True Beauty (seri televisi Korea Selatan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

True Beauty
Poster promosi
GenreRomansa
Komedi
Penggalan kehidupan
Beranjak dewasa
BerdasarkanTrue Beauty
oleh Yaongyi[1]
PengembangStudio Dragon
tvN
Ditulis olehLee Si-eun
SutradaraKim Sang-hyeop
Pemeran
  • Moon Ga-young
  • Cha Eun-woo
  • Hwang In-youp
  • Park Yoo-na
Lagu pembuka"Milky Way"
karya Park Se-joon dan Na Sang-jin
Lagu penutupBanyak
Penata musikPark Se-joon dkk.[2]
Negara asalKorea Selatan
Bahasa asliKorea
Jmlh. episode16 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifKim Young-gyu
Jang Jung-do
Song Jin-seon
ProduserKwon Mi-kyung
Moon Seok-hwan
Oh Kwang-hee
Durasi73 menit
Rumah produksi
  • Bon Factory Worldwide
  • Studio N
DistributortvN
Rilis asli
JaringantvN
NET. (Indonesia)
Format audioDolby Digital
Rilis9 Desember 2020 (2020-12-09) –
4 Februari 2021 (2021-2-4)

True Beauty adalah seri televisi Korea Selatan yang dibintangi Moon Ga-young, Cha Eun-woo, Hwang In-youp, dan Park Yoo-na. Didasarkan dari Webtoon berjudul sama karya Yaongyi. Menceritakan tentang gadis SMA yang diejek karena paras yang jelek, lalu dia belajar merias wajah agar menjadi cantik.[3][4][5][6] Ini tayang di tvN dari 9 Desember 2020 hingga 4 Februari 2021 tiap Rabu dan Kamis (WSK).[7]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Im Ju-gyeong (Moon Ga-young) adalah seorang siswi SMA yang menjadi terkenal sebagai gadis cantik setelah menguasai seni rias dari YouTube. Dia berubah menjadi dewi karena keterampilan rias wajahnya, tetapi ia lebih memilih mati daripada menunjukkan wajahnya tanpa riasan kepada siapa pun. Sedangkan Lee Su-ho (Cha Eun-woo) adalah anak laki-laki yang menarik dan tampan yang tampak dingin karena masa lalunya yang kelam, tetapi sebenarnya sangat perhatian. Mereka bertemu satu sama lain untuk berbagi rahasia dan menemukan cinta satu sama lain, tetapi dapatkah Su-ho membuat Ju-gyeong menemukan kecantikan sejatinya?

