Turbo (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Turbo
터보
Dari kiri ke kanan: Kim Jung-nam, Kim Jong-kook, Mikey, KCON LA 2016.
Dari kiri ke kanan: Kim Jung-nam, Kim Jong-kook, Mikey, KCON LA 2016.
Informasi latar belakang
AsalSeoul, Korea Selatan
Genre
Tahun aktif1995–2000
2015–sekarang
LabelGM Agency (1995–2000)
The Turbo Co. (2015–sekarang)
AnggotaKim Jung-nam
Kim Jong-kook
Mikey

Turbo (bahasa Korea: 터보) adalah sebuah kumpulan duo dari Korea Selatan yang populer pada pertengahan hingga akhir 1990-an. Duo ini awalnya beranggotakan Kim Jong-kook dan Kim Jung-nam. Di awal tahun 1997, Kim Jung-nam meninggalkan grup ini dan Kim Jong-kook kemudian melanjutkan promosinya dengan anggota baru Mikey. Mereka menjadi salah satu grup musik yang sangat populer di industri hiburan Korea selama tahun-tahun aktif mereka pada 1995 hingga 2000 serta berhasil menjual jutaan album dan rekaman di Asia secara keseluruhan.

Pada tahun 2015, Turbo kembali membuat penampilannya kembali sebagai trio setelah 15 tahun berpisah, dengan album bertajuk "Again". Lagu dengan judul yang sama dengan album tersebut berhasil memuncaki peringkat tangga lagu di Korea Selatan.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal pembentukan[sunting | sunting sumber]

Turbo dibentuk pada Oktober 1994 untuk berkompetisi dengan grup tari yang populer saat itu, Deux. Mantan DJ Kim Jung Nam bertanggung jawab terhadap bagian rap dan koreografi sementara Kim Jong-kook, mantan vokalis band di sekolah menengah atas, mengurusi bagian vokal. Perpaduan ini terbukti sangat serasi, karena nama Turbo kemudian menjadi berpadu dengan musik tari.

Mereka meluncurkan album pertama mereka pada bulan Agustus 1995, berjudul "280 km/h speed". Tampil dengan nama grup dan judul album mereka, Turbo mengambil dunia tarian dengan cepat yang memulai debutnya dengan lagu "나 어릴적 꿈" (My Childhood Dream). Kematian yang terlalu dini dari anggota Deux Kim Sung Jae yang terjadi satu bulan setelah debut Turbo, membuat Turbo menjadi pewaris bagi raja tarian korea. Dilanjutkan dengan lagu-lagu berikutnya seperti "검은 고양이" (Black Cat) dan "선택" (Choices), Turbo diberi label sebagai "anak-anak menakutkan (yang menampilkan) musik tari" karena popularitasnya meningkat begitu cepat.

Baru setahun setelah debut mereka, Turbo kembali dengan album kedua mereka, "New Sensation". Menegaskan kembali popularitas mereka, album ini terjual 800,000 kopi dalam dua bulan pertama mereka. Setelah "Twist King", Turbo tampil dengan lagu bertajuk "Love Is...(3+3=0)" dan "어느 재즈 바... (At the Jazz Bar...)". Pada akhir promosi album kedua mereka, Turbo benar-benar bercokol sebagai grup musik tari utama di Korea.

Status ini namun tidak bertahan lama, dikarenakan Turbo bubar beberapa bulan kemudian. Mengutip masalah dengan manajemen mereka, Turbo pergi menjauh dari publik. Persembunyian mereka sangat efektif sehingga polisi dibawa untuk menyelidiki keberadaan mereka. Akhirnya, karena permintaan publik untuk Turbo kembali, separuh dari Turbo kembali. Kim Jung Nam, yang tidak mampu mendamaikan perbedaannya dengan manajemen, meninggalkan grup tersebut. Ia kemudian bergabung dengan grup beranggotakan 5 orang SNAP pada tahun 1999. Hal ini membuat Kim Jong-kook kemudian mencari rekan barunya untuk duo ini.

