Uesugi Mochinori

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Uesugi Mochinori
Uesugi Mochinori
ke-13 Tuan Yonezawa
Masa jabatan
1869–1871
Sebelum
Pengganti
tidak ada
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir15 April 1844
Jepang
Meninggal18 April 1919(1919-04-18) (umur 75)
Tokyo, Jepang
KebangsaanJepang
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Hakushaku Uesugi Mochinori (上杉 茂憲, April 15, 1844 – April 18, 1919) adalah seorang samurai Jepang dari Zaman Edo akhir yang menjabat sebagai daimyō terakhir han Yonezawa di Provinsi Dewa. Di Zaman Meiji ia menjadi seorang pejabat pemerintahan dan sempat menjabat gubernur Prefektur Okinawa sebentar.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Mochinori dilahirkan pada tahun 1844 sebagai seorang keturunan langsung dari Uesugi Kenshin yang terkenal. Ayah Mochinori, Narinori ikut serta dalam pergerakan domain-domain utara yang akhirnya memuncak dengan dibentuknya Ōuetsu Reppan Dōmei (Aliansi Utara) selama Perang Boshin . Setelah berakhirnya perang tersebut, Narinori dipaksa pensiun, lalu Mochinori menjadi tuan Yonezawa menggantikannya. Sebagai tindakan terakhirnya sebagai tuan, Mochinori membagikan koin emas berjumlah sekitar 100,000 ryō dari perbendaharaan domain kepada para pengikutnya.

Setelah perang tersebut, pada tahun 1871, ia pindah ke Tokyo, dan kemudian pergi ke Inggris untuk belajar. Kemudian, pada bulan Mei 1881, ia menjadi gubernur kedua Prefektur Okinawa. Setelah menjadi gubernur, ia berkeliling prefekturnya dan mengawasi survei kondisi dan gaya hidup masyarakat di kepulauannya. Dokumentasi hasil kegiatan tersebut masih ada sampai hari ini dan menjadi sumber sejarah berharga untuk memahami Okinawa di saat itu. Ia mempetisi Pemerintahan Meiji untuk memberikan izin dan membantu sejumlah reformasi, akan tetapi petisinya ditolak. Bagaimanapun juga, di bawah pemerintahan Mochinori, banyak sekolah dasar didirikan. Selain itu, sebuah sistem di mana pemerintah prefektur membiayai pelajar untuk bersekolah di Tokyo, dan juga menyediakan beragam program edukasi lain.[1]

Jabatannya sebagai gubernur Okinawa diganti pada tahun 1883, menjadi anggota Genrōin (Dewan Tetua di pemerintahan pusat Tokyo). Lalu pada tahun 1884 ia menjadi seorang bangsawan (伯爵 hakushaku). Pada penghujung hidupnya, ia menerima promosi menjadi bangsawan peringkat ke-2 (正二位 shō-ni-i). Masa jabatannya sebagai gubernur Okinawa pendek, maka konon kabarnya,[2] Tokyo tidak menyetujui seluruh program reformasinya di prefektur tersebut karena masih adanya persengketaan kekuasaan atas daerah kepulauan tersebut dengan China. Bahkan setelah meninggalkan jabatan tersebut, ia terus melakukan upaya meningkatkan kesejahteraan dan pendidikan pelajar dari Okinawa di Jepang.[3]

Mochinori pindah ke Yonezawa pada tahun 1896, dan meninggal di sana pada tahun 1919.

Kuninori Uesugi, seorang ahli astronomi di masa modern, adalah cicit dari Mochinori.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Uesugi Mochinori." Okinawa rekishi jinmei jiten (沖縄歴史人名事典, "Encyclopedia of People of Okinawan History"). Naha: Okinawa Bunka-sha, 1996. p13.
  2. ^ Kerr, George H. (2000). Okinawa: the History of an Island People. (revised ed.) Boston: Tuttle Publishing. pp399–400.
  3. ^ Kerr. p399.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • ---- (1996). Okinawa rekishi jinmei jiten (沖縄歴史人名事典, "Ensiklopedia Orang-orang dengan Riwayat Okinawa"). Naha: Okinawa Bunka-sha.
  • Kerr, George H. (2000). Okinawa: the History of an Island People. (revised ed.) Boston: Tuttle Publishing.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Asano Gengo 浅野源吾. Yonezawa-han shi 米沢藩史. Tokyo: Tōyō Shoin 東洋書院, Shōwa 50 (1975)
  • Yonezawa-han Boshin monjo 米澤藩戊辰文書. Diredaksi oleh Nihon Shiseki Kyōkai 日本史籍協會編. Tokyo: Tokyo Daigaku Shuppankai 東京大學出版會, Shōwa 42 (1967)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh

Uesugi Narinori
Daimyō Yonezawa ke-13

1869–1871
Digantikan oleh

tidak ada
Didahului oleh

Nabeshima Naoyoshi
Governor Okinawa ke-2

1881–1883
Digantikan oleh

Iwamura Michitoshi