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Seorang siswi dari Kelas 2-5 di SMA Saebom yang menguasai seni tata rias dan mengubah dirinya menjadi seorang "dewi". Sejak kecil, Ju-gyeong telah terus menerus didiskriminasi oleh keluarganya dan ditindas oleh teman-temannya karena dianggap buruk rupa. Hal ini menyebabkan dirinya mengalami rendah diri mengenai penampilannya dan, lebih buruk lagi, mempertimbangkan untuk melakukan bunuh diri. Akhirnya, dia mulai belajar bagaimana cara menggunakan makeup dengan menonton berbagai video tutorial di Internet. Saat dia menguasai seni tersebut sebelum pindah ke SMA Saebom, dandanannya terbukti luar biasa dan ia dengan cepat menjadi terkenal dan teman-temannya memanggilnya "dewi". Dia mencoba sekuat tenaga untuk menyembunyikan penampilan aslinya dari semua orang kecuali teman sekelasnya Su-ho, yang sebelumnya dia temui dengan wajah aslinya beberapa kali, yang nantinya mengenalinya di luar riasannya. Berbeda dengan kebanyakan perempuan, Ju-gyeong sangat tertarik membaca buku komik horor dan mendengarkan musik heavy metal.
Salah seorang siswa dari Kelas 2-5 di SMA Saebom yang sangat populer karena penampilannya yang tampan namun menyimpan rahasia kelam dari masa lalunya. Su-ho terlihat seperti memiliki semuanya, dari penampilan, nilai yang bagus, uang dan keterampilan bola basket dan jiu-jitsu Brasilnya yang sempurna. Namun, keluarganya yang berantakan dan insiden tragis setahun yang lalu mengubahnya menjadi seorang anak laki-laki dingin yang benci menjadi pusat perhatian. Dia awalnya bertemu dengan Ju-gyeong di lantai paling atas sebuah gedung pencakar langit, ketika ia sedang merenung untuk melakukan bunuh diri, dan mencegahnya untuk melompat dari gedung tersebut. Dia berbagi hobi yang sama dengan Ju-gyeong yaitu membaca buku komik horor, dan terkadang dia bertemu dengannya di dalam toko buku komik yang mereka berdua sering kunjungi. Dia bertemu dengan Ju-gyeong yang telah berubah di SMA Saebom dan kemudian mengenali wajahnya dibalik riasan tersebut.
Salah satu siswa dari Kelas 2-5 di SMA Saebom yang juga merupakan mantan sahabat Su-ho. Seo-jun adalah seorang murid tampan dan sama-sama populer di SMA Saebom yang, walaupun terlihat seperti "anak nakal" yang terlihat tangguh, sebenarnya baik dan penuh kasih sayang, terutama pada ibu dan adik perempuannya. Sebuah insiden tragis setahun yang lalu berujung pada dirinya yang memutuskan persahabatannya dengan Su-ho, yang sekarang menjadi musuhnya.
Salah satu siswi dari Kelas 2-5 di SMA Saebom. Su-jin adalah seorang remaja perempuan dengan kecantikan alami dan otak yang cerdas yang berasal dari keluarga kaya. Dia menjadi teman baik dengan murid pindahan Ju-gyeong di SMA Saebom. Dia juga memiliki perasaan pada Su-ho, tanpa sepengetahuannya dan seluruh sekolah. Dia dipaksa oleh orang tuanya untuk berprestasi di sekolah, sampai ia disiksa oleh ayahnya hanya karena mendapat peringkat kedua di ranking sekolah.

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Keluarga Ju-gyeong[sunting | sunting sumber]

Ia adalah ibu pemimpin keluarga Im. Hyun-suk adalah seorang wanita pendisiplin yang keras kepada ketiga anaknya dan suaminya yang bersalah. Dia tampaknya lebih menyukai anak tertua dan bungsunya, Hee-gyeong dan Ju-young, daripada Ju-gyeong. Dia juga memiliki toko kecantikan bernama Pandora yang populer di kalangan wanita tua.
Suami dari Hyun-suk, sekaligus ayah dari ketiga anaknya. Jae-pil adalah seorang pria yang tampan tetapi menganggur dibanding dengan istrinya. Dia kehilangan sejumlah besar uang karena investasi bodong yang menyebabkan keluarganya harus pindah kembali ke rumah lama mereka, yang juga menyebabkan banyak kemarahan Hyun-suk. Namun, hal itu tidak membuatnya berhenti untuk diam-diam mengambil sejumlah uang milik istrinya hanya untuk mengikuti kegiatan kursus membuat lilin aromaterapi.
Dia adalah anak tertua sekaligus kakak dari Ju-gyeong dan Ju-young. Ia adalah seorang karyawan di Move Entertainment. Hee-gyeong selalu dipuji oleh keluarga karena kecantikannya dan sering dibandingkan dengan Ju-gyeong. Dia menjadi tertarik dengan Han Joon-woo dan, berbeda dengan kebanyakan wanita lainnya, ia adalah seorang yang terang-terangan dalam hal hubungannya, ia pun juga berani mengungkapkan perasaannya tersebut kepada Joon-woo.
Anak bungsu dalam keluarga Im dan adik laki-laki Hee-gyeong dan Ju-gyeong. Ia adalah seorang anak yang nakal, Ju-young sering memaksa Ju-gyeong untuk melakukan segala keinginannya dengan cara mengancam akan mengungkapkan wajah asli Ju-gyeong di sekolah.

