Two Women

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Two Women
TwoWomenPoster.jpg
SutradaraVittorio De Sica
ProduserCarlo Ponti
PenulisVittorio De Sica
Cesare Zavattini
Alberto Moravia (novel)
PemeranSophia Loren
Jean-Paul Belmondo
Eleonora Brown
Carlo Ninchi
MusikArmando Trovajoli
SinematografiGábor Pogány
DistributorTitanus Distribuzione
Tanggal rilis
  • 22 Desember 1960 (1960-12-22)
Durasi
100 menit
NegaraItalia
BahasaItalia
Jerman
Pendapatan kotor2,024,049 admisi (Prancis)[1]

Two Women (bahasa Italia: La ciociara, yang diterjemahkan menjadi "[Seorang Wanita] dari Ciociaria") adalah sebuah film Italia 1960 yang disutradarai oleh Vittorio De Sica. Film tersebut mengisahkan tentang cerita seorang wanita yang berusaha untuk melindungi putrinya dari seramnya perang. Film tersebut dibintangi oleh Sophia Loren, Jean-Paul Belmondo, Eleonora Brown, Carlo Ninchi dan Andrea Checchi. Film tersebut diadaptasi oleh De Sica dan Cesare Zavattini dari novel dengan nama yang sama yang ditulis oleh Alberto Moravia. Cerita tersebut fiksi, tetapi berdasarkan pada kisah-kisah nyata yang terjadi pada orang-orang yang disebut sebagai Marocchinate [1].

Alur[sunting | sunting sumber]

Cerita tersebut berkisah tentang Cesira (Loren), seorang penjaga toko asal Roma yang menjanda, dan Rosetta (Brown), putrinya yang berusia dua belas tahun yang taat beragama, saat Perang Dunia II. Untuk melarikan diri dari serangan bom Sekutu di Roma, Cesira dan putrinya pergi ke selatan Lazio karena ia berasal dari Ciociaria, sebuah pedesaan yang berada di provinsi pegunungan di bagian tengah Italia.

Setelah mereka datang ke Ciociaria, Cesira disambut oleh seorang intelektual lokal muda serta simpatisan komunis yang bernama Michele (Jean-Paul Belmondo). Rosetta memandang Michele sebagai figur ayah dan menjalin hubungan yang kuat dengannya. Namun, Michele kemudian ditangkap oleh para prajurit Jerman, yang berharap agar dapat menggunakannya sebagai pemandu.

Cesira memutuskan untuk kembali ke Roma ketika pasukan Sekutu mengakhiri pendudukan Jerman. Pada saat perjalanan menuju rumah, Cesira dan Rosetta diperkosa secara berkelompok di dalam sebuah gereja oleh sekelompok Goumier -- para prajurit Maroko dari Tentara Prancis. Rosetta menjadi trauma

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Film tersebut memenangkan Academy Award untuk Aktris Terbaik untuk Sophia Loren, karena sebagian besar dipromosikan oleh distributor Amerika Utara-nya, Joseph E. Levine. Peristiwa tersebut merujukan pertama kalinya sebuah penghargaan Oscar untuk kategori akting diberikan untuk penampilan non-bahasa Inggris. Loren juga memenangkan penghargaan untuk Aktris Terbaik di Festival Film Cannes 1961.[2] Loren memenangkan 22 penghargaan internasional untuk Two Women.

Pembuatan ulang[sunting | sunting sumber]

La Ciociara dibuat ulang untuk televisi pada 1988. Film pembuatan ulang tersebut diadaptasi oleh Diana Gould, Lidia Ravera, Dino Risi dan Bernardino Zapponi. Film pembuatan ulang tersebut disutradarai oleh Risi dan dibintangi oleh Loren, Robert Loggia, Leonardo Ferrantini, Dario Ghirardi dan Sydney Penny.

Serba-serbi[sunting | sunting sumber]

Awalnya Anna Magnani diminta untuk memerankan peran ibu, dengan Sophia Loren sebagai putrinya, tetapi perannya kemudian dibalik. Loren kemudian setuju untuk memerankan peran ibu. Ia berusia 26 tahun ketika Eleonora Brown memerankan peran putrinya yang berusia 12 tahun.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Box office information for Jean Paul Belmondo films di Box Office Story
  2. ^ "Festival de Cannes: Two Women". festival-cannes.com. Diakses tanggal 2009-02-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]