Tumpangan air

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tumpangan air
Peperomia pellucida.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Magnoliids
Ordo: Piperales
Famili: Piperaceae
Genus: Peperomia
Spesies: P. pellucida
Nama binomial
Peperomia pellucida
L.
Sinonim

Peperomia exigua
Peperomia translucens
Piper pellicudum L.

Tumpangan air (Peperomia pellucida) adalah terna kecil semusim dan berakar dangkal yang mudah ditemukan tumbuh liar di tepi saluran air atau pematang dan taman. Ukurannya 15 sampai 45 cm. Batangnya sukulen (berair), cerah, berdaging, demikian pula daunnya yang agak tebal tapi lunak.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Tumbuhan yang tumbuh sepanjang waktu di bagian agak teduh dan lembap. Ia dikenal di Asia dan Amerika. Tumbuhan ini sangat mudah tumbuh dan menghasilkan banyak biji.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Seluruh bagiannya dapat dimakan, tetapi kebanyakan dikenal dari manfaat pengobatannya.

Efek farmakologinya adalah sebagai analgesik (pengurang rasa sakit) dan antiradang (antiinflammatory), diduga terkait dengan efeknya pada sintesis prostaglandin pada tubuh manusia[1].

Ia diketahui pula memiliki efek antibiotik spektrum luas, ditunjukkan pada pengaruhnya dalam menekan Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Pseudomonas aeruginosa, and Escherichia coli[2]. Ekstrak daun keringnya dalam kloroform diketahui menghambat fungi Trichophyton mentagrophytes.[3].

Dalam pengobatan tradisional, tumpangan air dikenal sebagai bagian dalam pengobatan sakit perut, bengkak, jerawat, kolik, pegal-pegal, sakit kepala, gangguan kemih, dan sakit sendi karena reumatik.[4][5].


Di Asia Tenggara, seduhan tumbuhan ini dipakai untuk mengurangi asam urat dan mengobati gangguan kemih. Ia juga digunakan sebagai pembalur untuk jerawat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Aziba PI , Adedeji A , Ekor M , Adeyemi O . Analgesic activity of Peperomia pellucida aerial parts in mice . Fitoterapia. 2001;72:57-58.
  2. ^ Bojo AC , Albano-Garcia E , Pocsidio GN . The antibacterial activity of Peperomia pellucida (L.) HBK (Piperaceae) . Asia Life Sci . 1994;3:35-44.
  3. ^ Ragasa CY , Dumato M , Rideout JA . Antifungal compounds from Peperomia pellucida . ACGC Chem Res Commun . 1998;7:54-61.
  4. ^ Khan MR , Omoloso AD . Antibacterial activity of Hygrophila stricta and Peperomia pellucida . Fitoterapia . 2002;73:251-254.
  5. ^ Aziba PI , Adedeji A , Ekor M , Adeyemi O . Analgesic activity of Peperomia pellucida aerial parts in mice . Fitoterapia . 2001;72:57-58.