Undergraduate (gelar)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Santo Antonius Cusco adalah universitas negeri di Cusco, Peru dan salah satu universitas tertua di Peru berdasarkan dokumen tertanggal 1 Maret 1692 dari Paus Inosentius XII yang mendesak dan mendukung pendirian universitas di Cusco. Dokumen tersebut akhirnya ditandatangani oleh Raja Charles II di Madrid, Spanyol, pada 1 Juni 1692, sehingga universitas ini berwenang untuk menganugerahkan gelar sarjana, magister, dan doktor.

Undergraduate atau undergraduate degree (biasa disebut first degree atau hanya degree saja) adalah bahasa sehari-hari untuk gelar akademik yang diperoleh seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan undergraduate. Di Amerika Serikat, program undergraduate biasanya ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi, seperti "college" atau universitas. Undergraduate umumnya dibagi menjadi dua gelar:[1]

  1. Associate degree (Ahli Madya, 2 tahun untuk D2 dan 3 tahun untuk D3)
  2. Bachelor degree (Sarjana, S1)

Pada beberapa sistem pendidikan tinggi lainnya, undergraduate adalah pendidikan pasca-SMA hingga jenjang magister, biasanya untuk beberapa jurusan sains di Britania dan beberapa jurusan kedokteran siklus panjang di negara Eropa lainnya. Gelar undergraduate dapat dikategorikan sebagai gelar profesional dasar atau pertama.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Information for Applicants". www.ice.cam.ac.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 October 2016. Diakses tanggal 9 May 2018. 
  2. ^ "What is an Academic Degree?". Wise Geek. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2016. Diakses tanggal 25 September 2016.