Trick 'r Treat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Trick 'r Treat
Berkas:Trick r treat.jpg
Poster rilis teatrikal
SutradaraMichael Dougherty
ProduserBryan Singer
PenulisMichael Dougherty
Pemeran
MusikDouglas Pipes
SinematografiGlen MacPherson
PenyuntingRobert Ivison
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 07 Desember 2007 (2007-12-07)
Durasi
82 menit
Negara
  • Amerika Serikat
  • Kanada
BahasaInggris
Anggaran$12 juta

Trick 'r Treat adalah sebuah film horor antologi komedi gelap film horor tahun 2007 yang ditulis dan disutradarai oleh Michael Dougherty dan diproduksi oleh Bryan Singer. Bintang film Dylan Baker, Rochelle Aytes, Anna Paquin dan Brian Cox. Plot film ini berhubungan dengan empat cerita horor Halloween dengan pusat cerita pada Sam, seorang anak trik-atau-treater misterius yang memakai piyama terusan lusuh berwarna oranye dengan karung goni di atas kepalanya. Karakter ini muncul dalam setiap cerita, setiap kali seorang karakter mematahkan tradisi Halloween.

Meskipun sempat tertunda selama dua tahun dan memiliki sejumlah kecil pemutaran publik, film ini menerima banyak pujian kritis dan sejak itu telah mengumpulkan pengikut kultus yang kuat..Pada bulan Oktober 2013, para pembuat film mengumumkan bahwa sekuel, Trick 'r Treat 2, sedang dalam tahap pengerjaan. Pada tahun 2016, Michael Dougherty dan Legendary Pictures bekerja sama dengan AtmosFX untuk membuat serangkaian dekorasi Halloween digital yang menampilkan Sam. Pada tahun 2017, Trick 'r Treat bertema "zona menakut-nakuti" telah ditambahkan ke acara Halloween Horror Nights, yang diadakan setiap tahun di Universal Orlando Resort.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini berlangsung selama Halloween di kota fiksi Warren Valley, Ohio. Ceritanya diceritakan dalam narasi nonlinear dengan karakter-karakter yang saling bersilangan di sepanjang film. Di pusat cerita ada Sam, seorang trik-atau-treater aneh yang mengenakan piyama dan karung goni, yang muncul untuk menegakkan "aturan" Halloween.

Pada adegan pembuka, Emma dan suaminya Henry kembali ke rumah setelah melewati malam yang melelahkan. Emma membongkar dekorasi Halloween musiman sebelum malam itu berakhir, dan dibunuh oleh seorang penyerang tak terlihat. Henry kemudian menemukan mayatnya yang dimutilasi terpajang.

Charlie, seorang anak penderita obesitas dan diabetes yang menghancurkan jack-o'-lantern, bertemu dengan kepala sekolahnya, Steven Wilkins. Wilkins memberi tahu Charlie bagaimana aturan dan tradisi Halloween harus dipatuhi. Charlie tiba-tiba memuntahkan permen beracun, yaitu cokelat dari Wilkins yang dibubuhi sianida. Wilkins mencoba mengubur Charlie dan anak-anak lainnya di halaman belakang rumahnya, tetapi berulang kali disela oleh putranya, Billy, dan tetangganya, Tuan Kreeg, seorang lansia yang memiliki banyak bekas luka. Wilkins kemudian membawa kepala Charlie ke dalam rumah sehingga ia dan Billy dapat mengukir jack o'lantern dari situ.

Di tempat lain, sekelompok trik-atau-treaters – Macy, Sara, Chip, dan Schrader – bertemu Rhonda, seorang fanatik Halloween yang antusias. Kelompok ini berjalan ke sebuah galian setempat di mana Macy mengingatkan tentang legenda urban dari "Pembantaian Bus Sekolah Halloween". Legenda ini digambarkan dalam kilas balik, Macy menjelaskan bahwa delapan anak yang mengalami gangguan mental meninggal di sebuah bus sekolah pada hari Halloween. Sang sopir telah dibayar oleh orang tua mereka untuk membuang mereka, dan ia adalah satu-satunya orang yang selamat dari kecelakaan itu.

Para trik-atau-treaters itu menawarkan delapan jack o'lanterns sebagai penghormatan bagi anak-anak yang meninggal. Mereka melakukan sebuah lelucon pada Rhonda dengan menyamar sebagai zombie, tetapi itu hanya membuatnya takut. Macy yang kesal menendang salah satu lentera ke dalam danau galian, menyebabkan anak-anak yang meninggal bangkit menjadi zombie. Kelompok itu melarikan diri, tetapi Rhonda mencapai lift lebih dulu dan meninggalkan mereka untuk mati. Dia sempat bertemu Sam ketika meninggalkan tempat itu.

Laurie, seorang wanita muda pemalu, tiba di kota dengan saudarinya Danielle dan teman-temannya, Maria dan Janet. Mereka memilih teman kencan, menyisakan Laurie, yang ingin momen "pertama"-nya menjadi sesuatu yang istimewa. Laurie akhirnya bertemu dengan seorang predator seksual bertudung dan berpakaian sebagai vampir yang menyerangya. Di sebuah acara api unggun, teman-teman Laurie menyaksikan seorang pria yang jatuh dari pohon dan membuka kedoknya, ternyata ia adalah Wilkins. Laurie muncul, dan gadis-gadis itu berubah menjadi manusia serigala, melahap Wilkins dan teman kencan mereka. Sam menyaksikan pesta itu.

Pada waktu yang sama saat Wilkins sedang memanen Charlie, Kreeg menakut-nakuti anak-anak untuk mencuri permen mereka, dibantu oleh anjingnya, Spite. Sam menerobos masuk ke rumahnya, mendekorasinya dengan pernak-pernik Halloween. Sam, membuka kedoknya sebagai seorang anak iblis berkepala labu, menyerang Kreeg. Namun, ketika Sam mencoba untuk membunuh Kreeg, dia malah memakan cokelat yang jatuh di pangkuan Kreeg. Puas bahwa Kreeg telah menawarinya permen, Sam pergi. Foto-foto di perapian mengungkapkan bahwa Kreeg adalah sang sopir bus.

Kemudian, Kreeg mulai membagikan permen kepada anak-anak. Ia mengamati Sam yang menonton Emma dan Henry, berniat melakukan balas dendam yang sama ketika Emma memadamkan sebuah jack o'lantern. Kreeg kembali ke dalam, hanya untuk menerima sebuah ketukan di pintu. Ia membukanya, ternyara para mayat hidup anak-anak sedang menunggunya. Di akir, foto-foto seperti buku komik dari film ini menunjukkan Kreeg yang sedang dipotong-potong.

Referensi[sunting | sunting sumber]