Ubaidillah bin Ziyad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ubaidillah bin Ziyad
Arab-Sasanian Dirham in the name of Ubayd Allah ibn Ziyad.jpg
Dirham peral dengan nama Ubaidillah
Gubernur Khurasan
Masa jabatan
673–676
PendahuluZiyad bin Abihi
PenggantiSaid bin Utsman
Gubernur Basra
Masa jabatan
674/75–684
PendahuluAbdullah bin Amru bin Ghailan
PenggantiAbdul Malik bin Abdullah bin 'Amir
Gubernur Kufah
Masa jabatan
679/680–683/684
PendahuluAn-Nu'man bin Basyir
Pengganti'Amir bin Mas'ud bin Umayyah al-Jumahi
Informasi pribadi
MeninggalAgustus 686
Orang tua
Karier militer
PihakKekhalifahan Umayyah (673–686)
Pertempuran/perang

ʿUbaidillāh bin Ziyād (bahasa Arab: عبيد الله بن زياد‎) adalah seorang gubernur Umayyah di Basra, Kufah dan Khurasan selama masa pemerintahan khalifah Muawiyah bin Abu Sufyan dan Yazid bin Muawiyah. Beberapa atribut Ibnu Ziad sinis untuk ibunya dan mengatakan "Ibn Marjaneh" yang mengacu pada dia bajingan.[1] Dia adalah salah satu kepribadian Syiah yang dibenci dan telah kutukan selama ziyarat Ashura.

Ia menjabat sebagai panglima tentara di bawah khalifah Marwan bin al-Hakam dan Abdul Malik bin Marwan. Ubaidillah dikenal karena perannya dalam pembunuhan anggota keluarga Ali bin Abi Thalib termasuk Husain bin Ali in Pertempuran Karbala.

Ia menggantikan ayahnya, Ziyad bin Abihi sebagai gubernur setelah kematiannya pada tahun 673. Selama pemerintahannya, Ubaidillah menekan pemberontakan Khawarij dan pendukung Ali. Dalam Pertempuran Karbala selanjutnya pada tahun 680, Husain bin Ali dan keluarganya dibunuh oleh pasukan Ubaidillah. Setelah kematian Yazid, Ibn Ziad mengklaim kekhalifahan dan memanggil orang-orang Basra dan Kufah untuk setia, Ubaidillah akhirnya diusir dari Irak oleh bangsawan suku Arab di tengah pemberontakan Abdullah bin Zubair.

Setelah itu, ia bertempur dalam Pertempuran Marj Rahith tahun 684 melawan suku-suku pro-Ibnu Zubair dan membantu membangun kembali pasukan Umayyah. Dengan pasukan ini dia berjuang melawan pemberontak suku Qais di al-Jazirah sebelum maju melawan pendukung Ali dan pendukung Ibnu Zubair di Irak. Namun, dia terbunuh dan pasukannya dikalahkan di Pertempuran Khazir oleh pasukan Ibrahim bin al-Asytar.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ziyad bin Abihi
Gubernur Khurasan
673–676
Diteruskan oleh:
Said bin Utsman
Didahului oleh:
Abdullah bin Amru bin Ghailan
Gubernur Basra
674/675–684
Diteruskan oleh:
Abdul Malik bin Abdullah bin 'Amir
Didahului oleh:
An-Nu'man bin Basyir
Gubernur Kufah
679/680–683/684
Diteruskan oleh:
'Amir bin Mas'ud bin Umayyah al-Jumahi
  1. ^ "نگاهی به زندگی عبیدالله بن زیاد بن ابیه، سردار مشهور امویان". web.archive.org. 2019-09-16. Diakses tanggal 2021-10-11.