Umar (nama)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Omar
Kaligrafi Khalifah kedua Umar bin Khattab. Nama Umar kebanyakan merujuk kepada namanya.
Pelafalan/ˈmɑːr/
/ˈmər/
pelafalan dalam bahasa Arab: [/ʿUmar/]
Jenis kelaminLaki-laki
Asal usul
KataArabi, Ibrani, Jerman
Arti"berkembang, berumur panjang" (Arab)
"tombak kaya" (Jerman)
fasih (Ibrani)
Daerah asalTimur Tengah dan Skandinavia

Umar atau Omar atau Omer adalah sebuah kata yang umumnya dipakai untuk sebuah nama. Nama ini memiliki berbagai definisi yang berbeda dalam bahasa Arab, bahasa Jerman, dan bahasa Ibrani.

Umar atau Omar adalah nama umum (Arab: عمر, pelafalan dalam bahasa Arab: [/ʿUmar/]) dalam populasi Muslim Arab dan Muslim pada umumnya. Omar diwakili dalam tradisi Islam, yang berarti "berkembang, berumur panjang". Nama tersebut berasal dari kemunculan dan keberhasilan militer Islam, yang sebagian disebabkan oleh khalifah kedua Umar bin Khattab (juga dieja Omar, m. 634–644).

Ada juga tokoh alkitabiah bernama Omar (Ibrani: אוֹמָר, pelafalan dalam bahasa Ibrani: [/'Ómer/]) dalam Alkitab Ibrani, yang berarti "fasih". Nama Ibrani lain yang mirip adalah Omer (Ibrani: עומר, pelafalan dalam bahasa Ibrani: [/ˈ(ʕ)Omer/]), berasal dari "berkas" atau seikat biji-bijian.

Nama Omar juga digunakan di negara-negara berbahasa Spanyol. Pada Abad Pertengahan, ada populasi besar orang Yahudi dan Muslim di Semenanjung Iberia, oleh karena itu nama itu bisa menyebar karena ini.[butuh rujukan]

Nama Ómar juga populer sebagai nama pria di Islandia, dan pada tingkat yang lebih rendah di negara-negara Nordik.[1] Nama ini juga bisa merupakan varian dari Ottomar atau Othmar, nama Jermanik yang terdiri dari unsur *aud, artinya kaya, dan *mari, artinya ketenaran. Nama Omaar (أومار) adalah nama Somalia, bukan varian dari Omar/Umar. Itu berasal dari kata Somalia "Oomaar" yang berarti "uap panas dari panci mendidih".[butuh rujukan]

Pemakaian[sunting | sunting sumber]

Umar[sunting | sunting sumber]

Omar[sunting | sunting sumber]

Ómar[sunting | sunting sumber]


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ómar - Nordic Names". www.nordicnames.de. Diakses tanggal 2021-10-23.