Trans Studio Cibubur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Trans Studio Cibubur
LokasiJl. Alternatif Cibubur, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat
Koordinat6°22′32″S 106°54′06″E / 6.375656°S 106.901736°E / -6.375656; 106.901736Koordinat: 6°22′32″S 106°54′06″E / 6.375656°S 106.901736°E / -6.375656; 106.901736
PemilikTrans Studio
Dibuka12 Juli 2019
Luas area4,2 ekar (1,7 ha)

Trans Studio Cibubur adalah sebuah taman bermain dalam ruangan (indoor theme park) di Depok, Jawa Barat. Trans Studio dibangun di lahan seluas 4.1 hektar. Trans Studio Cibubur memiliki beberapa bagian, sebuah mal yang disebut Trans Studio Mall (biasanya disebut sebagai TSM), sebuah taman hiburan bernama Trans Studio, Trans Park (tiga gedung apartemen) dan sebuah hotel mewah yang disebut Trans Studio Hotel.[1][2]

Zona[sunting | sunting sumber]

Ada 5 zona di Trans Studio Cibubur yaitu:[3]

Trans Central Station[sunting | sunting sumber]

Ini adalah zona pertama yang didatangi wisatawan dari pintu masuk. Trans Central Station bernuansa stasiun kereta Eropa zaman dulu. Kawasan ini isinya fasilitas untuk wisatawan yaitu service center, aula, musala, ruang menyusui, klinik, konter foto, toilet termasuk untuk disabilitas.

Beachwalk[sunting | sunting sumber]

Zona kedua adalah Beachwalk yang bertema tepi pantai. Di sini berkumpul berbagai tempat makan buat wisatawan. Di kawasan ini juga ada wahana Tilting Village, desa miring dengan ilusi optik yang menakjubkan dan menipu otak. Tilting Village juga seru untuk foto-foto Instagram. Lalu ada juga King Kong Tower yang keren untuk dipotret.

Lagoon[sunting | sunting sumber]

Berikutnya ada kawasan Lagoon bernuansa lautan. Di sini rencananya akan ada wahana iFly Skydiving, wisatawan bisa mencoba skydiving dalam ruangan di sini. Lalu ada wahana Wave Racer, komidi putar di atas air dengan putaran kencang membelah ombak. Di zona ini juga ada wahana Formula Kart untuk balap-balapan dan pertunjukan Spectacular Multimedia Show yang menampilkan paduan hologram visual dengan atraksi dan akrobatik dari Rusia.

Sci-Fi City[sunting | sunting sumber]

Masuk ke zona fiksi ilmiah. Ada banyak wahana di sini. Yang pertama adalah Boomerang Roller Coaster, roller coaster bolak balik seperti bumerang. Wahana ini melaju dengan kecepatan 75 km/jam dengan lintasan cobra roll dan vertical loop. Wahana sejenis hanya dapat ditemukan di Six Flag's Amerika Serikat dan Six Flag's Mexico.

Lalu ada wahana ride Pacific Rim. Ini adalah wahana jenis baru yang pertama kali ada di dunia. Dengan tema petualangan robot Jaeger melawan monster Kaiju, ini adalah dark ride 4D digabung dengan wahana walkthrough yang akan mengejutkan wisatawan.

Ada juga 4D Theater yang menampilkan Wonder Woman dan Superman menyelamatkan dunia.

Sci-Fi City juga punya Science Center yang edukatif untuk anak-anak, menampilkan robot, serangga dan juga permainan air yang interaktif, sekaligus belajar soal siap siaga bencana.

Di dalam Science Center ada wahana Gravitron. Gravitasi akan dipermainkan di ruangan ini sehingga wisatawan bisa menempel di tembok seperti Spiderman.

Adventure Zone[sunting | sunting sumber]

Di ujung ada kawasan Adventure Zone. Di sini ada wahana Alien Taxi, ini adalah wahana roller coaster indoor bertema luar angkasa. Lalu ada Bat Glider, wisatawan akan bergantung dan meluncur dari ketinggian dalam jalur seperti angka 8 melintasi kawasan theme park.

Di sini juga ada Stunt Show: SWAT Raid. Ini adalah pertunjukan aksi dengan spesial efek yang menegangkan.

Dua wahana terakhir buat uji nyali nih buat para pemberani. Ada wahana laser game, tapi bertema horor, namanya Zombie Wars. Wisatawan akan masuk lorong gelap melawan Zombie. Wisatawan difokuskan untuk membunuh semua zombie yang ada untuk bertahan hidup. Wisatawan dibagi menjadi satu tim saat memulai permainan. Masing-masing orang akan dibekali senjata interaktif laser.

Yang terakhir adalah Jurrasic Island, petualangan dinosaurus. Ini adalah wahana flume ride, naik perahu melintasi diorama, lalu digabung dengan teknologi Immersive Tunnel yang pertama kali ada di dunia. Nanti perahu tersebut akan dijatuhkan dari ketinggian menuju air. Siap-siap basah nih di sini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]