Tujh Sang Preet Lagai Sajna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tujh Sang Preet Lagai Sajna
Ditulis oleh
  • Dheeraj Sarna
  • Deepti Rawal
  • Vinod Sharma
Skenario
  • Vipul Mehta
  • Anil Nagpal
  • Mahesh Pandey
  • Manish Paliwal
  • Garima Goyal
Cerita
  • Sonali Jaffar
  • Mahesh Pandey
  • Manish Paliwal
SutradaraTalat Jani
Lalit Mohan
Qaeed Kuwajerwala
Sangieta Rao Rishi Tyagi
Ajay Veermal
Mahesh Pnadey
Fahad Kashmiri
Sachin Kannan
Irfan Shaikh
Anoop Chaudhary
V.G Roy
Pengarah kreatifSuraj Rao
Nivedita Basu Neeshi Oza
Vikas Gupta
Mahesh Pandey
PemeranPuja Banerjee
Varun Kapoor
Sandeep Baswana
Kunal Verma
Leena Jumani
Aditi Bhatia
Dimpy Ganguli
Abigail Jain
Lagu pembuka"Tujh Sang Preet Lagai Sajna" Karya Pamela Jain
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. episode295
Produksi
Produser
Sinematografi
  • Deepak Malwankar
  • Suhas Rao
  • Sanjay Memane
Penyunting
  • Vikas Sharma
  • Vishal Sharma
  • Manas Majumdar
Durasi25 menit
Rilis asli
JaringanStar Plus
Format gambar576i
Rilis3 November 2008 (2008-11-03) –
5 Februari 2010 (2010-2-5)

Tujh Sang Preet Lagai Sajna adalah opera sabun India yang ditayangkan di STAR Plus. Serial ini pertama kali muncul pada tanggal 3 November 2008, menggantikan opera sabun sebelumnya Kahaani Ghar Ghar Kii. Film ini dibuat oleh Ekta Kapoor dari Balaji Telefilms.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Balwant dan Vikramaditya dulunya berteman baik meskipun faktanya yang terakhir adalah pemilik tanah dan yang pertama adalah seorang petani.

Persahabatan mereka adalah contoh bagi semua orang dan mereka tidak dapat dipisahkan sampai suatu hari yang mengerikan. Putri Balwant, Simran, seharusnya menikah dengan putra Vikramaditya, Sumeria. Namun ternyata Sumeria sudah menikah (dan memiliki seorang putra dengan istrinya Bindya). Sumer belum memberi tahu siapa pun.

Pada hari pernikahannya dengan Simran, Sumer melarikan diri untuk mendapatkan Bindiya dan menceritakan semuanya kepada Vikramaditya. Simran mengikuti Sumer untuk memberitahunya bahwa dia menghormati keputusannya dan dia tidak ingin menikah dengannya jika dia sudah menikah. Simran patah hati karena dia mencintai Sumer sejak masa kecilnya tapi dia menelan rasa sakitnya untuk membuatnya bahagia.

Balwant dan Vikramaditya mencapai stasiun kereta, tempat Simran dan Sumer berdiri. Sebuah mobil menabrak Simran. Karena marah, putra Balwant, Kuldeep, menembak Sumer. Kuldeep masuk penjara dan keluarga menjadi musuh bebuyutan. Kaliganj (desa tempat mereka tinggal) terbagi menjadi dua bagian (Pratapgarh - Kishanganj) dan dipisahkan oleh perbatasan yang tidak dapat dilintasi oleh siapa pun. Salah satunya milik Kishanganj (desa Vikramaditya) atau Pratapgarh (desa Balwant).

Putra Sumer, Yug (saat itu berusia satu tahun) dikirim ke London untuk belajar dan menjauh dari permusuhan di desa. Anak perempuan Kuldeep, Vrinda (lahir pada hari baku tembak) dianggap tidak beruntung dalam keluarga oleh semua orang kecuali Balwant, karena ayahnya (Kuldeep) masuk penjara dan bibinya (Simran) meninggal pada hari dia dilahirkan.

