Uap air

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Awan merupakan uap air yang terkondensasi

Uap air adalah gas yang terjadi dari proses pemanasan air (H2O). menjadi Uap air terpisahnya Hidrogen (H) dan Oksigen (O) pada ikatan molekul air, uap air mempunyai potensi kekuatan yang luar biasa yang bisa digunakan untuk menggerakkan turbin listrik PLTU, kereta uap, atau mesin uap. Uap air di alam bisa berupa awan atau kabut.

Uap air yang terjadi secara alami disebabkan oleh pemanasan Matahari dan oleh panas Bumi contoh pemanasan oleh Matahari dikenal pemanasan di lautan luas merupakan permukaan air yang sangat besar dan penguapannya banyak sekali sehingga bisa menyebabkan pengaruh musim kemarau atau musim hujan di suatu wilayah. Uap air bergerak ke arah wilayah yang lebih panas menyebabkan pergerakan uap air yang disebut angin. Pemanasan oleh panas Bumi contohnya di tempat sumber-sumber air panas.

Uap air jika berkumpul dengan kepadatan tertentu akan berupa awan tipis yang berangsur-angsur bisa menjadi lebih padat dan jika sudah benar-benar padat dan terkena udara dingin akan menjadi rintik-rintik hujan dan jika sinar Matahari tembus dan dapat kita lihat uap air yang berubah menjadi titik-titik hujan itu akan membiaskan sinar Matahari berupa Pelangi yang terkenal dengan warna Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U, jika sudah sangat banyak titik-titik air yang berasal dari uap air akan berubah menjadi hujan lebat kembali menjadi bentuk air (H2O).