Trinovantes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Wilayah Trinovantes.

Trinovantes atau Trinobantes adalah salah satu suku Kelt di Britania pada masa Romawi. Wilayah mereka terletak di sisi utara muara Sungai Thames di wilayah Essex dan Suffolk modern. Mereka berbatasan dengan suku Iceni di utara dan suku Catuvellauni di barat. Ibukota mereka terletak di kota Camulodunum (Colchester modern).

Sebelum Julius Caesar melancarkan invasi ke Britania pada tahun 55 dan 54 SM, suku Trinovantes dianggap sebagai salah satu suku terkuat di Britania. Pada masa itu ibukota mereka kemungkinan besar terletak di kota Braughing (Hertfordshire modern). Menurut Commentarii de Bello Gallico karya Caesar, raja mereka bernama Imanuentius. Beberapa saat sebelum Caesar melancarkan ekspedisi keduanya, raja ini dijatuhkan oleh Cassivellaunus yang berasal dari suku Catuvellauni. Anak Imanuentius yang bernama Mandubracius melarikan diri dan meminta perlindungan dari Caesar di Galia. Selama ekspedisi keduanya, Caesar berhasil mengalahkan Cassivellaunus mengembalikan jabatan raja kepada Mandubracius, dan Cassivellaunus berjanji tidak akan mengganggunya lagi.

Trinovantes kembali muncul dalam sejarah ketika mereka turut serta dalam pemberontakan melawan Kekaisaran Romawi yang dipimpin oleh Boudica pada tahun 60 M, tetapi pemberontakan ini mengalami kegagalan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]