20 tahun kemudian[sunting | sunting sumber]

Hal ini menyebabkan Yug dan Vrinda — dua orang yang keluarganya adalah musuh bebuyutan — jatuh cinta. Setelah beberapa pertemuan yang tidak menyenangkan, mereka jatuh cinta. Yug dan Vrinda tidak bisa hidup tanpa satu sama lain, dan mereka berencana untuk menikah. Saat itulah mereka mengetahui tentang keluarga mereka yang saling membenci. Mereka memutuskan untuk menghilangkan permusuhan dengan mengingatkan Balwant dan Vikramaditya bagaimana mereka dulu berteman baik. Ketika itu tidak berhasil, Yug datang untuk tinggal di rumah Vrinda dengan berpura-pura menjadi sahabat sepupu Vrinda, Teji. Tak seorang pun di keluarga, kecuali Vrinda dan Teji, yang tahu siapa Yug sebenarnya. Dia memenangkan hati semua orang dan keluarga memutuskan untuk menikahkan Yug dan Vrinda. Saat itulah Balwant mengetahui siapa Yug sebenarnya. Yug dan Vrinda kabur. Tapi mereka tidak menikah satu sama lain dan kembali dalam sehari. Mereka memberi tahu keluarga mereka bahwa mereka bisa menikah jika mereka mau, dan tidak ada yang bisa melakukan apa pun. Mereka tidak melakukannya karena mereka benar-benar saling mencintai dan ingin pernikahan mereka terjadi dengan restu semua orang. Balwant dan Vikramaditya tidak tersentuh dan mereka menyeret pulang Yug dan Vrinda. Sebelum pergi, Yug berkata kepada Balwant, "Vrinda meri amanat hai, jisse mein aapke paas chodke ja raha hoon. Par mein usse lene jaldi aonga." (Aku akan meninggalkan Vrinda bersamamu sebentar dan aku akan kembali untuk menjemputnya karena dia hanya milikku.) Sebelum pergi, Yug berkata kepada Balwant, "Vrinda meri amanat hai, jisse mein aapke paas chodke ja raha hoon. Par mein usse lene jaldi aonga." (Aku akan meninggalkan Vrinda bersamamu sebentar dan aku akan kembali untuk menjemputnya karena dia hanya milikku.) Sebelum pergi, Yug berkata kepada Balwant, "Vrinda meri amanat hai, jisse mein aapke paas chodke ja raha hoon. Par mein usse lene jaldi aonga." (Aku akan meninggalkan Vrinda bersamamu sebentar dan aku akan kembali untuk menjemputnya karena dia hanya milikku.)

Hal ini membuat Balwant dan Vikramaditya geram. Mereka bertemu dan membuat rencana untuk menikahkan Vrinda dengan orang lain di desa lain. Tetapi mereka memberi tahu Vrinda bahwa dia akan menikahi Yug. Sementara itu, Vikramaditya mengirim Yug dalam perjalanan bisnis ke London. Vrinda menikahi Rajbeer, yang tidak mengetahui rencana ini. Yug mengetahui apa yang terjadi dan tidak tahu harus berbuat apa.

Pada malam pertama pernikahan, Vrinda memberi tahu Rajbeer segalanya tentang dia dan cinta Yug serta pengkhianatan keluarga mereka. Dia mengatakan kepadanya bahwa dia pikir dia menikahi Yug dan dia tidak bisa hidup dengan orang lain. Rajbeer (patah hati) memberi tahu Vrinda bahwa neneknya sakit parah dan hanya akan hidup sekitar enam bulan lagi. Jika Vrinda meninggalkan Rajbeer, neneknya akan langsung meninggal. Vrinda setuju untuk tinggal di rumah tersebut sebagai istri Rajbeer sampai neneknya meninggal. Rajbeer berjanji setelah enam bulan, dia akan menyerahkannya pada Yug.

