Tusoteuthis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tusoteuthis
Rentang fosil: Santonian–Campanian
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Teudopseina
Superfamili:
†Muensterelloidea[1]
Famili:
Enchoteuthididae
Larson, 2010[2]
Genus:
Tusoteuthis
Logan, 1898
Spesies tipe
Tusoteuthis longa
Logan, 1898
Sinonim
  • Tusoteuthis cobbani?
    Larson, 2010
  • Niobrarateuthis bonneri?
    Miller, 1957
  • Niobrarateuthis walkeri?
    Green, 1977
  • Enchoteuthis melanae?
    Miller & Walker, 1968
  • Kansasteuthis lindneri?
    Miller & Walker, 1968

Tusoteuthis adalah sejenis cumi-cumi purba yang hidup pada akhir Periode Kapur di Amerika Utara, sekitar 85–70 juta tahun lalu.Tusoteuthis diperkirakan mampu mencapai panjang hingga 11 meter, membuatnya menjadi salah satu jenis Sefalopoda terbesar yang hidup pada masa Mesozoikum, bersama dengan Yezoteuthis dari Jepang.Walaupun begitu, satu-satunya bagian tubuh Tusoteuthis yang diketahui memfosil hanyalah bagian gladius (cangkang bagian dalam dari Sefalopoda). Bagian tubuh yang lain tidak ikut memfosil disebabkan karena bagian-bagian tersebut sangat lunak, baik tentakel atau kepalanya.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Penelitian awal pada gladius Tusoteuthis menyimpulkan bahwa bentuk gladiusnya menyerupai gladius Architeuthis (cumi-cumi raksasa modern), sehingga Tusoteuthis juga dipercaya memiliki tampang yang mirip dengan Architeuthis modern. Namun, setelah dilakukan sebuah penelitian lagi, ternyata kesimpulan tersebut diragukan. Penelitian terbaru menyimpulkan bahwa gladius Tusoteuthis ternyata lebih mirip dengan gladius pada Vampyroteuthis (cumi-cumi vampir modern), sehingga Tusoteuthis seharusnya memiliki tampang yang lebih mirip dengan cumi-cumi vampir dan dengan ukuran yang lebih kecil (sekitar 6 meter).

Gaya hidup[sunting | sunting sumber]

Tusoteuthis hidup di lingkungan laut dalam di daerah Kansas (lebih dikenal dengan sebutan Western Interior Seaway) di mana ia memangsa hewan lain yang lebih kecil seperti ikan, sefalopoda lain (ammonit, bellemnit), bahkan reptil laut kecil. Namun, lautan Kansas juga dihuni oleh banyak predator yang lebih besar dari Tusoteuthis, seperti kadal laut raksasa (Mosasaurus, Tylosaurus), Plesiosauria (Elasmosaurus), hiu raksasa (Cretoxyrhina, Squalicorax), dan ikan bertulang keras (Xiphactinus). Sangat mungkin bahwa cumi-cumi besar ini termasuk dalam daftar menu para monster laut tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya fosil seekor ikan pemangsa besar (Cimolichthys nepaholica) yang ditemukan dalam keadaan sedang memangsa sebuah gladius milik sejenis cumi-cumi besar, dan sangat mungkin bahwa gladius tersebut adalah milik Tusoteuthis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fuchs, D.; Schweigert, G. (2018). "First Middle–Late Jurassic gladius vestiges provide new evidence on the detailed origin of incirrate and cirrate octopuses (Coleoidea)". PalZ. 92: 203–217. doi:10.1007/s12542-017-0399-8. 
  2. ^ Larson, N.L. (2010). "Fossil coleoids from the Late Cretaceous (Campanian & Maastrichtian) of the Western Interior". Ferrantia. 59: 78–113. 
  • Eyden, Phil (January 2006). "Tusoteuthis and the Cretaceous Giant Squids". Tonmo.com. Retrieved 16 April 2013.
  • Everhart, Mike (2007). Sea Monsters: Prehistoric Creatures of the Deep. Washington, D.C.: National Geographic. p. 92. ISBN 1-4262-0085-4.