Ulsan HD FC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ulsan Hyundai FC)
Ulsan Hyundai FC
울산 현대 FC
Ulsan Hyundai FC Logo
Nama lengkapUlsan Hyundai Football Club
울산 현대 축구단
JulukanHorangi (The Tigers)
Gangs of Asia
The Iron Maces
Berdiri1983; 41 tahun lalu (1983), sebagai Hyundai Horang-i FC
StadionUlsan Munsu Football Stadium (Big Crown)
(Kapasitas: 44,466)
PemilikKorea Selatan Hyundai Heavy Industries
KetuaKorea Selatan Kwon Oh-Gab
ManajerKorea Selatan Cho Min-Kook
LigaKorea Selatan K League 1
2022Juara
Situs webSitus web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang
Musim ini

Ulsan Hyundai Football Club (Indonesia: Tim Sepak Bola Ulsan Hyundai) adalah tim sepak bola profesional asal Korea Selatan. Tim ini dimiliki oleh perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai Heavy Industries. Mereka memasuki K League pada tahun 1984 sebagai Hyundai Horang-i. Rumah bagi tim ini adalah di Stadion Sepak Bola Ulsan Munsu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Final Liga Champion AFC 2012 di Stadion Sepak Bola Ulsan Munsu.

Ulsan Hyundai didirikan di Incheon, Gyeonggi pada tanggal 6 Desember 1983, sebagai Hyundai Football Club, dengan Horangi (Horangi berarti harimau) sebagai maskot mereka. Mereka memasuki liga pada tahun 1984 dan mencapai posisi ketiga pada akhir musim tersebut. Pada tahun 1986, tim ini mengembangkan waralaba mereka dari Incheon, Gyeonggi ke Gangwon. Tapi pada tahun 1987, tim ini hanya memiliki basis di Gangwon. Pada awal tahun 1990-an, tim ini pindah ke Ulsan, menjadi Ulsan Hyundai.

Tim ini menjadi juara liga pada tahun 1996, tetapi setelah itu tim ini memasuki masa tanpa prestasi yang cukup lama. Legenda sepak bola Korea Selatan, Cha Bum-keun mengelola tim ini dari tahun 1991 hingga tahun 1994.

Mereka meraih posisi sebagai juara kedua pada tahun 2002 dan 2003, dan mereka mulai muncul sebagai salah satu tim dengan kekuatan terkuat. Pada tahun 2005, mereka masuk ke dalam kualifikasi untuk pertandingan playoff. Pada semi-final playoff, mereka mengalahkan Seongnam Ilhwa 2–1, dan di final, mereka mengalahkan Incheon United dengan skor 6–3 agg, dengan hat-trick dari Lee Chun-Soo pada putaran pertama. Tim ini juga kemudian memenangkan A3 Champions Cup pada tahun 2006.

Pada tahun 2012, tim ini memenangkan kejuaan Liga Champion AFC dimana mereka mengalahkan tim Al-Ahli dengan skor 3-0 pada tanggal 10 November. Dalam perjalanan menuju final, Ulsan tidak terkalahkan pada semua pertandingan dari 12 pertandingan dan menang sembilan kali berturut-turut dengan mencetak 27 gol.[1]

Penyalur peralatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]