Tsvetan Radoslavov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tsvetan Radoslavov, 1912

Tsvetan Radoslavov Hadzhidenkov (bahasa Bulgaria: Цветан Радославов Хаджиденков) (18631931) adalah guru berkebangsaan Bulgaria dan pencipta lagu Mila Rodino yang sekarang dipakai sebagai lagu kebangsaan Bulgaria.

Lahir tahun 1863 di Svishtov, Radoslavov kuliah filsafat di Leipzig. Lagu berjudul Gorda Stara Planinadiciptakannya ketika sedang berangkat menuju medan Perang Serbo-Bulgaria tahun 1885. Pada tahun 1905, komponis Dobri Hristov memoles lagu tersebut sebelum dijadikan lagu kebangsaan Bulgaria sejak tahun 1963 judul Mila Rodino.

Selain sebagai pencipta lagu kebangsaan Bulgaria, Radoslavov juga dikenal sebagai seorang ilmuwan. Bersama Dr Krastyo Krastev dan Dimitar Aleksiev, ia dikenal sebagai salah satu dari 3 orang Bulgaria yang mendapat gelar doktor di bawah bimbingan bapak psikologi modern, Wilhelm Wundt. Tawaran untuk mengajar di Wina, Leipzig, dan Praha ditolaknya. Ia malah memilih kembali ke Bulgaria untuk selanjutnya mengajar di sekolah menengah atas untuk anak laki-laki di Sofia. Ia berniat membantu pembangunan Bulgaria yang modern dengan mengajarkan muridnya bahasa Eropa dan bahasa-bahasa kuno, psikologi, etika, dan logika.

Radoslavov tinggal di apartemen kecil di Jalan Angel Kanchev No. 3. Sekarang, ia diperingati dengan sebuah plakat karya seniman Georgi Chapkanov yang dipasang di apartemen bekas kediamannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Овчарова, Мария (17 Agustus 1997). "Мила Родино..." (dalam bahasa bahasa Bulgaria). Сатира. Diakses tanggal 10 Juni. 
  • "Биографични бележки — Цветан Радославов" (dalam bahasa bahasa Bulgaria). Словото. Diakses tanggal 10 Juni.