Selama 6 bulan ini Vrinda dan Rajbeer jatuh cinta. Namun mereka tidak mengakui satu sama lain karena Rajbeer menganggap Vrinda masih mencintai Yug. Dia mengira Rajbeer menganggapnya hanya sebagai teman. Pada hari kematian neneknya, Rajbeer memberikan Vrinda kepada Yug. Tapi Yug memberi tahu mereka berdua bahwa mereka saling memiliki, karena dia biasa melihat mata Vrinda dipenuhi dengan cinta untuknya, tetapi cinta itu sekarang untuk Rajbeer dan dia tidak ingin menghalangi kebahagiaan mereka. Vrinda berterima kasih pada Yug dan pergi bersama Rajbeer. Melihat bahwa mereka mencabik-cabik anak-anak mereka, Balwant dan Vikramaditya mengakhiri permusuhan mereka dan menjadi sahabat kembali. Yug masih sangat mencintai Vrinda tetapi menikahi Bharti atas keinginan kakeknya. Yug memberi tahu Bharti bahwa mereka hanya akan tetap berteman karena dia akan selalu mencintai Vrinda.

Awalnya terlihat bahwa Bharti adalah gadis yang sangat manis dan cantik yang sangat mencintai Yug meskipun dia tahu tentang dia dan Vrinda. Belakangan terungkap bahwa Bharti sangat cemburu pada Vrinda. Bharti berencana untuk menghancurkan hidup Vrinda.

Vrinda hamil dan Bharti meyakinkan Rajbeer bahwa anak itu milik Yug, dengan menunjukkan kepadanya beberapa gambar yang menunjukkan pelukan Vrinda dan Yug. (Foto diambil saat Yug menghibur Vrinda). Bayi itu meninggal pada usia satu bulan dalam upaya penculikan. Vrinda hancur dan Rajbeer sangat marah. Menurutnya Yug adalah penyebab dari segalanya. Menurutnya Yug dan Vrinda berselingkuh. Rajbeer menyatakan permusuhan dengan Yug dan mengatakan bahwa jika Vrinda tetap berhubungan dengan Yug, dia akan menganggapnya sudah mati. Vrinda, yang sangat mencintai Rajbeer, setuju untuk tidak menjalin hubungan apapun dengan Yug.

Dua bulan kemudian, Vrinda hamil untuk kedua kalinya. Saat Vrinda kembali dari klinik, dia hampir tertabrak truk dan diselamatkan oleh Yug. Rajbeer datang pada saat itu dan dia melihat Vrinda di pelukan Yug. Dia mengira Vrinda masih bertemu Yug dan anak ini juga milik Yug dan bukan dia. Dia menendang Vrinda keluar rumah.

Yug mencoba menjelaskan banyak hal kepada Rajbeer tetapi itu tidak berhasil, jadi dia pergi ke Vrinda (yang ada di stasiun kereta) untuk meminta maaf. Tetapi Vrinda berteriak pada Yug dengan mengatakan bahwa setiap kali Yug datang ke dalam hidupnya, ada yang tidak beres dan jika dia ingin melihat Vrinda bahagia, dia tidak boleh menunjukkan wajahnya lagi padanya.

Yug pulang, patah hati, dan dia mendengar Bharti berbicara di telepon. Dia tahu bagaimana dialah yang menunjukkan foto Rajbeer dan menghancurkan hidup Vrinda dan Yug menjadi marah. Dia menghadapkan Bharti dan berteriak padanya mengatakan ada begitu banyak perbedaan antara dia dan Vrinda, karena Vrinda memikirkan orang lain dan Bharti hanya memikirkan dirinya sendiri. Bharti berteriak pada Yug mengatakan bahwa dia melakukan segalanya karena dia mencintainya. Dia ingin Yug memperhatikannya, tetapi yang dia pikirkan hanyalah Vrinda. Mereka menceraikan satu sama lain dan Bharti pergi dari kehidupan semua orang. Pertunjukan ini mengambil lompatan delapan tahun.

8 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Rajbeer sekarang menjadi pebisnis besar seperti Yug dulu. Yug hampir di jalan karena dia menolak melakukan bisnis apa pun. Yug menganggap dirinya bertanggung jawab atas kehancuran hidup Vrinda dan ingin mati secepat mungkin. Rajbeer ingin menghancurkan Yug secara finansial dan tampaknya berhasil sampai Virnda kembali ke kehidupan mereka bersama putrinya yang berusia 8 tahun, bernama Tulsi. Vrinda memberi tahu Yug bahwa dia tidak ada hubungannya dengan menghancurkan hidupnya, sebenarnya dialah satu-satunya yang mendukungnya. Terbebas dari rasa bersalahnya, Yug kembali berbisnis dan kembali ke puncak.

