Trem di Sydney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Berikut adalah artikel bersejarah tentang jalur trem yang telah ditutup di Sydney. Untuk jalur kereta ringan saat ini, lihat Metro Light Rail.
Kerumunan di sekitar trem di Pitt Street, 1949

Sydney, kota terbesar di Australia, pernah memiliki sistem trem terbesar di Australia, terbesar kedua di Persemakmuran (setelah London), dan salah satu yang terbesar di dunia. Sistem ini berjalan secara luas, dengan sekitar 1.600 gerbong beroperasi dalam satu waktu pada masa-masa puncaknya selama tahun 1930-an (dibandingkan dengan 500 trem di Melbourne hari ini). Sepanjang pertengahan pertama abad ke-20, rata-rata satu perjalanan trem per hari dilakukan oleh setiap pria dan wanita, bayi dan anak di kota ini. Jumlah penumpang memuncak tahun 1945 pada tingkat 405 juta perjalanan penumpang. Sistem ini beroperasi sejak 1879 hingga berkurang pada 1950-an dan penutupannya pada 1961 (satu jalur gerbong kuda tunggal beroperasi sejak 1861 hingga 1866). Panjang jalan maksimum yang dilaluinya mencapai 181 mil (291 km) pada tahun 1923.

Tahun 1997, lebih dari 30 tahun setelah trem menghilang dari jalanan Sydney, Metro Light Rail, sebuah jalur tunggal milik swasta, dibuka. Telah muncul berbagai proposal untuk memperpanjang jalur ini ke CBD dan pinggiran terdalam dengan perpanjangan jalur yang belakangan ini disetujui menuju Dulwich Hill dan pelayanan satu arah baru melintasi George Street, Circular Quay, Barangaroo, dan Chinatown segera dibangun.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]