Ular belang bata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ular belang bata
Cemophora Coccinea.jpg
Ular belang bata, Cemophora coccinea
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Subfilum: Vertebrata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Subordo: Serpentes
Famili: Colubridae
Subfamili: Colubrinae
Genus: Cemophora
E. D. Cope, 1860
Nama binomial
Cemophora coccinea
(Blumenbach, 1788)[1]

Ular belang bata atau bernama latin Cemophora coccinea, adalah sejenis ular kecil dari suku Colubridae. Ular ini adalah satu-satunya jenis dari marga Cemophora. Nama umumnya dalam bahasa Inggris adalah Scarlet snake atau red-banded racer. Dinamai demikian karena warna tubuhnya yang mudah dikenali, yakni warna dasar merah karat seperti warna batu bata dengan belang-belang hitam-putih-hitam. Selain ular belang bata, banyak jenis ular dari genus lain yang juga memiliki pola warna yang sama misalnya dari genus Lampropeltis sp. dan Erythrolamprus sp.. Warna tubuhnya belang "merah-hitam-putih-hitam-merah", "merah-hitam-kuning-hitam-merah", "merah-hitam-oranye-merah", dan/atau "merah-hitam-merah-hitam-merah". Ular-ular dengan pola belang-belang "tiga-warna" seperti ini hanya terdapat di Amerika.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Ular ini berukuran kecil, panjangnya sampai 67 cm. Berwarna belang merah-hitam-putih-hitam-merah melintang di punggung dan sisi badan hingga ekor. Belang berwarna merah paling lebar dan belang berwarna hitam paling sempit. Perut berwarna putih. Tubuh silindris dan sisik halus. Tidakberbisa dan tidak berbahaya. Orang awam sering keliru menganggap ular ini adalah ular karang berbisa karena pola warnanya hampir sama dengan ular karang.

Kebiasaan dan reproduksi[sunting | sunting sumber]

Ular dewasa

Tinggal di hutan terbuka. Aktif pada malam hari. Pada siang hari, ular ini bersembunyi di bawah batu atau di dasar pohon yang lebat. Mangsa ular ini adalah kadal kecil, binatang pengerat kecil (atau rodent dalam bahasa Inggris), telur, dan kemungkinan ular lain. Berkembang biak dengan bertelur hingga 8 butir.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Ular ini terdapat di Amerika Serikat bagian selatan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ITIS.gov
  2. ^ Indiana Legislative Services Agency (2011), "312 IAC 9-5-4: Endangered species of reptiles and amphibians", Indiana Administrative Code, diakses tanggal 28 Apr 2012 

Informasi lebih lanjut[sunting | sunting sumber]