Universitas PGRI Palangka Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Universitas PGRI Palangka Raya
MotoMenuju Universitas Swasta Terdepan di Bumi Tambun Bungai
Didirikan1990
JenisPerguruan Tinggi Swasta
RektorDr. H. Maharidiawan Putra, S.H., M.H.
LokasiKampus UPGRI PLK, Jalan Hiu Putih KM. 7 Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
JulukanUPGRI PLK
Situs webwww.upgriplk.ac.id

Universitas PGRI Palangka Raya atau disingkat UPGRI PLK adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1990. Terdiri dari 4 (empat) fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Pertanian. Rektor sekarang dijabat oleh Dr. H. Maharidiawan Putra, S.H., M.H. menggantikan rektor sebelumnya yang dijabat oleh Dr. Suriansyah Murhaini, S.H., M.H..

Universitas PGRI Palangka Raya yang pengelolaannya berada dibawah naungan Yayasan Universitas PGRI Palangka Raya dan terdaftar di Kopertis Wilayah XI Kalimantan (Banjarmasin, Kalimantan Selatan). Dengan Kode Perguruan Tinggi pada Universitas PGRI Palangka Raya di Kopertis Wilayah XI Kalimantan: 111015.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas PGRI Palangka Raya secara resmi berdiri pada tanggal 1 September 1990. Dasar hukum SK Mendikbud RI Nomor 0152/0/1990 tertanggal 19 Maret 1990 tentang pemberian status terdaftar kepada Fakultas/Jurusan/Program Studi di Lingkungan Universitas PGRI Batang Garing. Selanjutnya dikukuhkan/ditegaskan kembali berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 97/DIKTI/Kep/1996 tanggal 12 April 1996 tentang keberadaan Jurusan dan Program Studi di Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya.

Selanjutnya berdasarkan surat keputusan Dijen DIKTI Depdikbud RI Nomor 109/DIKTI/Kep/1997 tanggal 12 Mei 1997 tentang perubahan nama Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya menjadi Universitas PGRI Palangka Raya terhitung sejak tanggal 12 Mei 1997.

Fakultas yang terdapat di Universitas PGRI adalah Fakultas Hukum (FH), Fakultas Pertanian (FAPERTA), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Fakultas Hukum terdiri dari satu jurusan: Ilmu Hukum, Fakultas Pertanian terdiri dari dua jurusan: Agribisnis dan Kehutanan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari satu jurusan: Sosiologi dan Ilmu Politik, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari 3 jurusan: Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi dan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi.

Universitas PGRI Palangka Raya adalah salah satu Perguruan Tinggi swasta di Provinsi Kalimantan Tengah. Universitas PGRI Palangka Raya secara resmi berdiri pada tanggal 1 September 1990. Dasar hukum SK Mendikbud RI Nomor 0152/0/1990 tertanggal 19 Maret 1990 tentang pemberian status terdaftar kepada fakultas/jurusan/program studi di Lingkungan Universitas PGRI Batang Garing. Selanjutnya, dikukuhkan/ditegaskan kembali berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor 97/DIKTI/Kep/1996 tanggal 12 April 1996 tentang keberadaan Jurusan dan Program Studi di Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya.

Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud RI Nomor 109/DIKTI/Kep/1997 tanggal 12 Mei 1997 tentang perubahan nama Universitas PGRI Batang Garing Palangka Raya menjadi Universitas PGRI Palangka Raya terhitung sejak tanggal 12 Mei 1997.

Universitas PGRI Palangka Raya dalam menyelenggarakan pendidikan berpedoman pada Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah RI Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, serta peraturan perundangan lain yang berlaku. Universitas PGRI Palangka Raya adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang berperan serta dalam mewujudkan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa. Makna keberadaan Universitas PGRI Palangka Raya dalam fungsi strategisnya adalah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Universitas PGRI Palangka Raya dalam menata manajemen pendidikan berorientasi ke depan. Perguruan tinggi yang di dalamnya terdapat aktivitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, akan dapat berfungsi secara maksimal, apabila didukung sarana dan prasarana yang memadai, sumberdaya manusia yang handal, dukungan dana yang cukup, manajemen yang mantap, dan terjalinnya kerja sama dengan stakeholders atau institusi lain. Kondisi ideal inilah yang memungkinkan Universitas PGRI Palangka Raya mampu melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi dan memiliki wawasan luas ke depan. Kekuatan Universitas PGRI Palangka Raya didukung oleh program studi yang langka dan sebagian besar lulusannya terserap oleh pasar. Universitas PGRI Palangka Raya sebagai institusi pendidikan tinggi berkewajiban mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Orientasinya diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompentensi unggul dalam bidangnya dan memiliki komitmen terhadap kemajuan peradaban manusia, khususnya bangsa Indonesia selaras dengan gerak pembangunan nasional bagi kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu perguruan tinggi pada umumnya Universitas PGRI Palangka Raya memiliki tugas utama melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, meliputi kegiatan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Universitas PGRI Palangka Raya memiliki 4 (empat) fakultas, yaitu:

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Di lingkungan kampus Universitas PGRI Palangka Raya tersedia juga berbagai fasilitas, antara lain:

  • Gedung Kuliah ber AC
  • Laboratorium Komputer
  • Gedung Pertemuan (Aula)
  • Ruang Perpustakaan
  • Mushola
  • Sarana Olahraga (Lapangan Basket, Volley Ball, Atletik, Badminton, Tenis Meja, dan Sanggar Senam)
  • Fasilitas Hotspot
  • Kantin Kampus
  • Wi-fi Area

Unit Kegiatan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Selain itu berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas PGRI Palangka Raya, antara lain:

  • MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam)
  • BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)
  • MENWA (Resimen Mahasiswa)
  • UKM (Unit Kewirausahaan Mahasiswa)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]