Keluarga Su-ho[sunting | sunting sumber]

Seorang CEO dari Move Entertainment, sekaligus ayah dari Su-ho. Joo-heon adalah seorang aktor terkenal yang dengan cepat menemukan wanita baru setelah istrinya meninggal. Hal ini menyebabkan kebencian Su-ho terhadap ayahnya sendiri. Perlakuannya yang tidak adil terhadap artis dalam perusahaannya, khususnya Se-yeon, juga membuatnya menjadi objek kemarahan Seo-jun dan Su-ho.
Ia adalah kakak perempuan Su-ho yang merupakan seorang penata rias terkenal, yang juga diidolakan oleh Ju-gyeong.

Keluarga Seo-jun[sunting | sunting sumber]

  • Yeo Joo-ha sebagai Han Go-woon
Seorang siswi di SMA Saebom. Ia merupakan adik perempuan Seo-jun. Go-woon memiliki bakat menyanyi yang hebat, tetapi ia ditindas oleh sesama anggotanya di klub musik karena terpilih untuk mengambil peran sebagai penyanyi utama dalam pertunjukan paduan suara meskipun dianggap tidak cantik.
  • Park Hyun-jung sebagai Lee Mi-hyang
Ibu dari Seo-jun dan Go-woon, serta teman Hyun-suk.

Keluarga Kang Su-jin[sunting | sunting sumber]

Ayah Su-jin yang kasar; seorang profesor dan dokter kepala sekolah kedokteran.
  • Yoo Dam-yeon sebagai Kim Ji-yeon
Ibu dari Su-jin.

SMA Saebom[sunting | sunting sumber]

  • Oh Eui-shik sebagai Han Joon-woo
Wali sekaligus pembimbing Kelas 2-5 dan guru sastra di SMA Saebom. Joon-woo menjadi tertarik dengan Hee-gyeong karena kecantikan dan keterusterangannya.
Salah satu siswi di Kelas 2-5 di SMA Saebom. Ia merupakan sahabat sekaligus teman sekelas Ju-gyeong dan Su-jin.
  • Lee Il-jun sebagai Yoo Tae-hoon
Salah satu siswa di Kelas 2-5 di SMA Saebom yang merupakan pacar Soo-ah.
  • Lee Sang-jin sebagai Ahn Hyun-gyu[16]
Salah satu murid di Kelas 2-5 di SMA Saebom.
  • Han Yi-young sebagai Ha Ji-young
Salah satu murid di Kelas 2-5 di SMA Saebom.
  • Lee Woo-je sebagai Kim Cho-rong
Salah satu siswa di SMA Saebom yang merupakan teman Seo-jun. Cho-rong berpura-pura menjadi salah satu anak berandal walaupun aslinya ia seorang yang pengecut.
  • Kim Hyun-ji sebagai Kim Si-hyun
Salah satu murid di SMA Saebom.
  • Kim Byung-chun sebagai wakil kepala sekolah SMA Saebom.

SMA Yongpa[sunting | sunting sumber]

  • Shin Jae-hwi sebagai Lee Sung-yong[17]
Seorang siswa dari SMA Yongpa. Ia adalah seorang perundung yang pernah berhubungan dengan Seo-jun dan pacar dari Sae-mi.
Seorang siswi dari SMA Yongpa. Sae-mi adalah seorang yang cantik namun angkuh yang menarik banyak perhatian laki-laki dan menganggap remeh siapapun yang tidak secantik dirinya. Sebelum Ju-gyeong pindah ke SMA Saebom, ia merundung Ju-gyeong dan memperparah rasa rendah diri dan keinginan Ju-gyeong untuk melakukan bunuh diri.
  • Oh Yoo-jin sebagai Joo Hye-min
Seorang siswi di SMA Yongpa. Hye-min adalah satu-satunya orang yang bisa Ju-gyeong ajak bicara sewaktu ia masih di SMA Yongpa.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Im Hyun-sung sebagai pemilik dari Prince Comics, toko buku komik yang sering dikunjungi oleh Ju-gyeong dan Su-ho.