Rajbeer menemukan Vrinda dan membuat kesepakatan dengannya. Jika dia mendukungnya dengan kasus pengadilan (Vrinda adalah saksi mata dan pernyataannya bisa membuat keponakan Rajbeer masuk penjara) dia akan membiarkan dia tinggal bersamanya sebagai istrinya. Vrinda setuju. Awalnya Rajbeer membenci Vrinda dan mencoba melakukan segala yang dia bisa untuk membuat hidupnya sengsara tetapi dia mulai melunak perlahan. Tulsi, dengan bantuan "paman Yug" -nya mendekatkan orang tuanya. Tapi Rajbeer mengetahui hal ini dan dia berteriak pada Tulsi dengan mengatakan bahwa Yug adalah ayahnya, bukan dia. Tulsi terluka tetapi Yug menjelaskan kepadanya bahwa ayahnya hanya marah dan mereka harus menenangkannya. Tapi Tulsi mulai menangis dan bertanya mengapa Rajbeer tidak menerimanya sebagai putrinya dan mengapa dia memberitahunya bahwa Yug adalah ayahnya. Vrinda mendengar seluruh percakapan ini, dan dia patah hati karena Rajbeer menyakiti putrinya.

Awalnya Vrinda senang tinggal di koloni, tapi kemudian beberapa wanita penggosip di koloni mulai mengejek Vrinda. Mereka mengatakan bahwa dia memiliki seorang putri tetapi tidak memiliki suami dan bahwa Tulsi mungkin adalah anak haram, dan itulah mengapa ayahnya tidak datang menemuinya. Vrinda terluka oleh komentar ini dan Tulsi terlihat terganggu olehnya. Vrinda memutuskan bahwa dia akan menikah lagi agar tidak ada yang mengejek Tulsi lagi. Vrinda meminta Yug untuk menikahinya. Yug, masih mencintai Vrinda, bilang ya. Rajbeer mengetahui tentang pernikahan itu dan meskipun dia sangat cemburu, dia bertindak seolah-olah dia tidak peduli.

Setelah serangkaian drama dan kesalahpahaman, pada hari pernikahan Yug dan Vrinda, Rajbeer akhirnya mengetahui kebenaran tentang apa yang dilakukan Bharti, dan bagaimana Vrinda tidak pernah tidak setia padanya. Dia pergi ke kuil tempat Yug dan Vrinda menikah dan memohon pengampunan Vrinda dan memintanya untuk kembali padanya. Vrinda telah memaafkan Rajbeer dan ingin kembali padanya, tapi dia tidak mengatakan apapun karena dia tidak ingin mengkhianati Yug (yang menerimanya dan mendukungnya saat tidak ada orang lain yang mau). Rajbeer menganggap kesunyian Vrinda sebagai caranya menolaknya dan dia baru saja akan pergi saat Yug menghentikannya. Yug mengatakan bahwa meskipun Vrinda tidak akan mengatakan apa-apa kepadanya, dia sangat mencintainya sehingga dia bahkan dapat membaca kebisuannya dan dia selalu dapat mengatakan apa yang dia pikirkan dan apa yang dia inginkan. Dia meletakkan tangan Vrinda di tangan Rajbeer, melambangkan bahwa mereka akan selalu bersama. Rajbeer menyambut Vrinda kembali ke rumahnya (dengan hati yang jernih), dan meminta maaf kepada Yug. Yug dan Rajbeer menjadi sahabat lagi dan mereka bergabung dengan perusahaan mereka dan mulai berbisnis bersama. Yug menjadi taipan bisnis besar seperti dulu lagi dan hidup tampak sempurna. Tabir suci dewi di kuil mengalir di atas Yug dan gadis itu saat mereka saling menatap. (Ini persis bagaimana Yug dan Vrinda bertemu untuk pertama kalinya.) Kemudian mereka melepaskan diri dari kuncian mata mereka dan berdiri tegak. Gadis itu memperkenalkan dirinya sebagai Radha dan Yug, terpesona oleh kecantikannya (ini pertama kalinya Yug terpesona oleh siapa pun selain Vrinda) menawarkan untuk meninggalkan rumahnya. Radha menerima tawaran Yug dan masuk ke mobilnya. Saat memasuki mobil, Radha hampir terjatuh dan Yug menangkapnya.

Saat kredit bergulir, Rajbeer dan Vrinda ditampilkan bermain dengan dua anak lagi. Yug dan Radha ditampilkan menikah dan kemudian menggendong putra mereka yang baru lahir. Jadi semua orang hidup bahagia selamanya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Puja Banerjee sebagai Vrinda: menikah dengan Rajbeer; dulu suka Yug
  • Sandeep Baswana sebagai Rajbeer: menikah dengan Vrinda
  • Kunal Verma sebagai Yugandhar: menikah dengan Bharti; dulu suka Vrinda; sekarang menikah dan mencintai Radha
  • Leena Jumani sebagai Radha: mencintai dan menikah dengan Yug; hanya ditampilkan di episode terakhir pertunjukan
  • Yasir Shah sebagai Siddharth: (Penampilan Spesial)
  • Khushboo Singh sebagai Bharti: pernah menikah dengan Yug; membenci Vrinda
  • Aditi Bhatia sebagai Tulsi: putri Vrinda dan Rajbeer
  • Ananya Agarwal sebagai Prerna: Putri Babli, yaitu keponakan Rajbeer
  • Chetan Pandit sebagai Vikramaditya: Kakek dari pihak ayah Yug
  • Gautam Gulati sebagai Teji: putra Radhika dan Kushal; Sepupu Vrinda
  • Sudhir Pandey sebagai Balwant: Vrinda, Pooja, dan Kakek dari pihak ayah Teji
  • Mayank Gandhi sebagai Ashish: Putra Gayatri; Menikah dengan Babli; Suka Peran; Sepupu Yug
  • Garima Bhatnagar sebagai Babli: menikah dengan Ashish; Adik Rajbir
  • Chahat Khanna sebagai Frieda: menikah dengan Teji
  • Mihika Verma sebagai Bhumika: mencintai Ashish; ingin menikah dengannya segera setelah rencananya selesai
  • Abigail Jain sebagai Geetika: teman Vrinda
  • Papiya Sengupta sebagai Parminder: menikah dengan Kuldeep; menantu Balwant dan; ibu Vrinda
  • Kanika Shivpuri sebagai Preeto: menikah dengan Balwant; Vrinda, Pooja, dan nenek dari pihak ayah Teji
  • Deepak Qazir sebagai Girdhari Kaka: Teman Balwant dan Vikramaditya
  • Bindiya: ibu Yug; janda
  • Kushal: ayah Pooja dan Teji; suami Radhika; putra Balwant dan Preeto; chachu Vrinda
  • Gayatri: ibu Ashish dan Neil, bhua Yug, putri Vikram Aditya; ibu mertua Babli
  • Varun Kapoor sebagai Neil: putra Gayatri; saudara laki-laki Ashish; sepupu Yug
  • Karamveer: (saudara laki-laki Rajbir, menikah dengan Sushma)
  • Sushma: istri Karamveer; adik ipar Rajbir
  • Amma: ibu Sushma; ibu mertua Karamveer
  • Dimpy Ganguli sebagai Dipika
  • Rucha Hasabnis sebagai Rashmi
  • Hina Khan sebagai Akshara
  • Ragini Khanna sebagai Suhana
  • Pooja Gor sebagai Pratigya

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

No.JudulDurasi
1."Tujh Sang Preet Lagai Sajna"2.20
2."Ab Toh Sahi Na Jaaye Yeh Dooriyaan"3.05
3."Happy Family Bg Tune"2.07
4."Rishtey Dilon Ke Rukhtey Nahin Hai" 
5."Pyaar Ko Koi Bole Hain Pooja" 
6."Pyaar Hi Rab Da Naam Hai Duja" 
7."Jaage Soe Aankhein Thakein Tera Hi Sapna" 

Referensi[sunting | sunting sumber]