Umpan klik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Contoh thumbnail youtube yang clickbait yang membuat perhatian seseorang naik kepada video tersebut

Umpan klik (clickbait) adalah suatu istilah peyoratif yang merujuk kepada konten web yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan iklan daring, terutama dengan mengorbankan kualitas atau akurasi, dengan bergantung kepada tajuk sensasional atau keluku (thumbnail) yang menarik mata guna mengundang klik-tayang (click-through) dan mendorong penerusan bahan tersebut melalui jejaring sosial daring. Tajuk umpan klik umumnya bertujuan untuk mengeksploitasi "kesenjangan keingintahuan" (curiosity gap) dengan hanya memberi informasi yang cukup membuat pembaca penasaran ingin tahu, tetapi tidak cukup untuk memenuhi rasa ingin tahu tersebut tanpa mengklik pada tautan atau pranala yang diberikan.[1][2][3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Derek Thompson (November 14, 2013). "Upworthy: I Thought This Website Was Crazy, but What Happened Next Changed Everything". The Atlantic. 
  2. ^ Katy Waldman (May 23, 2014). "Mind the 'curiosity gap': How can Upworthy be 'noble' and right when its clickbait headlines feel so wrong?". National Post. 
  3. ^ Emily Shire (14 July 2014). "Saving Us From Ourselves: The Anti-Clickbait Movement". The Daily Beast.