barat Daya Texas atau University of Texas Southwestern Medical Center (disingkat UT Southwestern atau UTSW) adalah pusat ilmu kesehatan akademik publik di Dallas, Texas, Amerika Serikat. Memiliki sekitar 13.568 karyawan, 2.445 fakultas dan lebih dari 2,7 juta kunjungan rawat jalan per tahun, UT Southwestern menjadi sekolah kedokteran terbesar dalam Sistem Universitas Texas dan di negara bagian Texas.[1]

Anggaran operasional UTSW pada tahun 2019 lebih dari $3,152 miliar,[1] dan merupakan institusi medis terbesar di Metroplex Dallas–Fort Worth (termasuk wilayah Texas Utara), yang setiap tahun melatih sekitar 3.700 mahasiswa kedokteran, pascasarjana, profesi kesehatan, residen, dan rekan pascadoktoral. Dukungan yang berkelanjutan dari sumber luar, menyediakan dana sekitar $422,6 juta per tahun untuk membiayai lebih dari 5.700 proyek penelitian. Pada tahun 2017, biaya pengeluaran federal UTSW sebesar $204,5 juta, jumlah pengeluaran terbesar dari semua institusi medis yang termasuk dalam Sistem Universitas Texas.[1]

Misi tiga-bagian UTSW adalah untuk: mendidik para pemimpin dalam perawatan pasien, ilmu biomedis dan pencegahan penyakit serta melakukan penelitian dan memberikan perawatan pasien. UTSW menggabungkan tiga lembaga pemberi gelar utama yaitu UT Southwestern Medical School, UT Southwestern Graduate School of Biomedical Sciences, dan UT Southwestern School of Health Professions. UTSW memiliki empat rumah sakit besar yang terafiliasi: Rumah Sakit Parkland Memorial, Rumah Sakit Parkland Memorial, Rumah Sakit UTSW Paviliun Zale Lipshy – William P. Clements Jr., dan Rumah Sakit UTSW William P. Clements Jr. Selain itu, UTSW juga menyediakan layanan di Texas Scottish Rite Hospital for Children, VA North Texas Health Care System, dan rumah sakit serta klinik komunitas terafiliasi lainnya di wilayah Texas Utara. Fakultas dan para "resident" (istilah medis di Amerika Serikat yang artinya: lulusan universitas kedokteran yang melakukan praktik khusus di bawah pengawasan rumah sakit) UTSW memberikan perawatan di sekitar 80 lokasi spesialisasi kepada lebih dari 117.000 pasien rawat inap, lebih dari 360,00 kasus ruang gawat darurat dan mengawasi hampir 3 juta kunjungan rawat jalan per tahun, termasuk layanan klinis yang tidak dibayar setiap tahunnya, senilai lebih dari $106,7 juta.

Selain empat rumah sakit besar yang berafiliasi dengan UTSW tersebut, pusat medis UTSW lainnya juga ada di Plano dan Frisco, pinggiran kota terkemuka di daerah Dallas. Selanjutnya, pada tahun 2016, UTSW mulai memberikan perawatan tambahan melalui Southwestern Health Resources, jaringan baru yang menggabungkan sistem Texas Health Resources dan UTSW. Jaringan ini terdiri dari 27 rumah sakit, 300 klinik dan lebih dari 2.000 dokter, yang melayani 16 county dengan populasi total lebih dari 6 juta jiwa.

Pusat Onkologi Radiasi UTSW pada tahun 2017.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di bawah kepemimpinan Dr. Edward H. Cary dan Karl Hoblitzelle, sekelompok warga Dallas mengorganisir Yayasan Medis Barat Daya (YMBD) pada tahun 1939, yang bertujuan untuk mempromosikan pendidikan dan penelitian kedokteran di Dallas dan wilayah sekitarnya. Ketika Sekolah Tinggi Kedokteran Baylor memindahkan sekolah kedokterannya dari Dallas ke Houston pada tahun 1943, YMBD secara resmi mendirikan Perguruan Tinggi Kedokteran Barat Daya (PTKBD) sebagai sekolah kedokteran ke-68 di Amerika Serikat. PTKBD didirikan selama Perang Dunia II, sehingga kampusnya bertempat di beberapa barak tentara yang ditinggalkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]