Ulrich Thomsen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ulrich Thomsen

Ulrich Thomsen (lahir 6 Desember 1963) adalah seorang aktor Denmark.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ulrich Thomsen dilahirkan pada tahun 1963 di Naesby, pulau Funen, Denmark. Setelah menghabiskan beberapa tahun masa mudanya di USA,Ulrich kembali ke Denmark, dan mendapatkan peran di sebuah teater terbuka di Nyborg.

Setelah menamatkan pendidikan di Danish National School of Theatre and Contemporary Dance pada tahun 1993, Ulrich turut bermain dalam beberapa pementasan di teater-teater di Kopenhagen. Debut pertama Ulrich dalam film adalah kedia dia mendapatkan peran kecil sebagai tukang pukul dalam film horor Nattevagten – Nightwatch (en.). Setelah itu dia mendapatkan peran cukup berarti dalam film-film De største helte – The biggest heroes yang disutradarai oleh Thomas Vinterberg, Sekten – Credo

Dobrakan pertama Ulrich Thomsen adalah ketika ia bermain dalam film Festen – The Celebration(en.) pada tahun 1998, dimana ia dinominasikan dan memenangkan beberapa penghargaan nasional dan international untuk perannya dalam film tersebut. Festen adalah salah satu projek film pertama Thomas Vinterberg yang mengikuti asas-asas Dogmafilms / Film Dogma.

Ulrich Thomsen juga turut berperan dalam film petualangan James Bond: The world is not enough (1999) sebagai Sasha Davidof, serta turut bermain dalam film Inggris Killing Me Softly, yang memperkuat posisinya sebagai tidak hanya aktor di Denmark, tetapi juga aktor kelas Eropa.

Ulrich Thomsen yang lancar berbicara bahasa Denmark, bahasa Jerman dan bahasa Inggris menjadi salah satu aktor terkenal dalam dunia perfilman Denmark, dan turut bermain dalam film-film Denmark, Jerman, dan internasional.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

European Film Awards[sunting | sunting sumber]

  • 1998: masuk nominasi sebagai pemeran pria terbaik untuk perannya dalam film Festen / The Celebration
  • 2005: masuk nominasi sebagai pemeran pria terbaik untuk perannya dalam film Brødre / Brothers

Bodil[sunting | sunting sumber]

Robert[sunting | sunting sumber]

Penghargaan lainnya[sunting | sunting sumber]

Flaiano Film Festival

Indianapolis International Film Festival

Mexico City International Contemporary Film Festival

Rouen Nordic Film Festival

San Sebastián International Film Festival