Ulrike Lunacek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ulrike Lunacek
MEP
Ulrike-Lunacek-2010.JPG
Anggota Parlemen Eropa
Mulai menjabat
1 Juli 2009
Daerah pemilihan Austria
Anggota Parlemen Eropa
Masa jabatan
3 Oktober 1999 – 1 Juli 2009
Daerah pemilihan Wina
Informasi pribadi
Lahir 26 Mei 1957 (umur 61)
Krems an der Donau, Austria
Partai politik  Austria
Partai Hijau Austria
 Uni Eropa
Partai Hijau Eropa
Alma mater Universitas Innsbruck
Situs web www.ulrike-lunacek.eu

Ulrike Lunacek (lahir 26 Mei 1957) adalah seorang politikus Austria dan anggota Parlemen Eropa dari Austria. Ia juga merupakan anggota Partai Hijau Austria yang juga adalah bagian dari Partai Hijau Eropa.

Ia menjabat sebagai Wakil Presiden Parlemen Eropa, anggota kelompok Hijau/EFA di Parlemen Eropa sejak tahun 2009, dan kepala delegasi Partai Hijau Austria di Parlemen Eropa. Ia juga pernah menjadi rapporteur Kosovo dan salah satu kepala kelompok Intergroup on LGBTI Rights serta anggota Committee on Foreign Affairs and Substitute di Committee on Civil Liberties, Justice and Home Affair.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Lunacek mengenyam pendidikan SMA di distrik kedua Wina dari tahun 1967 hingga 1975. Selain itu, ia pernah menghabiskan waktu selama satu tahun (1973-1974) di sebuah SMA di Boone, Iowa, Amerika Serikat. Pada tahun 1975, ia mulai belajar menjadi penerjemah Inggris dan Spanyol di Universitas Innsbruck dan lulus pada tahun 1983. Pada masa ini ia melakukan bakti sosial dan membantu mendirikan suaka perempuan di Innsbruck. Dari tahun 1984 hingga 1986, ia menjadi penasihat organisasi "Frauensolidarität" (Solidaritas di antara perempuan) di Wina. Kemudian Lunacek menjadi penyunting majalah "Südwind" dan petugas media massa di Österreichischen Informationsdienstes für Entwicklungspolitik (ÖIE). Selain itu, ia bekerja sebagai penerjemah dan jurnalis lepas.[1]

Pada tahun 1994, Lunacek menjadi perwakilan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di UN International Conference on Population and Development in Cairo dan setahun kemudian ia mengkoordinasi pekerjaan media semua LSM di Fourth World Conference on Women di Beijing.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Jerman) Halaman Ulrike Lunacek, http://www.ulrikelunacek.eu/index.php?id=34, diakses 24 Juni 2013

Pranala luar[sunting | sunting sumber]