1997-2000[sunting | sunting sumber]

Rekan barunya untuk duo ini ditemukan dalam seorang penduduk California Mikey. Berimigrasi ke Amerika pada usia 6 tahun, ia memiliki mimpi untuk menjadi seorang penyanyi sejak menonton video dari grup populer Seo Taiji and Boys. Pada bulan Mei 1997, dengan tujuan menjadi penyanyi tersebut, Mikey kembali ke Korea Selatan. Baru dua bulan kemudian dia mengikuti audisi untuk Turbo di antara 3,500 calon pelamar lainnya yang mengikuti audisi tersebut. Mikey bersinar dalam keterampilan rapnya serta kemampuannya untuk berbicara Bahasa Inggris, membuatnya mendapatkan tempat dalam grup ini.

Bangkit kembali dengan anggota baru Mikey, Turbo kembali pada Oktober 1997 dengan album mereka yang ketiga bertajuk "Born Again...". Menampilkan "회상" (Reminiscence/December), "금지된 장난 (Forbidden Games)" dan "Goodbye Yesterday", mereka mengambil kembali gelar musik tari yang sempat lepas. "Reminiscence" ditulis oleh Yoon Il-sang dan terjual hingga 1,200,000 kopi.[1] Selama masa-masa ini, Turbo ditawari untuk menyanyi duet dengan penyanyi dan bintang film Amerika Will Smith. Smith, yang baru saja meluncurkan singel keempatnya "Just the Two of Us" (lagu Bill Withers) mengatakan bahwa ia ingin membuat lagu tersebut dalam versi Asia. Setelah meninjau penyanyi dari Asia, ia memilih Turbo karena kemampuan musiknya serta gaya unik mereka.

Sambil mempersiapkan album ke-4 mereka, Kim Jong-kook melukai pinggulnya, menghambat rilis album mereka tersebut. Akhirnya dirilis pada Oktober 1998, bertajuk "Perfect Love", Turbo mencoba berbagai jenis musik, termasuk Latin, Techno, R&B, Hip Hop dan Balada. Salah satu lagu grup ini yang bertajuk "애인 이 생겼 어요" (I Got a Girlfriend) digambarkan sebagai perubahan baru dan lucu pada Turbo. Dilajutkan dengan lagu Turbo yang lebih tradisional "X: The Greatest Love", Turbo menunjukkan bahwa mereka masih kuat, terpilih sebagai salah satu artis terbaik pada tahun 1998.

Pembubaran[sunting | sunting sumber]

Kim Jong-kook pada tahun 2008

Setelah merilis album ke-5, Kim Jong Kook meninggalkan manajemen karena kontraknya telah kedaluwarsa. Kim Jong Kook kemudian mengejar karier solonya. Mikey, dengan visa yang telah berakhir masa berlakunya, juga kembali ke New York City untuk belajar musik di bawah arahan Paul Bay. Untuk mengakhiri karier panjang mereka, Turbo merilis satu album terakhir berjudul "History" untuk menapak tilas kembali semua lagu hit mereka dari album sebelumnya dan termasuk 3 lagu baru mereka. Sebuah video musik bagi "History" juga dirilis, menampilkan model transgender dan penyanyi Harisu.

Di tengah semua pasang surut yang dihadapi Turbo dalam karier dan perpisahan prematur mereka, mereka selalu menjadi yang terpopuler. Mengaitkan hal ini dengan popularitas mereka adalah kenyataan bahwa setiap album Turbo telah berhasil terjual hinggalebih dari satu juta kopi. Kim Jong Kook juga memiliki kesuksesan solo yang besar, berhasil merilis 7 album dan memenangkan banyak penghargaan, termasuk semua dari 3 penghargaan artis terbaik pada tahun 2005, sebuah prestasi yang belum pernah didapatkan oleh artis Korea manapun sejak Cho Yong-pil mencetak rekor tersebut pada tahun 1980-an. Mikey kemudian menjadi bagian dari kelompok K-pop M3.

Di panggung KCON LA 2016, 30 Juli.

Penampilan kembali[sunting | sunting sumber]

Untuk merayakan peringatan 20 tahun grup musik ini, semua anggota grup musik ini bersatu kembali untuk pertama kali setelah hampir 15 tahun berpisah. Grup ini kembali ke layar musik dengan album comebacknya pada 21 Desember 2015. Tidak seperti album-album sebelumnya, ketiga anggota grup ini tampil pada album ke-6.