Penampilan khusus[sunting | sunting sumber]

Seorang ahli gizi kantin SMA Yongpa yang disukai oleh Ju-gyeong. (Ep. 1)
Sahabat Su-ho dan Seo-jun yang telah meninggal dunia. Se-yeon adalah anggota dari sebuah grup vokal pria yang dikelola oleh Move Entertainment. Seorang korban dari penghinaan daring kasar dan skandal palsu, membuatnya melakukan aksi bunuh diri dengan cara melompat dari sebuah gedung bertingkat tinggi. Kematiannya yang tragis menyebabkan retaknya hubungan persahabatan antara Seo-jun dan Su-ho, kebencian Seo-jun terhadap ayah Su-ho dan hidup Su-ho yang penuh dengan perasaan bersalah. (Ep. 1, 4-5, 11-12)
  • Ok Joo-ri sebagai seorang wanita tetangga (Ep. 1)
  • Cha Young-ok sebagai seorang wanita tetangga. (Ep. 1-2)
  • Lee Jae-eun sebagai pembantu Su-ho. (Ep. 3)
  • Song Hoon sebagai seorang guru sejarah. (Ep. 3)
  • Uhm Tae-yoon sebagai seorang pelanggan. (Ep. 3)
  • Kim Jeong-hak sebagai rekan Joo-heon. (Ep. 3)
  • Seo Sang-won sebagai seorang dokter. (Ep. 3)
  • Jang Young-hyun sebagai seorang pria mabuk di toko serba ada. (Ep. 3)
  • Moon Hak-jin sebagai seorang pria mabuk di toko serba ada. (Ep. 3)
  • Ham Tae-gyun sebagai sebagai seorang pria mabuk di toko serba ada. (Ep. 3)
  • Kim Hye-yoon[19] sebagai Eun Dan-oh
Teman sekelas dan tunangan Baek Kyung; pacar Ha-ru. [a] (Ep. 4)
Teman sekelas dan tunangan Dan-oh.[a] (Ep. 4)
Seorang pelempar baseball terkenal dari SMA Seonil yang tertarik pada Ju-gyeong. (Ep. 7)
  • Woo Hyun sebagai pengelola lokasi perkemahan. (Ep. 8)
  • Kim Jae-wook sebagai MC Jaerong, pembawa acara rekreasi SMA Saebom. (Ep. 8)
  • Lee Han-wi sebagai supir bus kota. (Ep. 13)
  • Im Da-young sebagai Chae-ni (Ep. 15)
  • Kim Young-dae sebagai Oh Nam-joo (Ep. 15)[22]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 2019, diumumkan bahwa webtoon "True Beauty" akan diadaptasi menjadi drama.[23] Pada Agustus 2020, produksi drama mengkonfirmasi Moon Ga-young, Cha Eun-woo, dan Hwang In-yeop sebagai peran utama.[24] Pembacaan naskah pertama dilaksanakan pada Oktober 2020.[25][26]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

True Beauty OST
Album lagu tema
Dirilis2020-2021
GenreLagu tema
Bahasa
Label

Bagian 1[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 10 Desember 2020 (2020-12-10)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Call Me Maybe"
  • KYRIELLE (FAB)
  • IKEK (FAB)
  • PiRi BOi (FAB)
  • Han Hye-ji
  • Lee Hoo-sang
  • KYRIELLE (FAB)
  • IKEK (FAB)
  • PiRi BOi (FAB)
  • Han Hye-ji
  • Lee Hoo-sang
SAya3:23
2."Call Me Maybe" (Inst.) 
  • KYRIELLE (FAB)
  • IKEK (FAB)
  • PiRi BOi (FAB)
  • Han Hye-ji
  • Lee Hoo-sang
 3:23
Durasi total:6:46

