Bajaj

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tuk tuk)

Bajaj (dibaca badjay) atau bentor merupakan kendaraan bermotor yang beroda tiga yang banyak digunakan di Jakarta. Selain di Jakarta, bajaj juga ditemukan di Banjarmasin, Pekanbaru dan beberapa ibukota kabupaten di Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bajaj berasal dari India yang diekspor ke Indonesia terutama ke Jakarta sejak tahun 1970-an. Nama bajaj sendiri sebenarnya merupakan merek salah satu perusahaan otomotif di India, Bajaj Auto.

Bajaj beroda tiga, satu di depan dan dua di belakang, dengan bentuk kemudi mirip seperti kemudi sepeda motor daripada kemudi mobil. Untuk di Jakarta, warna bajaj ada dua, yaitu biru dan orange.

Bajaj dengan mesin berbahan bakar gas CNG
Bajaj dengan mesin berbahan bakar minyak bensin

Sedangkan di Banjarmasin, bajaj berwarna hijau dan memiliki tempat berhenti tersendiri yang telah diatur oleh Pemerintah Kota Banjarmasin dibandingkan dengan di Jakarta.

Kapasitas penumpang bajaj adalah dua orang atau ditambah satu anak kecil, yang semuanya akan duduk dibelakang sopir bajaj. Suara mesin bajaj sangatlah memekakkan telinga. Namun karena fisiknya yang relatif kecil, bajaj dapat diandalkan untuk menerobos kemacetan di dalam kota.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Dalam budaya populer tentang Bajaj, ada juga dijadikan serial televisi yaitu: