Treehouse of Horror

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Treehouse of Horror (aslinya dikenal sebagai "The Simpsons Halloween Special") adalah episode ke-3 Musim kedua dari serial animasi The Simpsons. Episode ini pertama kali ditayangkan pada tanggal 25 Oktober 1990 di stasiun televisi AS Fox. Episode ini diilhami oleh komik horror tahun 1950-an dan diawali dengan sebuah penyangkalan bahwa episode ini mungkin terlalu mengerikan untuk anak-anak. Inilah yang akan menjadi yang pertama untuk episode bertema khusus Halloween. Episode-episode ini tidak mengidahkan peraturan realisme pertunjukan dan tidak dianggap sebagai bagian dari kanon. Penyangkalan awal dan sebuah animasi yang menampilkan batu-batu nisan dengan teks prasasti yang menggelikan merupakan fitur yang secara sporadis dipakai di serial Treehouse of Horror dan akhirnya tidak digunakan lagi. Ini juga merupakan episode pertama di mana musik yang dikomposisi oleh Alf Clausen dipakai. Ia mengambil alih dari Dannya Elfman yang juga menulis musik tema untuk pertunjukan ini.

Kisah episode ini berputar pada tiga cerita mengerikan yang diceritakan oleh Lisa dan Bart di rumah pohon mereka. Cerita pertama adalah mengenai sebuah rumah hantu. Kisah kedua menceritakan bagaimana keluarga Simpson diculik oleh makhluk luar angkasa. Di sinilah tokoh alien Kang dan Kodos diperkenalkan. Di kisah ketiga cerita pendek Edgar Allan Poe, The Raven disajikan. James Earl Jones menjadi bintang tamu di ketiga cerita ini. Episode ini dianggap bagus oleh para kritisi dan dimasukkan ke beberapa daftar "yang terbaik". Para kritisi terutama memuji The Raven meski sejatinya Matt Groening, pencipta The Simpson, awalnya takut bahwa bagian ini akan dianggap terlalu sok atau berlagak.[1][2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada hari Halloween, Bart, Lisa dan Maggie duduk di rumah pohon. Mereka saling menceritakan cerita-cerita mengerikan, sementara itu Homer menguping, ikut mendengarkan.

Bad Dream House[sunting | sunting sumber]

Keluarga Simpson pindah ke sebuah rumah tua, dan heran mengapa harganya sangat murah. Pertanyaan mereka terjawab ketika tembok-tembok mulai berdarah dan benda-benda beterbangan. Ternyata rumah ini dibangun di atas sebuah makam orang-orang Indian. Marge ingin pergi meninggalkan rumah itu, tetapi Homer memintanya untuk memikirkannya lebih masak. Malam itu, rumah menyurupi Homer dan anak-anak. Sembari membawa senjata-senjata, mereka mengejar-ngejar sesama. Marge marah kepada rumah dan memintanya untuk menghormati mereka dan tinggal bersama mereka. Rumah hantu lalu meminta Marge untuk memikirkannya lebih matang. Lalu rumah itu lebih senang melenyapkan diri daripada hidup bersama keluarga Simpson.

Hungry are the Damned[sunting | sunting sumber]

Keluarga Simpson sedang makan-makan bersama, memasak barbeque di belakang rumah ketika mereka diculik makhluk luar angkasa. Kang dan Kodos, begitu nama pemimpin mereka, akan mengajak mereka kembali ke planet mereka, Rigel IV, di mana mereka pasti senang. Dalam perjalanan ke sana, mereka diberi makan banyak dan berat badan mereka ditimbang. Lisa merasa curiga dan menyelinap ke dapur mereka. Di sana ia menemukan buku How To Cook Humans ("Bagaimana Memasak Manusia"). Lisa membawa buku itu ke keluarganya yang terkejut. Seorang alien yang berada di sana meniup sampul buku tersebut karena berdebu dan ternyata judulnya ialah How To Cook For Humans ("Bagaimana Memasak Untuk Manusia"). Lisa masih tidak percaya dan meniup sampulnya yang judulnya berubah menjadi How To Cook Forty Humans ("Bagaimana Memasak Empatpuluh Manusia"). Si alien lalu meniup lagi dan ternyata judulnya ialah How To Cook For Forty Humans ("Bagaimana Memasak Untuk Empatpuluh Manusia"). Mereka marah karena Lisa tidak mempercayai mereka, lalu mereka membawa keluarga Simpson pulang ke Bumi.

The Raven[sunting | sunting sumber]

Lisa membacakan puisi The Raven oleh Edgar Allan Poe. Pada versi ini, Bart digambarkan sebagai seekor gagak (raven) dan Homer ialah tokoh utama sajak naratif ini. Marge muncul sebagai lukisan Lenore. James Earl Jones menjadi narator.

Setelah selesai, episode kembali ke rumah pohon mereka dan anak-anak yang tidak merasa takut lalu tidur. Sementara itu Homer ketakutan dan tidak bisa memejamkan mata.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan sebuah episode The Simpsons yang lainnya, Treehouse of Horror dibagi menjadi tiga bagian. Episode ini adalah yang pertama dari rangkaian Treehouse of Horror yang akan ditayangkan setiap tahunnya dalam rangka perayaan Halloween. Kejadian di dalamnya dianggap bukan kanon dan berada di luar kesinambungan pertunjukan. Daya tarik bagi para penulis ialah bahwa mereka bisa melanggar aturan dan memasukkan kekerasan yang biasanya tidak boleh dimasukkan ke episode biasa.

Episode ini diilhami oleh EC Comics buku komik horor, seperti Tales from the Crypt. Di bagian pertama, beberapa film rumah berhantu dibuat parodi, termasuk The Shining dan The Amityville Horror. Sedangkan sebuah rumah yang berhantu karena dibangun di atas sebuah makam diilhami oleh film Poltergeist (1982). Rumahnya juga dibuat mirip rumah Keluarga Addams. Di bagian kedua, buku resep masakan merupakan rujukan dari episode The Twilight Zone To Serve Man. Bagian ketiga merupakan adaptasi puisi Edgar Allan Poe, The Raven.

Pada tahun 2011, penulis staf Al Jean berkomentar tentang episode ini: "Gagasan untuk membuat parodi EC Comics adalah sebuah ide yang orisinil dan agak mengejutkan untuk sebuah kartun di televisi nasional. Maka Jim Brooks berkata, 'Kita harus punya sebuah penyangkalan di awal acara Halloween ini'. Maka Marge pun muncul dan memperingatkan para pemirsa bahwa mereka akan melihat sesuatu yang mengerikan. Lucunya ialah jika dipadankan standar sekarang, sebenarnya kadar kengeriannya minim sekali." Menurut M. Keith Booker, penulis Drawn to Television, peringatan ini membuat episode ini lebih menarik bagi anak-anak kecil. Bagian ini merupakan parodi dari pembuka film Frankenstein (1931).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Treehouse of Horror, diakses tanggal 2023-01-14 
  2. ^ Andrews, Jessica (2021-07-25). "The Simpsons' Treehouse of Horror is Bigger than Ever in Season 33". CBR (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]