Bagian 2[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 17 Desember 2020 (2020-12-17)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."I'm in the Mood for Dancing[b]"
  • Ben Findon
  • Mike Myers
  • Robert Puzey
  • Ben Findon
  • Mike Myers
  • Robert Puzey
Yuju (GFriend)3:30
2."I'm in the Mood for Dancing" (Inst.) 
  • Ben Findon
  • Mike Myers
  • Robert Puzey
 3:30
Durasi total:7:00

Bagian 3[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 7 Januari 2021 (2021-01-07)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Happy Ending"Dong Woo-seokDong Woo-seokCar, the Garden3:03
2."Happy Ending" (Inst.) Dong Woo-seok 3:03
Durasi total:3:03

Bagian 4[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 13 Januari 2021 (2021-01-13)[27]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."I'm Missing You"DOKODOKOSunjae3:03
2."I'm Missing You" (Inst.) DOKO 3:03
Durasi total:6:06

Bagian 5[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 14 Januari 2021 (2021-01-14)[28]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Starlight" (그리움)Jung Goo-hyunJung Goo-hyunChani (SF9)4:24
2."Starlight" (Inst.) Jung Goo-hyun 4:24
Durasi total:8:48

Bagian 6[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 21 Januari 2021 (2021-01-21)[29]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Fall in You"DOKODOKOHa Sung-woon (Hotshot)3:49
2."Fall in You" (Inst.) DOKO 3:49
Durasi total:7:38

Bagian 7[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 28 Januari 2021 (2021-01-28)[30]
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Before Today Is Over" (오늘이 지나기 전에)Kid Wine
  • TOIL
  • Kid Wine
Hyojin (ONF)2:36
2."Before Today Is Over" (Inst.) 
  • TOIL
  • Kid Wine
 2:36
Durasi total:5:12

Bagian 8[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 3 Februari 2021 (2021-02-03)
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Love So Fine"
  • Kim Tae-young
  • December 32nd
  • Llwyd
  • Kim Tae-young
  • December 32nd
Cha Eun-woo (Astro)3:11
2."Love So Fine" (Inst.) 
  • Kim Tae-young
  • December 32nd
 3:11
Durasi total:6:22

Peringkat[sunting | sunting sumber]

Pada tabel berikut, angka berwarna biru menunjukkan peringkat terendah dan angka berwarna merah menunjukkan peringkat tertinggi.

Ep. Tanggal rilis perdana Peringkat rata-rata
AGB Nielsen[31]
Nasional Seoul
1 9 Desember 2020 3,573% (ke-2) 4,056% (ke-2)
2 10 Desember 2020 3,626% (ke-1) 3,963% (ke-1)
3 16 Desember 2020 3,813% (ke-2) 4,711% (ke-2)
4 17 Desember 2020 3,586% (ke-1) 3,824% (ke-1)
5 23 Desember 2020 3,859% (ke-2) 4,293% (ke-2)
6 24 Desember 2020 3,333% (ke-1) 3,724% (ke-1)
7 6 Januari 2021 3,892% (ke-2) 4,198% (ke-2)
8 7 Januari 2021 2,909% (ke-1) 3,003% (ke-1)
9 13 Januari 2021 4,265% (ke-2) 4,938% (ke-2)
10 14 Januari 2021 3,411% (ke-1) 3,870% (ke-1)
11 20 Januari 2021 3,850% (ke-2) 4,303% (ke-2)
12 21 Januari 2021 3,418% (ke-1) 4,069% (ke-1)
13 27 Januari 2021 4,000% (ke-2) 4,547% (ke-2)
14 28 Januari 2021 4,125% (ke-1) 4,802% (ke-1)
15 3 Februari 2021 4,579% (ke-2) 5,371% (ke-2)
16 4 Februari 2021 4,458% (ke-1) 5,087% (ke-1)
Rata-rata 3,794% 4,297%
  • Drama ini ditayangkan di siaran televisi kabel (kanal berbayar) di mana biasanya memiliki pemirsa yang relatif sedikit dibandingkan dengan siaran televisi publik (KBS, SBS, MBC dan EBS).

