Triwarna (bendera)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Tiga warna atau Triwarna adalah jenis desain bendera atau spanduk dengan desain trijalur yang berasal dari abad ke-16 sebagai simbol republikanisme, kebebasan atau memang revolusi. Bendera Prancis, Italia, Rumania, Meksiko, dan Irlandia semuanya pertama kali diadopsi dengan pembentukan republik merdeka pada periode Revolusi Prancis hingga Revolusi 1848, dengan pengecualian tiga warna Irlandia, yang berasal dari tahun 1848 tetapi tidak dipopulerkan sampai Kebangkitan Paskah pada tahun 1916 dan diadopsi pada tahun 1919.[1]

Asosiasi pertama dari tiga warna dengan republikanisme adalah desain oranye-putih-biru dari Bendera Pangeran (Prinsenvlag, pendahulu bendera Belanda), yang digunakan dari tahun 1579 oleh William I dari Orange-Nassau dalam Perang Delapan Puluh Tahun, menetapkan kemerdekaan Republik Belanda dari Kerajaan Spanyol. Bendera Belanda mengilhami bendera Prancis dan Rusia, yang kemudian mengilhami banyak bendera tiga warna lebih lanjut di negara lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "tricolor - definition of tricolor in English | Oxford Dictionaries". Oxford Dictionaries | English. Diakses tanggal 2016-10-31.