Ulrich I dari Krain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ulric I (bahasa Jerman: Ulrich I.), juga Odalric atau Udalrich († 6 Maret 1070), Comte Weimar-Orlamünde, merupakan seorang markgraf Krain dari tahun 1045 dan Istria dari tahun 1060 sampai kematiannya.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ulric adalah putra Markgraf Poppo I dari Krain, yang menggantikannya setelah kematiannya sebelum tahun 1044, dan Hadamut, putri Comte Werigand dari Friuli dan Istria.

Ulric menikah dengan Zsófia, putri Raja Béla I dari Hongaria dan istri pertamanya, Rycheza, saudari adipati Polandia Kazimierz I Odnowiciel. Selain itu, disarankan agar dia adalah putri Béla dan istri keduanya, Tuta dari Formbach, dan dengan demikian saudari Raja László I dari Hongaria. Hipotesis alternatif lainnya membuatnya menjadi putri Tuta dan Raja Péter dari Hongaria, namun tampaknya sangat tidak mungkin. Zsófia telah bertunangan dengan Markgraf Wilhelm IV dari Weimar, namun pada saat kematiannya pada tahun 1062 menikahi keponakannya Ulric sebagai gantinya. Dia memberi suami pertamanya empat orang anak:

  • Poppo II († 1098), penggantinya sebagai Markgraf Krain, Markgraf Istria dari tahun 1096, menikahi Richgard, putri Comte Engelbert dari Sponheim
  • Ulric II († 1112), penerus saudaranya, menikahi Adelaide, putri Landgraf Ludwig der Springer dari Thüringen
  • Richgard, menikah dengan Comte Ekkehard I dari Scheyern atau saudaranya Comte Otto II
  • Adelaide, menikah pertama-tama dengan Friedrich, Vogt Regensburg, dan kedua Udalschalk, Comte di Lurngau

Pada tanggal 31 Juli 1064, Raja Heinrich IV dari Jerman menyumbangkan tanah di pago Histrie ... di comitatu Odalrici marchionis ("di negara bagian Istria ... di daerah Markgraf Ulric") untuk prefato Odalrico marchioni ("prefek Ulric, markgraf"). Sekali lagi pada tanggal 5 Maret 1067, Heinrich menyumbangkan tanah di pago Istria di marcha Odalrici marchionis ("di negara Istria pada bulan Maret Markgraf Ulric"), kali ini ke gereja Freising. Ulric tercatat sebagai Odalricus marchio Carentinorum ("Ulric, markgraf Kärnten") saat kematiannya. Seorang pendukung setia Kekaisaran Dinasti Sali dan didukung oleh saudara ipar Hongarianya, Ulric mampu memperbesar markgrafschaftnya sampai ke Fiume, melawan Patriarkat Aquileia dan Republik Venesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]