Anggota[sunting | sunting sumber]

  • Kim Jung-nam (김정남) - 1995-1997, 2015–sekarang
  • Kim Jong-kook (김종국) - 1995-2000, 2015–sekarang
  • Mikey (Jo Myung-ik) (마이키 (조명익)) - 1997-2000, 2015–sekarang

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album grup (Turbo)[sunting | sunting sumber]

Tahun Informasi album Daftar lagu
1995 280 km/h Speed
  • Rilis: 6 September 1995
  • Label:
  • Bahasa: Korea
Daftar lagu
  1. Turbo's Theme
  2. 나 어릴적 꿈 (Do You Wanna Funk Intro 삽입)
  3. 소유할 수 없는 사랑
  4. 검은 고양이
  5. 초상화
  6. 죄와 벌
  7. 선택
  8. 잿빛하루
  9. 떠나가는 너
  10. 나의 일기
  11. 나 어릴적 꿈 (Acid House Mix)
  12. 나 어릴적 꿈 (Techno Mix)
  13. 검은 고양이 (X-Mas Mix)
  14. 두 아빠 (MBC-TV 홈드라마 주제곡)
  15. 나 어릴적 꿈 (Instrumental)
  16. 죄와 벌 (Instrumental)
1996 New Sensation
  • Rilis: 14 Agustus 1996
  • Label:
  • Bahasa: Korea
  • Penjualan: 800,000+
Daftar lagu
  1. Prologue
  2. Love Is...
  3. 노스트라다무스 (사랑의 예언)
  4. Twist King (Ventures-Wipeout 삽입)
  5. 어느 째즈바... (A Jazz Bar)
  6. 바람의 철학 (바라부는 날)
  7. 우리들의 천국
  8. 개구장이 (Techno Mix)
  9. 평화로운 세상
  10. 하늘만큼 땅만큼...
  11. 상처
  12. 변심
  13. 지난 겨울
  14. 생일 축하곡 (Acid House Mix)
  15. Love is... (Instrumental)
  16. 어느 째즈바... ((A Jazz Bar) Instrumental)
  17. Twist King (Instrumental)
X-Mas Dance Party Mix with Turbo
  • Rilis: 29 November 1996
  • Label:
  • Bahasa: Korea
Daftar lagu
  1. X-Mas Dance Party (DJ Mega Mix)
  2. 고요한 밤, 거룩한 밤 (Gangsta’s Mix)
  3. Last Christmas (Pop Dance)
  4. 검은 고양이 (X-Mas Mix)
  5. Count Down & Happy New Year
  6. 스키장에서 (White Love)
  7. Old Rang Sign
  8. X-Mas Dance Party (Radio Version)
  9. Happy New Year (Acid House)
  10. 고요한 밤, 거룩한 밤 (Instrumental)
  11. 스키장에서 (White Love (Instrumental))
1997 Turbo Summer Remix
  • Rilis: 24 Juni 1997
  • Label:
  • Bahasa: Korea
Daftar lagu
  1. Prologue (In The Beach)
  2. Non-Stop Summer DJ Mega Mix
  3. 초상화
  4. Trot House (찬찬찬,얄미운사랑,남행열차)
  5. 어느째즈바 (Midnight Version)
  6. 죄와벌 (Acid House Version)
  7. 스키장에서 ((White Love) Enore Version)
  8. 어느째즈바 (Instrumental)
  9. 죄와벌 (Instrumental)
Born Again
  • Rilis: 22 Oktober 1997
  • Label:
  • Bahasa: Korea
  • Penjualan: 1,400,000+
Daftar lagu
  1. Prologue
  2. 금지된 장난 (Forbidden Game)
  3. 회상 (December) (Recollection)
  4. Good-Bye Yesterday
  5. 어긋난 사랑 (Crossed Love)
  6. Always
  7. 오버센스 (Over Sense)
  8. 러브송 (Love Song)
  9. Only Seventeen
  10. 졸업 (Graduation)
  11. 추억 만들기 (Making Memories)
  12. 단념 (Abandonment)
  13. 나폴레옹 (Napo leon)
  14. 겨울 나그네 (Winter Stranger)
  15. 후회없는 사랑 (Unregretful Love)
  16. Happy Birthday To You
1998 Perfect Love