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Tokoh tersebut muncul dalam sebuah adegan crossover pendek yang menunjukkan karya sang sutradara Kim Sang-hyeop sebelumnya Extraordinary You (2019) dimana tokoh tersebut awalnya muncul.
  2. ^ Lagu asli oleh The Nolans, dirilis pada tahun 1979.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Osaki, Tomohiro (5 Mei 2019). "South Korea's booming 'webtoons' put Japan's print manga on notice". The Japan Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  2. ^ "여신강림 OST". Bugs! (dalam bahasa Korea). 5 Februari 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Februari 2021. Diakses tanggal 5 Februari 2021. 
  3. ^ Lee, Gyu-lee (3 Desember 2020). "'True Beauty' stars feel pressure to satisfy fans with TV adaptation of web comic". The Korea Times (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Desember 2020. Diakses tanggal 27 Desember 2020. 
  4. ^ Kwak, Yeon-soo (16 Desember 2020). "K-dramas based on webtoons hailed by TV viewers". The Korea Times (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Desember 2020. Diakses tanggal 27 Desember 2020. 
  5. ^ Lee, Jung-hyun (12 Agustus 2020). "문가영-차은우, tvN '여신강림' 주연". Yonhap (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  6. ^ "기획 의도: 여신강림이란?". tvN (dalam bahasa Korea). Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Desember 2020. Diakses tanggal 27 Desember 2020. 
  7. ^ "True Beauty". Korea JoongAng Daily (dalam bahasa Inggris). 2 Desember 2020. Diakses tanggal 7 Desember 2020. 
  8. ^ Kim, Jinseok (23 Juni 2020). [단독]문가영, tvN 드라마 '여신강림' 주인공 [[Exclusive] Moon Ga-young, the main character of the tvN drama 'Goddess Advent']. Naver (dalam bahasa Korea). Sports Daily. Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  9. ^ Kim, Jinseok (23 April 2020). [단독]차은우, 드라마 '여신강림' 주인공 [[Exclusive] Cha Eun-woo, the main character of the drama 'Goddess Advent']. Naver (dalam bahasa Korea). Sports Daily. Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  10. ^ Moon, Ji-yeon (14 Juli 2020). [단독] '웹드계★' 황인엽, tvN '여신강림' 주인공 전격 발탁 [[Exclusive] Hwang In-yeop is selected as the main character in tvN 'Goddess Advent']. Naver (dalam bahasa Korea). Sports Chosun. Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  11. ^ Moon, Ji-yeon (14 Agustus 2020). [공식] 박유나, tvN '여신강림' 합류..문가영X차은우와 호흡 [[Official] Park Yoo-na joins tvN 'Goddess Advent'... Breathing with Moon Ga-young x Cha Eun-woo]. Chosun Ilbo. Diakses tanggal 18 Oktober 2020. 
  12. ^ Kim, Joon-seok (1 September 2020). 박호산, tvN 새 드라마 '여신강림' 출연 확정…문가영과 '부녀 케미' 기대 [Park Ho-san confirmed to appear on tvN's new drama'The Goddess Advent'… Expectations of Ga-young Moon and 'Woman Chemie']. Chosun Ilbo (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  13. ^ "Im Se-mi to Star in "True Beauty" as Im Hee-kyeong". HanCinema. 13 Agustus 2020. Diakses tanggal 14 Oktober 2020. 
  14. ^ "Jung Joon-ho to Make Special Appearance in "True Beauty"". HanCinema. 2 September 2020. Diakses tanggal 14 Oktober 2020. 
