True Damage

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

True Damage adalah sebuah grup vokal virtual bergenre hip hop yang beranggotakan lima karakter permainan video League of Legends. Akali dan Ekko sebagai rapper, Qiyana dan Senna sebagai vokalis, dan Yasuo sebagai DJ. Dalam kehidupan nyata, kelima karakter tersebut diperankan dan diisi suaranya oleh Soyeon (G)-ILDE sebagai Akali, Becky G dan Keke Palmer masing-masing sebagai Qiyana dan Senna, DUCKWRTH dan Thutmose bebarengan mengisi suara Ekko.[1][2][3][4] True Damage merupakan grup musik ketiga setelah Pentakill dan K/DA yang dikembangkan oleh Riot Games, perusahaan pengembang permainan League of Legends.

True Damage pertama kali menampilkan lagunya yang berjudul GIANTS menggunakan teknologi hologram dan augmented reality pada 10 November 2019 yang bertepatan dengan pembukaan laga final gelaran kompetisi League of Legends World Championship 2019. Pada saat bersamaan lagu tersebut dirilis di platform Spotify, Deezer, Apple Music, dan YouTube. Dalam 24 jam setelah perilisan di situs YouTube, musik video GIANTS yang dibuat oleh Riot Games dan The Line Animation mendapat sekitar 6 juta penonton.[5] Lagu GIANTS juga berhasil menempati posisi puncak lima belas Penjualan Lagu Digital Rap dan posisi puncak sembilan belas Penjualan Lagu Digital R&B/Hip-hop Billboard charts selama masing-masing satu minggu pada November 2019.[6]

Anggota[sunting | sunting sumber]

True Damage beranggotakan lima karakter League of Legends.

Akali[sunting | sunting sumber]

Diceritakan dalam lore League of Legends, Akali yang sukses dalam menjadi anggota K/DA membentuk True Damage. Akali diisi suaranya oleh Soyeon (G)-ILDE. Akali bertindak sebagai rapper dan membawakan rap-nya dalam bahasa Korea.

Ekko[sunting | sunting sumber]

Ekko berasal dari Zaun, kota kecil dalam dunia League of Legends. Ekko bertindak sebagai rapper dan diisi suaranya oleh DUCKWRTH dan Thutmose yang juga menjadi pengisi soundtrack Spider-Man: Into the Spider-verse.

Qiyana[sunting | sunting sumber]

Qiyana adalah vokalis True Damage yang suaranya diisi oleh musisi Amerika Latin, Becky G. Dalam musik video GIANTS, Qiyana mengenakan pakaian yang didesain khusus oleh Louis Vitton.

Senna[sunting | sunting sumber]

Senna bertindak sebagai vokalis bersama dengan Qiyana. Suaranya diisi oleh Keke Palmer.

Yasuo[sunting | sunting sumber]

Yasuo adalah seorang samurai yang berasal dari Ionia, daerah dengan kekuatan sihir di dunia League of Legends. Dia bertindak sebagai DJ dalam True Damage.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lee, Julia (2019-11-11). "True Damage, League of Legends' hip-hop group, explained". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-31. 
  2. ^ Chan, Tim; Chan, Tim (2019-11-16). "The True Story of True Damage: The Virtual Hip-Hop Group That's Taking Over the Internet IRL". Rolling Stone (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-31. 
  3. ^ Senin; November 2019, 11 November 2019 14:04 WIB 11; Wib, 14:04 (2019-11-11). "League of Legends Rilis Single Pertama True Damage Berjudul GIANTS". indozone.id. Diakses tanggal 2021-07-31. 
  4. ^ Meka, M. "Setelah K/DA, League of Legends Kenalkan Grup Hip Hop True Damage". IDN Times. Diakses tanggal 2021-07-31. 
  5. ^ "Becky G, Soyeon, Keke Palmer, Thutmose & Duckwrth Drop 'Giants' as True Damage: Listen". Billboard (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-31. 
  6. ^ "Keke Palmer". Billboard. Diakses tanggal 2021-07-31.