Unidad Popular

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Unidad Popular
Pemimpin Salvador Allende
Didirikan 9 Desember 1969 (1969-12-9)
Dibubarkan 12 September 1973
Kantor pusat Santiago
Posisi politik Sayap kiri

Unidad Popular (Persatuan Rakyat) adalah sebuah koalisi partai politik yang tersusun dari partai-partai sayap kiri yang menjadi pengusung calon presiden Salvador Allende yang berhasil memenangi pemilihan presiden Chili tahun 1970;

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Koalisi Unidad Popular dimulai dengan ditandatanganinya perjanjian oleh pemimpin-pemimpin partai sayap kiri Chili di Santiago pada 26 Desember 1969. Pemimpin partai yang menandatangani perjanjian tersebut diantaranya:

  • Luis Corvalán - Partai Komunis
  • Aniceto Rodríguez - Partai Sosialis
  • Carlos Morales - Partai Radikal
  • Esteban Leyton - Partai Sosial Demokratik
  • Jaime Gazmuri - Gerakan Kesatuan Aksi Rakyat
  • Alfonso David Lebón - Aksi Rakyat Independen

Partai Kristen Kiri dan Partai MAPU-Obrero Campesino menyusul bergabung ke koalisi pada tahun 1971 dan 1972.

Koalisi Unidad Popular memiliki tujuan bersama yaitu pembangunan sosialisme untuk rakyat Chili. Unidad Popular mendukung hak-hak pekerja, penerapan reformasi agraria, reorganisasi ekonomi nasional, kebijakan luar negeri yang independen, dan perubahan institusi lainnya, seperti pembentukan parlemen unikameral[1].

Pada pemilu Chili tahun 1970, Salvador Allende memenangi pemilu tersebut dengan mendapatkan persentase suara 36, 62%, mengalahkan Jorge Alessandri dan Radomiro Tomic. Media asing langsung memberitakan kabar tersebut, dengan menekankan bahwa Allende adalah presiden Marxis pertama yang terpilih secara demokratis, dan kebijakan ekonominya yang akan "membebaskan Chili dari dominasi asing"[2]. Kemenangan ini menjadi puncak pencapaian koalisi Unidad Popular, dimana mereka menjadi koalisi pemerintah selama kepemimpinan Allende.

Pada Agustus 1973, Partai Kristen Demokrat berkoalisi dengan oposisi sayap kanan dan Partai Nasional untuk menggerakkan protes terhadap pemerintahan Salvador Allende dan koalisi Unidad Popular. Kejadian tersebut menjadi pemantik dari kejatuhan pemerintahan Unidad Popular di peristiwa kudeta pada 11 September 1973[2].

Referensi[sunting | sunting sumber]

<references>

Pranala luar[sunting | sunting sumber]