  • Rilis: 17 Oktober 1998
  • Label:
  • Bahasa: Korea
Daftar lagu
  1. Prologue
  2. X (The Greatest Love)
  3. 결투 (Western House)
  4. 애인이 생겼어요
  5. 기도 (Endless Love)
  6. 허니문 (Honeymoon)
  7. 다가갈 수 없는 너
  8. California
  9. 첫사랑 (Crazy Love)
  10. 거짓말
  11. 후회
  12. Love Forever
  13. 오해
  14. White Love (스키장에서)
  15. 또 만나요 (See You Again)
1999 Millennium Turbo Dance Megamix
  • Rilis: 15 Juli 1999
  • Label:
  • Language: Korean
Daftar lagu
  1. 허니문 (Techno Mix)
  2. Intro
  3. 회상
  4. Love is...
  5. 선택
  6. 바람의 철학
  7. 하늘만큼 땅만큼
  8. 잿빛하루
  9. 추억만들기
  10. 금지된 장난
  11. 우리들의 천국
  12. Good-Bye Yesterday
  13. 상처
  14. Only Seventeen
  15. 나 어릴적 꿈
  16. 후회없는 사랑
  17. 노스트라 다무스
  18. 오버센스
  19. Twist King
  20. Ending
2000 E-Mail My Heart
  • Rilis: 27 Januari 2000
  • Label:
  • Bahasa: Korea
Daftar lagu
  1. Prologue
  2. D.D.R.
  3. Cyber Lover
  4. Paradoxx
  5. Tonight
  6. 왜 몰라
  7. Secret
  8. Please
  9. Why?
  10. Knife
  11. Behind Story
  12. My Life
  13. Stay
  14. Easy Love
  15. 내사랑 내곁에
  16. Memories
2001 History
  • Rilis: 19 Juni 2001
  • Label:
  • Bahasa: Korea
Daftar lagu
  1. Intro
  2. Love Is
  3. White Wedding
  4. 검은고양이
  5. 금지된 장난
  6. 선택
  7. 후회없는 사랑
  8. Rumors
  9. X (The Greatest Love)
  10. Paradoxx
  11. Mono Drama
  12. 노스트라다무스
  13. 나 어릴적 꿈
  14. 상처
  15. Cyber Lover
  16. 애인이 생겼어요
  17. Good-Bye Yesterday
  18. Twist King
2015 Again
  • Rilis: 21 Desember 2015
  • Label:
  • Bahasa: Korea
Daftar lagu
  1. Intro
  2. 다시 (feat. 유재석) *Title
  3. 숨바꼭질 *Title
  4. 댄싱퀸 (Prod. by 주영훈)
  5. 잘 지내 (feat. 박정현)
  6. ..is love
  7. 나비효과
  8. 하얀거리 (Prod. by 윤일상)
  9. 어느 째즈바 2015
  10. 악몽
  11. skit
  12. 가요 톱 10 (feat. 이하늘, 지누, 이상민)
  13. 행복했음 좋겠다 (feat. San E)
  14. 우리 (feat. 케이윌, 제시)
  15. Sunshine (feat. 소야)
  16. Happy Birthday To You (Bagagee Viphex13 Remix)
  17. 다시 (feat. 유재석) (Chinese ver.) (Hanya CD)
  18. 다시 (inst.)
  19. 숨바꼭질 (inst.)
Judul Detail album Posisi
puncak peringkat
Penjualan
KOR
[2]
280 km/h Speed
New Sensation
  • Rilis: 14 Agustus 1996
  • Label: GM Agency, Doremi Media
  • Format: CD, kaset, unduhan digital
  • KOR: 800,000+
Born Again
  • Rilis: 22 Oktober 1997
  • Label: GM Agency, Doremi Media
  • Format: CD, kaset, unduhan digital
  • KOR: 1,400,000+
Perfect Love
  • Rilis: 17 Oktober 1998
  • Label: GM Agency, Doremi Media
  • Format: CD, kaset, unduhan digital
  • KOR: 562,478+[3]
E-Mail My Heart
  • Rilis: 26 Januari 2000
  • Label: GM Agency, Doremi Media
  • Format: CD, kaset, unduhan digital
  • KOR: 595,401+[4]
Again 3
  • KOR: 12,543+[5]

