Universitas Bumi Hijrah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Bumi Hijrah
Lambang Universitas Bumi Hijrah
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan9 April 2012
RektorSarbaini A.Karim,S.K.M.,M.Kes
Staf akademik
60 Orang (2019)
Staf administrasi
25
Jumlah mahasiswa932 Orang (2018)
Doktor12
Lokasi, ,
0º.75’23,380” 127º.57’64”
WarnaHijau Biru
Nama julukanUBH
Situs webwww.unibrah.ac.id

Universitas Bumi Hijrah (UNIBRAH) adalah Perguruan Tinggi yang berada Kota Tidore, Provinsi Maluku Utara.[1]

Universitas ini didirikan sesuai dengan Keputusan Mendikbud RI Nomor: 97/E/O/2012, tanggal 9 April 2012 tentang Izin Penyelenggaraan Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara. Unibrah memiliki 7 Fakultas dengan 11 program studi jenjang S1. Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara didirikan untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menjadi perguruan tinggi berkualitas dan berdaya saing dalam membina, mengembangkan SDM yang kompeten dan berkarakter pada tahun 2025.

Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara (Unibrah) didirikan sesuai dengan Keputusan Mendikbud RI Nomor: 97/E/O/2012, tanggal 9 April 2012 tentang Izin Penyelenggaraan Universitas Bumi Hijrah Tidore. Unibrah memiliki 7 Fakultas dengan 11 program studi jenjang S1.Karena masih baru maka Unibrah memiliki keterbatasan terutama sarana dan prasarana, namun secara berlahan telah dipenuhi terutama gedung perkuliahan. Sesuai dengan rencana strategis Unibrah lima tahun pertama dilakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya tenaga dosen yang saat ini telah melanjutkan studi strata tiga (S3) sebanyak 17 orang. Dibidang Peralatan dan TIK serta Laboratorium menjadi perhatian serius pada tahun ke-6 dan seterusnya.

Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara adalah satu-satunya perguruan tinggi yang berada di ibukota Provinsi Maluku Utara tepatnya di Jalan Lintas Halmahera-Sofifi, Desa Galala Kecamatan Oba, Kota Tidore, Kepulauan Maluku Utara. Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara adalah bagian yang tidak dipisahkan dari pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan yang bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat Provinsi Maluku Utara umumnya khususnya masyarakat yang berada di Pulau Halmahera dan sekitarnya. Mahasiswa Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara sebagian besar merupakan golongan menengah kebawah dari kelompok masyarakat berpenghasilan rendah yang memiliki keterbatasan ekonomi mempunyai keinginan yang kuat untuk mengenyam pendidikan tinggi yang terjangkau secara ekonomi, pilihan mereka adalah Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara yang yang mudah diakses dari daratan Pulau Halmahera.

Fakultas dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Bumi Hijrah mempunyai 7 Fakultas dan 11 Program Studi S-1, dan berikut ini merupakan rincian daftar fakultas dan program studi nya :

No Fakultas Program Studi
1 Fakultas Ekonomi (FE) S1 Akuntansi
2 Fakultas ilmu pendidikan jasmani, kesehatan & rekreasi S1 pendidikan jasmani, kesehatan & rekreasi
3 Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
4 Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) S1 Ilmu Komunikasi
5 Fakultas Teknik (FT) S1 Arsitektur

S1 Teknik Sipil

6 Fakultas Ilmu Pemerintahan (FIP) S1 Ilmu Pemerintahan
7 Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP) S1 Pendidikan Bahasa Inggris

S1 Pendidikan Fisika

S1 Pendidikan Kimia

S1 Pendidikan Matematika

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.unibrah.ac.id/. Diakses tanggal 20 Januari 2020.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)