Umm El Qa'ab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Umm El Qa'ab
bahasa Arab: أم القعاب
Umm el-Qaab.jpg
Pandangan umum area, menunjukkan banyak sampah pot
Umm El Qa'ab berlokasi di Mesir
Umm El Qa'ab
Lokasi di Mesir
LokasiMesir
WilayahKegubernuran Al Wadi al Jadid
Koordinat26°11′N 31°55′E / 26.183°N 31.917°E / 26.183; 31.917

Umm El Qa'āb (terkadang Umm El Ga ab, أم القعاب) merupakan sebuah Nekropolis dari para raja Dinasti Awal[1] di Abydos, Mesir.[2] Nama modernnya berarti 'Ibu Pot', karena seluruh area dipenuhi dengan pecahan-pecahan pot yang dipersembahkan pada masa-masa sebelumnya. Nama kuno kultus daerah itu (w-)pkr atau (r3)pkr 'Distrik pohon-poker' (spesies tak dikenal) atau 'Pembukaan pohon-poker' (Koptik: upoke), milik t3-dsr 'tanah terpencil/bersih' (nekropolis) atau crk-hh 'Ikatan Abadi' (Koptik: Alkhah).

Daerah itu adalah tempat pemujaan dan penyembahan bagi orang Mesir Kuno, dan pada saat Kerajaan Pertengahan setidaknya satu dari makam kerajaan digali dan dibangun kembali untuk 'imam' (orang-orang religius yang berdedikasi) dari dewa Osiris.[3]

Makam daerah ini pertama kali digali oleh Émile Amélineau pada tahun 1890-an dan lebih sistematis oleh William Matthew Flinders Petrie antara tahun 1899-1901. Sejak saat itu daerah tersebut telah digali berulang kali oleh Institut Arkeologi Jerman sejak tahun 1970-an, yang memungkinkan dilakukannya rekonstruksi menyeluruh terhadap tata letak dan penampilan dari pemakaman tersebut.

pq
r
O49
Peqer
dalam Hieroglif

Makam Pra-Dinasti[sunting | sunting sumber]

Ummal-qaab.png
  • U-j – penguasa tak dikenal, tapi mungkin Scorpion I dari lambang kalajengking ditemukan di makam
  • B1/B2Iry-Hor[4]
  • B7/B8/B9Ka

Pemakaman Dinasti Pertama[sunting | sunting sumber]

Tembikar pecahan, dari tunggul dasar kendi. 1 Dinasti. Dari Royal Tomb of Semerkhet di Umm el-Qa ab, Abydos, Mesir. Yang Petrie Museum of Egyptian Archaeology, London

Dikenal sebagai Pemakaman B, daerah ini berisi makam Firaun Dinasti Awal Dinasti Pertama Mesir dan dua raja terakhir Dinasti Kedua.

Pemakaman Dinasti Kedua[sunting | sunting sumber]

Dua raja terakhir dari Dinasti Kedua kembali dimakamkan di dekat nenek moyang mereka - mereka juga menghidupkan kembali praktik membangun pemakaman batu bata lumpur di dekatnya.

Segel yang ditemukan di makam ini berisi kalimat pertama yang tertulis dalam hieroglif.[15]

Makam Khasekhemwy

Makam ini berada dalam skala besar, dengan beberapa ruang bata lumpur yang saling terhubung, dan ruang pemakaman yang sebenarnya dibangun berselimuti blok batu kapur. Ketika digali oleh Petrie pada tahun 1901 itu berisi tongkat kerajaan yang terbuat dari sard dan dibalut dengan emas, vas batu kapur dengan penutup emas, dan sebuah guci dan baskom perunggu.

Pengorbanan manusia dan pemakaman Dinasti Pertama[sunting | sunting sumber]

Pengorbanan manusia dipraktikkan sebagai bagian dari ritual pemakaman yang terkait dengan dinasti pertama.[17] Makam Djer dikaitkan dengan pemakaman 338 individu yang dianggap telah dikorbankan. Orang-orang dan hewan yang dikorbankan, seperti keledai, diharapkan dapat membantu para firaun di alam baka. Tampaknya para bangsawan Djer dicekik dan makam mereka semua ditutup pada waktu bersamaan.[18][19] Untuk alasan yang tidak diketahui, praktik ini berakhir dengan kesimpulan dari dinasti tersebut, dengan shabtis menggantikan orang yang sebenarnya untuk membantu firaun dengan pekerjaan yang diharapkan dari mereka di alam baka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1] Tombs of kings of the First and Second Dynasty
  2. ^ Toby Wilkinson, Early Dynastic Egypt, Routledge, 1999
  3. ^ Shaw, Ian. The Oxford History of Ancient Egypt. p. 67. Oxford University Press. 2000. ISBN 0-19-280458-8
  4. ^ [2] Abydos, Tomb of King Iry-Hor
  5. ^ [3] Narmer's Tomb
  6. ^ [4] Hor-Aha's Tomb
  7. ^ [5] Tomb O
  8. ^ [6] Tomb Z
  9. ^ [7] Tomb Y - the tomb of Merneith
  10. ^ [8] Tomb T
  11. ^ [9] Tomb X
  12. ^ [10] Tomb U
  13. ^ [11] Tomb Q
  14. ^ [12] Abydos Tomb P
  15. ^ [13] Peribsen' tomb
  16. ^ [14] Abydos Tomb V
  17. ^ Shaw, Ian. The Oxford History of Ancient Egypt. p. 68. Oxford University Press. 2000. ISBN 0-19-280458-8
  18. ^ Payne, Keith "Discovery of Abydos: Examining the Work of the Penn-Yale-IFA Joint Expedition" Heritage Key 20 October 2009 [15]
  19. ^ Payne, Keith "Exclusive Interview: Dr David O'Connor on the Abydos Expedition" Heritage Key 29 September 2009 [16]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]