Album kompilasi[sunting | sunting sumber]

Judul Detail album Posisi
puncak peringkat
KOR
[2]
History
  • Rilis: 19 Juni 2000
  • Label: GM Agency, Doremi Media
  • Format: CD, kaset, unduhan digital

Album remiks[sunting | sunting sumber]

Judul Detail album Posisi
puncak peringkat
KOR
[2]
X-Mas Dance Party Mix with Turbo
  • Rilis: 29 November 1996
  • Label: GM Agency, Doremi Media
  • Format: CD, kaset, unduhan digital
Turbo Summer Remix
  • Rilis: 24 Juni 1997
  • Label: GM Agency, Doremi Media
  • Format: CD, kaset, unduhan digital
Millennium Turbo Dance Megamix
  • Rilis: 15 Juli 1998
  • Label: GM Agency, Doremi Media
  • Format: CD, kaset, unduhan digital

Singel[sunting | sunting sumber]

Judul Tahun Posisi puncak peringkat Penjualan Album
KOR
[6]
Bahasa Korea
"Again (Feat. Yoo Jae-suk)" 2015 1
  • KOR: 454,398+
AGAIN

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya yang dinominasikan Hasil
1996
Sports Seoul Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) Album ke-2 Turbo Menang
SBS Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) N/A Menang
KBS Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) N/A Menang
MBC Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) N/A Menang
Golden Disk Awards
BonSang Award (Penghargaan Utama) Album ke-2 Turbo: Twist King Menang
1997
Golden Disk Awards
BonSang Award (Penghargaan Utama) Album ke-3 Turbo: Goodbye Yesterday Menang
SBS Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) N/A Menang
KBS Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) Album ke-3 Turbo: Born Again Menang
MBC Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) N/A Menang
1998
SBS Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) Album ke-4 Turbo: Perfect Love Menang
KBS Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) N/A Menang
MBC Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) N/A Menang
2000
Golden Disk Awards
BonSang Award (Penghargaan Utama) Album ke-5 Turbo: E-mail My Heart Menang
SBS Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) Album ke-5 Turbo: E-mail My Heart Menang
KBS Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) N/A Menang
MBC Music Award
BonSang Award (Penghargaan Utama) N/A Menang
Tahun Penghargaan
1995–2000
  • 1996 Sports Seoul Music Award - Bon Sang (Album ke-2)
  • 1996 《SBS Music Award》- Bon Sang
  • 1996 《KBS Music Award》- Bon Sang
  • 1996 《MBC Music Award》- Bon Sang
  • 1996 Golden Disk Awards - Bon Sang (Album ke-2: Twist King)
  • 1997 Golden Disk Awards - Bon Sang (Album ke-3: Goodbye Yesterday)
  • 1997 《SBS Music Award》- Bon Sang
  • 1997 《KBS Music Award》- Bon Sang (Album ke-3: Born Again)
  • 1997 《MBC Music Award》- Bon Sang
  • 1998 Golden Disk Awards - Bon Sang (Album ke-4: Perfect Love)
  • 1998 《KBS Music Award》- Bon Sang
  • 1998 《MBC Music Award》- Bon Sang
  • 2000 Golden Disk Awards - Bon Sang (Album ke-5: E-Mail My Heart)
  • 2000 《SBS Music Award》 - Bon Sang (Album ke-5: E-Mail My Heart)
  • 2000 《KBS Music Award》 - Bon Sang
  • 2000 《MBC Music Award》 - Bon Sang
  • KBS 가요대상 (KBS Music Awards) 대상 (Artis Terbaik)
  • SBS 가요대전 (SBS Music Awards) 대상 (Artis Terbaik)
  • MBC 가요대전 (MBC Music Awards) 대상 (Artis Terbaik)
  • Seoul Music Awards

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Yoon Il-sang launches digital singles". Joongang Daily. 18 Januari 2012. Diakses tanggal 26 Juni 2012. 
  2. ^ a b c "Gaon Album Chart". Gaon Chart (dalam bahasa Bahasa Korea). Korea Music Content Industry Association. Diakses tanggal 5 Februari 2015. 
  3. ^ 1999.01월 - 가요 음반 판매량 [Penjualan Album Januari 1999]. Music Industry Association of Korea. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 18, 2007. Diakses tanggal 5 Februari 2015. 
  4. ^ 2000년 가요 판매량 순위집계. Music Industry Association of Korea. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2008. Diakses tanggal 5 Februari 2015. 
  5. ^ Total penjualan album Again:
  6. ^ (Korea) Gaon Digital Singles Chart & Gaon Album Chart. Gaon Music Chart.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]