Ulil Abshar Abdalla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ulil Abshar Abdalla
UlilAbshar.jpg
Ulil Abshar Abdalla pada tahun 2011
Lahir11 Januari 1967 (umur 55)
Pati, Jawa Tengah, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Nama lainGus Ulil
OrganisasiNahdlatul Ulama
Dikenal atasTokoh Nahdlatul Ulama/Sufi
Partai politikPartai Demokrat (2010–2015)[1][2]
Orang tuaAbdullah Rifa'i (Ayah)
Ulil Abshar Abdalla, 2004

Ulil Abshar Abdalla (lahir 11 Januari 1967) adalah seorang tokoh Muslim Indonesia yang mengembangkan pemikiran tasawuf melalui pengajian virtual Kitab Ihya Ulumuddin melalui facebook pribadinya. Gus Ulil, sapaan akrabnya, menjabat Ketua Lakpesdam PBNU masa khidmah 2022-2027. Ia berasal dari keluarga Nahdlatul Ulama. Ayahnya, KH Abdullah Rifa'i dari pesantren Mansajul Ulum, Pati. Sedangkan mertuanya, KH. Mustofa Bisriatau Gus Mus (ayahanda Ienas Tsuroiya) berasal dari pesantren Raudlatut Talibin, Rembang.

Pendidikan

Ulil menyelesaikan pendidikan menengahnya di Madrasah Mathali'ul Falah, Kajen, Pati, Jawa Tengah yang diasuh oleh KH. M. Ahmad Sahal Mahfudz (wakil Rois Am PBNU periode 19941999). Pernah menjadisantri di pesantren Mansajul 'Ulum, Cebolek, Kajen, Pati. Dia mendapat gelar sarjananya di Fakultas Syariah LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab) Jakarta, dan pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara. Setelah menyelesaikan gelar masternya di bidang agama di Universitas Boston ia melanjutkan program doktoral di Universitas Harvard, AS.[3]

Keorganisasian

Ulil pernah menjadi Ketua Lakpesdam (Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Nahdlatul Ulama, Jakarta, sekaligus juga menjadi staf peneliti di Institut Studi Arus Informasi (ISAI), Jakarta, serta Direktur Program Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP). Ulil kini kembali menjadi Ketua Lakpesdam PBNU untuk masa khidmah 2022-2027.

Referensi

Pranala luar