Treadmill

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Uji coba treadmill di pusat medis desa olimpiade di Olimpiade Musim Panas 1980

Treadmill adalah sebuah alat yang umumnya dipakai untuk berjalan, berlari atau mendaki namun tetap bertahan pada tempat yang sama. Treadmill diperkenalkan sebelum pengembangan mesin bertenaga, untuk memanfaatkan tenaga hewan atau manusia untuk bekerja, biasanya sebuah jenis dari alat giling yang dioperasikan oleh orang atau hewan yang menggerakkan treadwheel untuk menggiling biji. Pada masa berikutnya, treadmill dipakai sebagai alat hukuman bagi orang-orang yang dihukum kerja paksa di penjara. Istilah treadmill dan treadwheel dipakai bergantian untuk mekanisme tenaga dan hukuman.

Saat ini, treadmill tak diapaki untuk memanfaatkan tenaga, namun mesin latihan fisik untuk berlari atau berjalan di satu tempat. Alih-alih pemakai mentenagai alat tersebut, mesin tersebut memakai mesin penggerak dengan sabuk konveyor lebar yang ditenagai oleh motor listrik atau roda terbang.

Menurut Sports & Fitness Industry Association, treadmill masih menjadi kategori alat latihan fisik berpenjualan terbesar menurut jumlahnya.[1] Akibatnya, industri treadmill memiliki ratusan pabrik di seluruh dunia.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jacobs, Cameron (2015-04-20). "Sports and Fitness Industry Surpasses $84 Billion in Wholesale Sales". [Sports and Fitness Industry Association]. Diakses tanggal 2016-07-09. 
  2. ^ Roig, Josep (2015-06-06). "List of Treadmill Manufacturers". [Cintasdecorrer.com]. Diakses tanggal 2016-07-09.