Try (rugbi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Shaun Perry mencetak try untuk untuk Inggris saat melawan All Blacks

Try atau trai adalah salah satu cara mencetak poin dalam olahraga uni rugbi dan liga rugbi. Cara mencetak try adalah dengan membawa bola menyentuh tanah (bola harus menyentuh pemain ketika menyentuh tanah) di area gawang lawan (tepat di garis gawang atau di belakangnya). Try dalam uni rugbi bernilai lima poin, sedangkan dalam liga rugbi bernilai empat poin.

Setelah berhasil mencetak try, tim mendapat kesempatan untuk menambah dua poin melalui tendangan konversi (conversion kick). Tendangan dinyatakan berhasil jika bola melewati atas mistar dan berada di antara tiang gawang.

Try hampir mirip dengan touchdown pada sepak bola Amerika, dengan perbedaan utama try mengharuskan bola menyentuh tanah dan pemain, sedangkan touchdown mengharuskan pemain membawa lari bola atau menangkap lemparan bola di bidang end zone lawan.

Penalti trai[sunting | sunting sumber]

Dalam uni rugbi atau liga rugbi, jika wasit yakin sebuah trai digagalkan oleh cara bertahan yang kasar, wasit boleh memberikan tim yang menyerang sebuah penalti trai. Penalti trai selalu dilakukan di bawah mistar tanpa peduli di mana pelanggaran dilakukan. Dalam uni rugbi, standar yang diterapkan oleh wasit adalah jika trai "kemungkinan" berhasil dicetak. Wasit tidak harus yakin trai benar-benar berhasil dicetak. Dalam liga rugbi, wasit "mungkin memberikan penalti trai jika, menurutnya, trai akan berhasil dicetak, tetapi tim yang bertahan bermain kasar".[1]

Dalam uni rugbi, penalti trai bernilai 7 poin dan tidak perlu ada tendangan konversi.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The International Laws Of The Game, The Rugby Football League (2002), p.13
  2. ^ Laws of the game Rugby Union, World Rugby (2018)