Udo dari Limburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Waleran (atau Walram) I (meninggal 1082), disebut Udo, merupakan seorang Comte Arlon dari tahun 1052 dan Limburg dari tahun 1065. Ia merupakan putra Waleran, Comte Arlon. Ia juga merupakan Vogt di Biara Sint-Truiden.

Asal usul keluarganya kurang diketahui, ia tampaknya menjadi anggota cabang agunan Ardenne, kemudian memerintah di Kadipaten Lorraine. Ia mungkin saja berkaitan secara maternal dengan wangsa tersebut. Ibundanya mungkin adalah Adela, putri Adipati Dietrich I.

Ia mewarisi Arlon bersama saudaranya Foulques, yang meninggal pada tahun 1078, meninggalkannya sebagai comte tunggal. Udo menikahi Jutta, putri Friedrich dari Lorraine.[1] Pernikahan ini memberinya kadipaten Len (atau Lengau), sebuah distrik di sekitar Liège. Udo membangun sebuah kastil di wilayah barunya: Lenburg, dari mana Limburg. Udo mendirikan benteng ini sebagai tempat kedudukannya dan ia dikenal sebagai Comte pertama di Limburg. Putranya, Hendrik, mewarisi kadipatennya setelah kematiannya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Loud & Schenk 2017, hlm. xxix.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Loud, Graham A.; Schenk, Jochen, ed. (2017). The Origins of the German Principalities, 1100-1350: Essays by German Historians. Routledge. 
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
tidak ada
Comte Limburg
1065–1082
Diteruskan oleh:
Heinrich I