Tridewi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tridevi
Tiga Dewi Hindu
Aksara Dewanagari त्रिदेवी
Alih aksara Sanskerta tridevī
Afiliasi Dewi
Pasangan Trimurti

Tridewi (bahasa Inggris: three goddesses; Sansekerta: त्रिदेवी tridevī) adalah sebuah konsep dalam agama Hindu dimana bergabungnya tiga pasangan dari Trimurti, yang dipersonifikasikan oleh bentuk Dewi Hindu: Saraswati, Lakshmi dan Parwati/Durga. Mereka adalah manifestasi dari Adi Parashakti, Ibu Ilahi.

  • Saraswati, dewi pembelajaran dan seni, pemenuhan budaya (pasangan dari Brahma sang pencipta). Dia adalah kecerdasan kosmik, kesadaran kosmis, pengetahuan kosmis.
  • Lakshmi, dewi kekayaan dan kesuburan, pemenuhan materi (pasangan dari Wisnu sang pemelihara atau perawat). Namun, dia tidak berarti kekayaan materi belaka seperti emas, ternak, dll. Semua jenis kemakmuran, kemuliaan, keindahan, sukacita, peninggian, atau kebesaran berada di bawah Lakshmi.
  • Parvati/Mahakali (atau dalam dirinya dalam aspek setan-pertempuran Durga), dewi kekuasaan dan cinta, pemenuhan spiritual (pasangan dari Siwa perusak atau transformator). Dia juga menggambarkan kekuatan transformatif Ilahi, kekuatan yang melarutkan keragaman dalam kesatuan.

Dalam festival Navratri ("sembilan malam"), "Dewi disembah dalam tiga bentuk. Selama tiga malam pertama, Durga atau Parwati dihormati, maka Lakshmi di malam keempat, kelima dan keenam, dan akhirnya Saraswati sampai malam kesembilan."[1]

Siwa dan Shakti[sunting | sunting sumber]

Biasanya, Shakti dikaitkan dengan Siwa. Ibu Shakti atau Durga adalah aspek energi Tuhan. Tanpa Shakti, Siwa tidak memiliki ekspresi; dan, tanpa Siwa, Shakti tidak memiliki eksistensi. Shakti identik dengan Siwa. Dewa Siwa hanyalah Saksi Bisu. Dia bergerak, benar-benar tidak berubah. Dia menikmati permainan kosmik dan Shakti yang melakukan segala sesuatu.

Siwa adalah mahakuasa, impersonal, tidak aktif. Dia adalah kesadaran murni. Shakti adalah dinamis. Kekuatan, atau aspek aktif, dari Tuhan yang tetap ada adalah Shakti. Shakti adalah perwujudan dari kekuasaan. Dia adalah permaisuri abadi Dewa Siwa.

Tidak ada perbedaan antara Siwa dan Shakti. Shakti atau Durga adalah rekan yang selalu ada bersama dengan Siwa. Sama seperti Anda tidak bisa memisahkan panas dari api, demikian juga Anda tidak dapat memisahkan Sakti dari Siwa, Generator Shakti. Perhatikan bahwa Siwa bukanlah pencipta Shakti tapi ia hanya menghasilkan. Siwa adalah keilahian transendental dan Shakti adalah orang yang membuatnya itu. Siwa dan Sakti adalah satu. Siwa selalu dengan Sakti. Mereka tidak dapat dipisahkan. Penyembahan kepada Durga atau Parwati atau Kali adalah pemujaan Dewa Siva. Ibadah kepada Dewa Siwa adalah Ibadah kepada Dewi Shakti.

Pentingnya Tridewi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]