USS Gyatt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


USS Gyatt (DD-712 / DDG-1) adalah salah satu kapal perusak kelas Gearing milik Angkatan Laut Amerika Serikat yang dinamai dari seorang prajurit Korps Marinir Amerika Serikat bernama Edward E. Gyatt. Gyatt sendiri adalah anggota Marinir Penyerang dalam Pertempuran Guadalkanal. Sebagai bagian dari pasukan garis depan, ia terus bertahan sampai tewas terkena granat musuh.

Kapal Gyatt dibangun oleh Federal Shipbuilding and Drydock Company di Kearny, New Jersey dan disponsori oleh Nyonya Hilda Morrell, ibunya Gyatt.

Kapal ini tidak sempat mencicipi pertempuran di Perang Dunia II karena terlambat dibangun. Area aktif utamanya adalah di Samudra Atlantik selama bertugas. Setelah dia dimodifikasi pada tahun 1955, dia menjadi kapal perusak berpeluru kendali pertama di dunia. Sebuah peluncur rudal anti pesawat berlaras ganda dipasang bersama dengan meriam 76mm dan torpedo anti-kapal selam. Angkatan Laut Amerika Serikat melukis nomor DDG-1 di lambung kapalnya untuk menunjukkan status barunya pada tahun 1957. Kapal perang ini akhirnya pensiun pada tahun 1968.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Artikel ini mengandung teks dari Dictionary of American Naval Fighting Ships yang berstatus domain umum. Entrinya bisa ditemukan di sini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Kapal perusak kelas Gearing Koordinat: 40°43′12″N 74°06′22″W / 40.7201°N 74.1060°W / 40.7201; -74.1060