Umbul Songo Kopeng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Umbul Songo Kopeng adalah sebuah wisata alam yang terdapat di Kabupaten Semarang sangat cocok bagi para pecinta alam. Tempat wisata ini sangat cocok bagi orang yang suka berpetualang dan memiliki fisik yang kuat.

Untuk menuju air terjun umbul songo, belum tersedia jalan track yang bagus sehingga bagi orang yang hobi akan berpetualang tentungya hal ini menjadi sesuatu yagn sangat menantang dan cukup menguras adrenalin.

Kelelahan saat melakukan perjalanan disertai dengan energy yang banyak terkuras tentunya akan terbayar sudah ketika telah melihat air terjun umbul songo. Air terjun umbul songo memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Selain itu, air terjum umbul songo juga belum terjamah oleh masyarakat banyak. Air terjun umbul songo terletak di kompleks wana kopeng, di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Air terjun ini diapit oleh Gunung Telomoyo , Andong dan Gunung Merbabu, yang berjarak 54 Km dari Kota Semarang dan berjarak 23 Km dari Kota Magelang.

Air terjun umbul songo berada di ketinggian 1450 meter di atas permukaan laut. Tentunya panorama di sekitar air terjun umbul songo memiliki keindahan alam yang tidak ternilai lagi keindahanny. Apalagi dengan hawa sejuk khas dari pegunungan. Dalam perjalanan yang cukup melelahkan selama kurang lebih 30 menit nanti, kamu akan ditemani oleh berbagai macam jenis tumbuhand an berbagai macam kicauan burung dari berbagai jenis burung.

Perjalanan yang sangat melehakan tersebut nantinya akan menemui air terjuan dengan ketinggian kurang lebih sekitar 15 meter. Adapun dinding dari air terjun tersebut dipenhui dengan berbagai macam jenis tumbuh-tumbuhan hijau yang rindang.

Tak hanya air terjunnya yang menawan, disana juga terdapat berbagai fasilitas seperti kolam untuk berendam, taman bermain dan bumi perkemahan[1].

Akses[sunting | sunting sumber]

Untuk menuju Umbul Songo dapat menggunakan kendaraan umum dari Yogyakarta dengan bus jurusan Magelang kemudian dilanjutkan dengan bus jurusan Magelang Kopeng. Bahkan, kendaraan pribadi baik roda dua atau roda empat juga bisa diugunakan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut berbagai cerita, air terjun umbul songo ialah bukti dari kekuasaan Alloh dimana ketika para Walisongo berdoa karena kesulitan mencari air untuk bersuci, maka Alloh mengabulkan doan mereka dengan mengeluarkan mata air yang sampai sekarang disebut sebagai air terjun Walisongo tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]