Transyordania dalam Alkitab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ammon dan tetangga-tetangganya, sekitar 830 SM

Transyordania (Ibrani: עבר הירדן, Ever HaYarden) adalah sebuah wilayah di Syam Selatan yang terbentang di timur lembah Sungai Yordan.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dalam Alkitab Ibrani, istilah yang dipakai untuk merujuk kepada kelak Transyordania berada dalam Ibrani: עבר הירדן (Ever HaYarden), "luar Yordan". Contohnya, istilah yang muncul dalam Yosua 1:14. Istilah tersebut dipakai oleh orang-orang di sisi barat Yordan, termasuk para penulis Alkitab, untuk menyebut sisi lain dari Sungai Yordan.

Dalam Septuaginta, Ibrani: בעבר הירדן מזרח השמש (מזרחית לנהר הירדן) translit. luar Yordan arah fajar[1] diterjemahkan menjai bahasa Yunani Kuno: πέραν τοῦ Ιορδάνου,, translit. translit. péran toú Jordánou,, har. 'luar Yordan'.

Istilah tersebut diterjemahkan menjadi Latin: trans Iordanen, lit.'luar Yordan' dalam Alkitab Vulgata.[2] Namun, beberapa penulis memakai istilah Ibrani: עבר הירדן translit. luar Yordan, sebagai kata dasar untuk Transyordania, yang juga dipakai dalam bahasa Ibrani modern.[3] Awalan trans- berasal dari bahasa Latin dan artinya "seberang" atau luar, sehingga "Transyordania" merujuk kepada daratan di sisi lain Sungai Yordan. Padanan istilah Latin untuk sisi barat tersebut adalah Cisyordania - artinya "di sisi ini dari [Sungai] Yordania".

Istilah "Timur", seperti halnya "arah fajar", juga dipakai dalam Arab: شرق الأردن, translit: Sharq al ʾUrdun, lit.'Timur Yordan'.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Joshua 1:16". Hebrew Bible. Trowitzsch. 1892. hlm. 155. בעבר הירדן מזרח השמש (Image of p. 155 at Google Books) 
  2. ^ "Joshua 1:15". The Septuagint Version of the Old Testament, with an English translation; and with various readings and critical notes. Gr. & Eng. S. Bagster & Sons. 1870. hlm. 281. Image of p. 281 at Google Books 
  3. ^ Merrill, Selah (1881). East of the Jordan: A Record of Travel and Observation in the Countries of Moab, Gilead and Bashan. C. Scribner's sons. hlm. 444. Image of p. 444 at Google Books 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]