  15. ^ Moon, Ji-yeon (16 September 2020). [공식] 강민아 tvN '여신강림' 합류..문가영과 절친 호흡 [[Official] Kang Min-ah joins tvN 'Goddess Advent'.. Moon Ga-young and best friend breath]. Chosun Ilbo (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  16. ^ Ho, Sung jung (2 September 2020). 이상진, '여신강림' 캐스팅 첫 드라마 데뷔..차은우 친구+모태솔로 [공식] [Lee Sang-jin, 'Goddess Advent' casting first drama debut.. Cha Eun-woo friend + mother-in-law [Official]]. OSEN (dalam bahasa Korea). Chosun Ilbo. Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  17. ^ Lee, Ji-hyun (3 September 2020). [공식]신재휘, tvN '여신강림' 출연 확정…황인엽과 톰과 제리 케미 [[Official] Shin Jae-hui confirmed to appear on tvN'Goddess Advent'… Hwang In-yeop and Tom and Jerry Chemie]. Chosun Ilbo (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  18. ^ Ha, Soo-junh (9 September 2020). 전혜원, '여심강림' 출연 확정..문가영 괴롭히는 용파고 여신役 [공식] [Jeon Hye-won confirmed to appear in 'Goddess Advent'...]. OSEN (dalam bahasa Korea). Chosun Ilbo. Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  19. ^ a b c Kim, Ga-Young (30 November 2020). "[단독] 김혜윤·이재욱·이태리, '여신강림' 총출동…'어하루' 의리" [[Exclusive] Kim Hye-yoon, Lee Jae-wook, Italy,'Goddess Advent']. E-daily (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 30 November 2020. 
  20. ^ Lee, Song-hee. "[단독] SF9 찬희, tvN '여신강림' 특별 출연…연기돌 활약 이어간다" [[Exclusive] SF9 Chanhee, special appearance on tvN'Goddess Advent'… Continue acting as an actor]. X-Sports News (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 16 Oktober 2020. 
  21. ^ Lee Seung-gil (5 Januari 2021). "정건주, 김혜윤·이재욱·이태리 이어 '여신강림' 특별출연…'어하루' 의리". mydaily (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 5 Januari 2021. 
  22. ^ Park Soo-in (22 Januari 2021). "여신강림' 측 "김영대 특별출연, 2월 초 방송"(공식입장)" ["Goddess Advent" side "Kim Young-dae special appearance, broadcast in early February" (official position)]. Newsen (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 22 Januari 2021. 
  23. ^ ""True Beauty" Gets Virtual Casting Following Drama Confirmation". HanCinema. July 2, 2019. Diakses tanggal October 14, 2020. 
  24. ^ Park, Phanseok (August 12, 2020). '여신강림' 문가영X차은우X황인엽, 웹툰 찢은 비주얼..2020년 하반기 방송[공식] ['Goddess Advent' Moon Ga-young x Cha Eun-woo x Hwang In-yeop, webtoon ripped visuals.. 2nd half of 2020 broadcast [Official]]. Daum (dalam bahasa Korea). OSEN. Diakses tanggal October 20, 2020. 
  25. ^ "Cha Eun-woo Releases Charm at Script Reading". HanCinema. October 13, 2020. Diakses tanggal October 14, 2020. 
  26. ^ Sun, Mi-kyung (October 12, 2020). '여신강림' 문가영x차은우x황인엽, 첫 대본리딩..유쾌+청량 케미 예고 ['Goddess Advent' Moon Ga-young x Cha Eun-woo x Hwang In-yeop, the first script reading.. pleasant + refreshing chemistry preview]. Daum (dalam bahasa Korea). OSEN. Diakses tanggal October 20, 2020. 
  27. ^ "여신강림 OST Part 4" [True Beauty OST Part 4]. Melon. Diakses tanggal 13 Januari 2021. 
  28. ^ "여신강림 OST Part 5" [True Beauty OST Part 5]. Melon. Diakses tanggal 14 Januari 2021. 
  29. ^ "여신강림 OST Part 6" [True Beauty OST Part 6]. Melon. Diakses tanggal 21 Januari 2021. 
  30. ^ "여신강림 OST Part 7" [True Beauty OST Part 7]. Melon. Diakses tanggal 28 Januari 2021. 
  31. ^ "Nielsen Korea". AGB Nielsen Media Research (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 5 Desember 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]